****** Driverpack 2013 sudah Ready ****** Sudah Ready Resetter EPson L110, L210, L300, L350, L355... Kang Eko menerima Jasa Servis Laptop (hang, matot, VGA rusak, no display, dll), servis komputer, printer, LCD monitor. Puri Delta Asri 1 Blok L No.4, Campurejo, Boja, Kendal. 085327720280-085740018404

Saturday, July 31, 2010

Cara Service Laptop dan Komputer Blue Screen / Dump memory / Layar Biru

Bahasan kang EKo kali ini adalah tentang Laptop dan komputer dengan kerusakan Blue Screen / Dump memory / Layar Biru. Kasus ini sering banget terjadi dan ada beberapa dari kita yg sampai bingung menghadapinya.... OK langsung menuju ke TKP ...

Beberapa notebook / laptop / komputer terkadang muncul bluescreen. Sebenarnya banyak sekali kemungkinan yang muncul, pada dasarnya bluescreen muncul karena terjadi kesalahan data pada alamat tertentu baik itu data rusak (corrupt), data hilang (missing).

Penyebab Laptop dan Komputer Blue Screen / Dump memory / Layar Biru :

1. Memory / RAM
2. Socket Memory / RAM
3. Harddisk bermasalah
4. Socket Harddisk
5. Virus
6. Data corrupt terhapus tidak sengaja
7. Uninstall program sehingga library windows terhapus
8. dll

Bluescreen akibat memory / RAM rusak atau kotor

Bluescreen yang diakibatkan oleh memory dapat kita ketahui dengan mencoba check memory melalui menu BIOS notebook yang bersangkutan.

Apabila kita sudah memastikan kerusakan di area memory baik RAM itu sendiri maupun socket, maka langkah pertama yang dapat dilakukan. Kita lepas memory yang bersangkutan dan kita bersihkan atau sikat dengan penghapus pensil bagian kaki socket RAM sehingga kerak menjadi bersih, apabila masalah tetap muncul, kita dapat mengganti dengan RAM yang baru.

Apabila cara diatas masih belum efektif , ada kemungkinan socket / dudukan RAM kita bermasalah.

Bluescreen akibat Harddisk yang bermasalah

Harddisk yang bermasalah dapat juga menyebabkan bluescreen, antara lain dikarenakan oleh bad sector, data yang hilang karena virus, instalasi program yang tidak sempurna , ataupun dikarenakan un-install program yang menghapus library (.dll) file yang digunakan oleh system atau program yang akan kita jalankan.

Untuk masalah bad sector dapat kita atasi dengan chkdsk/f , dimana windows akan memberikan tanda agar bagian yang bad tidak digunakan. Btw, apabila yang terkena sector awal atau untuk operating system maka cara ini tidak effektif, cara terbaik adalah mengganti harddisk dengan yang baru.

Apabila error karena virus kita dapat menggunakan antivirus untuk cure (mengobati) file yang corrupt, dan tidak semua file corrupt dapat diobati oleh anti virus, alternatif lain adalah install ulang operating system.

Semoga membantu ....
Selengkapnya - Cara Service Laptop dan Komputer Blue Screen / Dump memory / Layar Biru

Laptop Layar Gelap atau Mati

Ada banyak orang tanya ke kang Eko, laptop saya setelah jatuh kok gelap, atau laptop tiba2x gelap atau seperti mati total. Apa yg sebenarnya terjadi ...? Mari belajar bersama .....


Penyebab Laptop Layar Gelap atau Mati :

1. VGA chipset
2. Kabel flexibel
3. Inverter /plyback di televisi
4. LCD

Sehingga kalau gelap atau mati ada beberapa kemungkinan , kita bisa melacak dari vga dahulu. Ciri khas nya adalah coba hubungkan vga out dengan monitor atau LCD external bila gelap ada kemungkinan vga chipset yg rusak.

Sedangkan bila menyala , ada kemungkinan lcd, inverter, atau kabel flexibel. Untuk pengetesan harus menggunakan yang identik atau dikanibalkan dengan yg sama typenya. Seperti inverter, lcd ataupun flexibel.

Apabila kita perhatikan ada gambar tipis atau seperti banyangan di LCD, maka yang kemungkinan rusak adalah lampu LCD (CCFL) , inverter atau flexibelnya.

Sehingga kondisi gelap atau mati belum tentu harus ganti LCD.

semoga bermanfaat
Selengkapnya - Laptop Layar Gelap atau Mati

Friday, July 30, 2010

Daftar Teman

Selengkapnya - Daftar Teman

Donasi Ekohasan Blog

Terima Kasih atas kunjungan Anda ke blog ini. Blog ini bisa besar karena ada pengunjungnya yg selalu setia melihat perkembangan blog ini.

Bagi Anda yang ingin memberikan donasi untuk blog ini, kang Eko mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, semoga amal ibadah anda diterima dan dibalas dengan kebaikan yang berlipat ganda.... Amiinnnnn



Klik BCA
BCA Cab. Banyumanik Semarang
No. Rek. 8030091575
a/n. Eko Supriyanto

Mandiri Internet
MANDIRI KCP. Semarang Undip
No. Rek. 900-00-0171664-7
a/n. Eko Supriyanto

Bank BRI
BRI Unit Boja
No. Rek. 3406-01-026360-53-8
a/n. Eko Supriyanto

Bank BTN Cermat
BTN Cab. Semarang
No. Rek. 00013-01-50-049486-5
a/n. Eko Supriyanto


Paypal : ekowiwid@yahoo.com
Selengkapnya - Donasi Ekohasan Blog

Info Pasang Iklan

Deskripsi.

Kursus Gratis Tehnisi Komputer Online berisi informasi tentang Tutorial Gratis Cara Service Komputer, Laptop, Printer, Resetter Printer, Monitor CRT, Monitor LCD, TV, elektronika dasar, Jaringan, UPS, dan lain-lain

Statistik.

Data statistik berikut diambil berdasarkan tools yang bisa menganalisa jumlah kunjungan ke Kursus Gratis Tehnisi Komputer Online :

  • Rata-rata kunjungan per hari : 3500-an ( lihat detail )
  • Rata-rata jumlah page views per hari : 11000-an ( lihat detail )
  • Google Page Rank :2
  • Alexa Rank : 215.253 ( lihat detail )
  • Follower via Google connect : 876 orang
  • Reader by Feedburner : 900 orang
  • Facebook Like : 1300 orang

Note : data statistik ini tentu akan berubah sesuai berjalannya waktu.

Paket Iklan.
Banners 125 X 125 / 200x125 samping kanan
  • Harga : Rp. 75.000 / bulan
  • Tersedia : 6 slots
  • Deskripsi : Banner akan di pasang pada sidebar kanan atas, di pasang secara do-follow, tampil pada setiap halaman dan tidak di random. Iklan di pasang minimal per satu bulan / 30 hari.

Banners 480 X 70 atas judul

  • Harga : Rp.125.000 / bulan
  • Tersedia : hanya 2 slots
  • Deskripsi : Banner akan di pasang di atas judul posting, di pasang secara do-follow, tampil pada setiap halaman dan tidak di random. Iklan di pasang minimal per satu bulan / 30 hari.
Banners 300 X 250 bawah judul posting ( paling banyak di klik )

  • Harga : Rp.250.000 / bulan
  • Tersedia : hanya 1 slots
  • Deskripsi : Banner akan di pasang di atas bawah judul posting, di pasang secara do-follow, tampil pada setiap halaman dan tidak di random. Iklan di pasang minimal per satu bulan / 30 hari.

Note : harga sewaktu-waktu bisa berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, kecuali kepada pihak yang iklannya sedang terpasang.

Peraturan.

  • Materi iklan tidak boleh mengandung unsur SARA, Judi, Pornografi, kebohongan, provokasi, serta semua yang berlawanan dengan hukum yang berlaku.
  • Materi iklan sepenuhnya adalah tanggung jawab pemasang iklan, Kursus Gratis Tehnisi Komputer Online tidak bertanggung jawab terhadap kritikan atau tuntutan atas materi iklan.
  • Iklan dalam bentuk banner di buat oleh pemasang iklan.
  • Iklan akan dipasang setelah pembayaran dilakukan dan kami cek.

Pembayaran.
  • Pembayaran bisa di lakukan melalui rekening bank BCA dan BTN atau PAYPAL.
  • Nomor rekening bisa dilihat di menu Donasi Blog  atau di bagian kanan bawah blog ini

Jika anda berminat memasang iklan, silahkan hubungi kami via SMS / TELP di   :
  • Flexi : 024 70 236 247 (Semarang)
  • IM3 : 0857 4001 8404
  • AS : 0853 2772 0280

Salam hormat,


Eko Supriyanto
EKOHASAN BOJA
Selengkapnya - Info Pasang Iklan

Thursday, July 29, 2010

Contact Person

Selamat Datang di Blog Kursus Gratis Tehnisi Komputer Online

Blog Kursus Gratis Tehnisi Komputer Online  berisi tentang Tutorial Gratis Cara Service Komputer, Laptop, Printer, Resetter Printer, Monitor CRT, Monitor LCD, TV, elektronika dasar, Jaringan, UPS, dan lain-lain

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat dan membantu Anda semua yang sedang belajar menjadi seorang tehnisi komputer.



Eko Supriyanto Amd. Rad.

Saya sebenarnya lulusan D3 Akademi Teknik Radiodiagnostik dan Radioteraphy DepKes Semarang, dan sampai sekarang ijazah saya belum saya pakai sama sekali, karena sudah nyasar ke tukang servis komputer. Tapi ini tetep saya syukuri, karena ini semua sudah di atur oleh Allah SWT. Alhamdulillah.......

Email : ekowiwid@gmail.com

Alamat Sekarang: Perumahan Puri Delta Asri L-4, Campurejo, Boja, Kendal, Indonesia

YM : ekowiwid

Situs Blog yang saya miliki :

Aktivitas:

Agen Obat Herbal dan Thibbun Nabawi
Habbatussauda, Madu, Minyak Zaytun, Sari Kurma, Air Zam-Zam, Obat Herbal Khusus Pria, Wanita, Anak, dll
"Melayani Grosir dan Eceran"
Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia.
kunjungi : www.tokomadina.co.cc

Teknisi Komputer di Kantor dan di Rumah
Selengkapnya - Contact Person

Monday, July 26, 2010

Cara Service Canon iP1980 Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus

Posting sore hari, Kali ini kang Eko akan mencoba membahas tentang Printer Canon iP1980 Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus. Kasus ini dulu pernah ditanyakan oleh salah satu pengunjung blog ini, akan tetapi pada saat itu kang Eko belum pernah ngalami secara langsung. OK langsung saja kita menuju ke TKP ......

Indikasi awal :
Hasil Print tidak bisa lurus atau rata kiri apalagi kalau untuk ngeprint garis akan sangat kelihatan tidak lurus. Berikut hasil printnya yg berhasil kang Eko abadikan :


Cara Service Canon iP1980 Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus :

1. Bongkar canon iP1980 anda. Mohon maaf untuk panduan bongkar belum ada. Urutannya buka tutup samping kanan kiri dengan mendorong ke belakang, baru kemudian tutup bagian tengahnya.

2. Amati encodernya. Encoder adalah pita sensor yg terbuat dari plastik dengan motif / kode baris di permukaannya. Letaknya dibelakang Head Carriage / rumah catridge. Berikut gambarnya :




3. Kalau kasus kang Eko : encoder kena cipratan tinta, sehingga menutupi baris kode yg ada di encoder tersebut. untuk membersihkan tinta ini memang agak sulit, tapi kang Eko mencoba cara berikut yaitu dengan merendam encoder itu dengan air panas mendidih dan kemudian tinta coba dibersihkan dengan kuku tangan. tapi jangan sampai baris kodenya hilang. Kalau sampai hilang berarti anda harus mencari encoder yg masih bagus...

4. Jadi penyakitnya adalah encoder yg kena cipratan tinta. Dan akibatnya hasil print jadi kacau dan tidak lurus.... bahkan ada tulisan yg kelihatan patah seperti teriris..

5. Selesai....

Oya ... kasus ini tidak hanya khusus untuk iP1980 tapi bisa juga terjadi di canon type lainnya... yg memiliki encoder sebagai penuntun Head Carriage untuk bergerak..
Selamat mencoba.......
Selengkapnya - Cara Service Canon iP1980 Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus

Tuesday, July 20, 2010

Cara Service As ASF Epson C90, T20, T11 yang Patah

Kalau kemarin-kemarin kang Eko menyarankan untuk ganti 1 set bila ASF patah di ASnya, mungkin ada beberapa teman / customer yg keberatan dengan masalah biaya penggantian 1 set. Berikut ini kang EKo akan mengulas tentang Cara Service As ASF Epson yang Patah. Lannjuuutttt....


Cara Service As ASF Epson C90, T20, T11 yang Patah :

1. Bongkar Printer Epson C90, T20, T11 anda dan ambil ASF yang patah di ASnya.

2. Siapkan alat-alatnya, antara lain :

- Tissue basah yg sudah dikeringkan. Karena tissue basah seratnya bagus.
- Klip kertas : untuk pengganti AS.
- Lem Alteco yang botolan, bisa anda beli di toko bangunan.
- Cutter : untuk menghaluskan AS buatan.

3. Luruskan klip kertas, kemudian panaskan di atas kompor.

4. Setelah panas klip kertasnya, masukkan secara hati2x ke bagian AS ASF yang patah sampai kedalaman maksimal tapi jangan sampai tembus ujung plastik.

5. Samakan ukuran panjang klip dengan AS aslinya, agar tidak terlalu kecil, tekuk klipnya sehingga AS buatan menjadi besar diameternya. Lihat gambar ...



6. Bungkus klip kertas yg sudah dimasukkan ke bagian AS tadi dengan tissue basah yg sudah kering, dan buat kira2x seukuran AS aslinya. Atau lebih besar diameternya gak papa yg penting bisa masuk lubang AS di atas pompa tinta.

7. Teteskan lem alteco di atas tissue pembungkus tadi. Tunggu beberapa saat hingga kering dan mengeras.



8. Setelah itu gunakan Cutter untuk menghaluskan tissue yg sudah kering bentuk seperti AS ASF aslinya.

9. Selesai ....

Selamat Mencoba ...
Selengkapnya - Cara Service As ASF Epson C90, T20, T11 yang Patah

Resetter iP2770 & Resetter MP258 Testing

PROGRAM RESETTER IP 2770 SUDAH LOLOS UJI DAN TANPA PASSWORD DAN GRATIS ... SILAHKAN KLIK DI :
IP2770 ERROR 5b00 :
http://ekohasan.blogspot.com/2010/10/cara-reset-canon-ip2770-error-5b00.html

IP2770 ERROR 5200 :
http://ekohasan.blogspot.com/2010/09/cara-reset-canon-ip2770-error-5200.html


PROGRAM RESETTER MP258 Error E07 SUDAH LOLOS UJI DAN TANPA PASSWORD DAN GRATIS ... SILAHKAN KLIK DI :
http://ekohasan.blogspot.com/2010/11/cara-resetter-mp-258-canon-terbaru-dan.html


Selengkapnya - Resetter iP2770 & Resetter MP258 Testing

Monday, July 19, 2010

Cara Mengganti / Modifikasi Flyback Monitor GTC Digital

OK kali ini kang Eko akan mengulas tentang Cara Mengganti Flyback Monitor GTC Digital 90dengan menggunakan Flyback lain yg tidak sejenis/setype. Atau kebanyakan orang mengatakan "membandrek flyback". Mau tahu caranya ...?

Berikut ini Cara Mengganti Flyback Monitor GTC Digital:

A. Siapkan Flyback Penggantinya, tentunya anda harus tahu susunan kakinya.

Kali ini kang Eko menggunakan flyback monitor AOC dengan susunan kaki sbb:



1. COLECTOR
2. DIODA DUMPER
3. NC : NO CONNECTION
4. NC : NO CONNECTION
5. B+
6. NC : NO CONNECTION
7. ABL
8. GROUND
9. AFC
10. G1

B. Catat susunan kaki flyback asli yg mau diganti / dibandrek



1. COLECTOR
2. DIODA DUMPER
3. B+
4. NC : NO CONNECTION
5. H PHASE
6. AFC (4vac atau 40vdc)
7. ABL
8. G1 (-160vdc)
9. GROUND
10. H PHASE

C. Modifikasi Flyback pengganti sehingga susunan kakinya sesuai dengan flyback aslinya.

Maksudnya demikian, :

1. COLECTOR : sudah cocok, sama2x kaki no. 1

2. DIODA DUMPER : sudah cocok, sama2x kaki no. 2

3. Harusnya B+, tapi ternyata kaki no.3 flyback pengganti (AOC) adalah NC. Sedangkan kaki B+ nya AOC no.5. Tugas anda adalah membuat kaki no.5 AOC masuk ke soket PCB Board Flyback no.3. Biasanya kang Eko memutus jalur dan menggunakan kabel untuk menyambungnya.

4. NC : NC tidak penting, jadi nggak disambung juga nggak apa-apa.

5. H PHASE : ini juga jalur yang tidak masalah jika anda lepas. Jadi untuk H Phase ini tidak kang Eko pasang.

6. AFC : ini sama dengan B+, kaki AFC flyback pengganti ada di no.9. Jadi buat agar kaki no.9 nyambung ke soket PCB Flyback No.6.

7. ABL : sudah cocok nggak perlu ubah kaki.

8. G1 : tidak cocok, jadi buat agar kaki no. 10 flyback AOC nyambung ke soket PCB no. 8 board GTC.

9. GROUND : tidak cocok, jadi buat agar kaki no. 8 flyback AOC nyambung ke soket PCB no. 9 board GTC.

10. H Phase : jalur ini diputus saja, karena tidak digunakan ga' papa.



D. Pasang kaki ground disebelah 10 kaki utama dan juga kabel fokus dan screen serta kop flyback.

E. Pasang juga kabel lilitan Syncronisasi power suply
Kalau nggak dipasang IRF630 kadang tidak bekerja.


F. Atur posisi dan letak kaki serta kabel serapi mungkin...


G. Siap di coba ...

Kebetulan media praktek kali ini adalah monitor GTC 14" Digital.
Cara ini tidak hanya untuk monitor GTC tapi juga bisa digunakan untuk semua monitor, tapi tidak semua monitor mudah di bandrek, ada beberapa monitor yang sulit di bandrek karena semua kakinya digunakan dan ada jalurnya.

OK selamat mencoba, dan bereksperimen ....
Selengkapnya - Cara Mengganti / Modifikasi Flyback Monitor GTC Digital

Saturday, July 17, 2010

Kerusakan - Kerusakan Pada Flyback

Posting kali ini adalah tentang kerusakan - kerusakan yang sering terjadi di flyback. Memang penjelasannya agak sedikit berbelit tapi kang Eko berharap ini dapat memberikan wawasan bagi kita semua.... Lanjuuuttttt....

Sebelumnya kang Eko ingin menjelaskan perbedaan flyback TV dan Monitor yaitu pada capasitor internalnya. FBT Monitor mempunyai internal capasitor untuk meningkatkan hasil kualitas gambarnya. Tanpa internal capasitor tampilannya akan terlihat bengkok atau cacat bentuk terutama pada bagian Kiri dan Kanan Gambar.

Berikut ini Kerusakan - Kerusakan Pada Flyback :

Ada 9 masalah yang biasa ditemukan pada FBT problem :

1. Konslet atau Shortnya kumparan Primer
2. Open atau Short pada capasitor internal di bagian sekunder FBT
3. FBT menjadi membengkak atau hampir pecah, atau bahkan sudah pecah
4. Bagian Luar FBT memercikkan atau memancakan bunga api (bocor) ke Ground
5. Bagian Dalam memercikan atau memancarkan (bocor) diantara Lilitan primer dan sekunder
6. Short di bag dalam Dioda High Voltage pada Lilitan sekunder
7. Kerusakan pada Pembagi Tegangan Focus / Screen yang mengakibatkan Tampilan menjadi Kabur ( Blur )
8. FBT mengalami kerusakan pada saat full operating voltage ( Kondisi Under load )
9. Short di diantara Lilitan primer dan sekunder

Gejala atau tanda apa sajakah yang terlihat Jika terjadi short pada Lilitan Primer ?

* Tidak ada Tampilan ( No High Voltage )
* Power Blink
* Tegangan B+ drop
* Transistor Horz output akan menjadi Panas sekali dan lama kelamaan menjadi short
* Disekiotar Jalur B+ beberapa Komponen akan mengalami kerusakan, seperti diode di sekunder UF5404 dan FET B+ IRF 630, short.
* Terkadang menyebabkan bagian Power menjadi Jebol.

Gejala atau tanda apa sajakah yang terlihat Jika terjadi internal Capasitor Open atau short di bagian dalam FBT ?

Jika Internall Capasitornya Short :

* Power Blink
* Tegangan B+ drop
* Transistor Horz output akan menjadi Panas sekali dan lama kelamaan menjadi short
* Disekitar Jalur B+ beberapa Komponen akan mengalami kerusakan, seperti diode di sekunder UF5404 dan FET B+ IRF 630, short.
* Terkadang menyebabkan bagian Power menjadi Jebol. Contoh Merk Raffles 15’
* Bagian Power mengalami shut down, seperti contoh Merk Compaq V55,Samtron 4bi,dll
* Terkadang Komponen pada Bagian ABL (Automatic Brightness Limiter) terbakar, Bagian ini biasanya terdapat disebelah FBT , contoh Merk LG 520 Si.

Jika Internal Capasitornya Open :

* High Voltage shutdown
* Monitor akan terdengar Tik-Tik-Tik, Kadang Jika capasitor kita ukur hasilnya Baik baik saja, Namun akan mengalami Breakdown ketika pada kondisi Full operating Voltage
* Transistor Horz output akan Jebol/Putus dalam beberapa jam atau hitungan hari setelah anda menggantinya.
* Kadang kadang menyebabkan tampilan “No display”
* Gambar yang terdistorsi
* Dapat menyebabkan Transistor Horz output short dan merusak bagian Power

Anda mempunyai 3 Pilihan Jika sebuah Internal Capasitor pada FBT mengalami open atau short :

* Menggantinya dengan FBT yang baru jika anda mendapatkannya di pasaran
* Berusaha mencari FBT refurbish Jika sangat sulit sekali mendapatkan part originalnya..
* Melakukan Modifikasi atau istilah para praktisi Teknik adalah Mencangkoknya
* Pilihan terakhir Kembalikan Monitor kepada konsumen Jika tidak dapat menemukan komparasi dari FBT tersebut.

sumber : http://zhillanku.multiply.com
Selengkapnya - Kerusakan - Kerusakan Pada Flyback

Tips Membeli LCD Projector

Berikut ini adalah tips dalam membeli LCD proyektor. Sengaja kang Eko posting ini untuk pengetahuan kita semua terutama bagi yg ingin memiliki LCD Proyektor. Terima kasih kepada Pak Zhillan atas artikelnya ....

Membeli sebuah LCD Projector merupakan investasi Cukup menguras keuangan kita..Maka anda perlu berpikir dengan teliti bagaimana mengunakannya dan menyesuaikan dengan features yg anda perlukan dengan harga yg terbaik.

Seperti contoh Brightness sebuah LCd Projector merupakan factor kunci dalam memilih/membeli, Namun bila anda tidak mempunyai rencana untuk menggunakannya secara sering dalam sebuah presentasi di ruangan yg besar maka anda tidak memerlukan sebuah LCD projector yg memiliki Perfomance tinggi untuk hal ini.

Berikut ini adalah Beberapa Faktor kunci dalam memilih sebuah LCD Projector :

LCD Projector Resolution

SVGA (800 x 600), XGA (1024 x 768), SXGA (1280 x 1024), or UXGA (1600 x 1200)?

Semakin tinggi sebuah resolusi dari Projector maka semakin tinggi pula harganya. JIka anda berencana menggunakan projector untuk sebuah presentasi dgn powerpoint , maka Resolusi SVGA cocok untuk hal ini . Sementara XGA merupakan pilihan yg bagus untuk menampilkan Numerical Data. Anda hanya membutuhkan resolusi yg lebih tinggi jika menginginkan tampilan yg lebih details.

LCD Projector Brightness

Semakin tinggi ANSI Lumens semakin terang LCd Projector output cahayanya. Projector dgn Lumens dibawah 1000 lumens akan teerasa kurang pencahayaannya. Sebuah Projector dengan 1000-2000 lumens akan dapat mencukupi pencahayaannya untuk sebuah presentasi bisnis atau situasi dalam sebuah kelas. Sementara Projector dengan Lumens 2000-3000 menghasilkan cahaya yg cukup untuk menerangi sebuah gambar tanpa cacat dalam sebuah ruangan yg besar/luas ataupun situasi sebuah kelas.

Tanpa brightness yg cukup maka gambar yg dihasilkan akan terlihat keruh dan halus meski pd ruangan yg gelap.Ukuran ruangan, ukuran screen dan jarak antara projector dengan screen akan memberi pengaruh pada kebutuhan anda dalam menentukan lebih atau kurangnya lumens.

LCD Projector Contrast

Projector Contrast menunjukan sebagai perbandingan antara cahaya paling terang dengan sebuah area gambar/object yg paling gelap. Perhatikan sebuah LCD Projecxtor yg mempunyai contrast ratio 400:1 atau lebih tinggi maka graphics dan tampilan video terlihat jelas. Jika penggunaannya lebih banyak untuk menampilkan images dengan cahaya yg terang maka anda membutuhkan sebuah Projector dengan contrast ratio yg lebih tinggi atau paling tinggi,.

Contrast Ratio merupakan pelengkap/penyempurna dari brightnes. High Contrast ratio akan mengirim warna putih yang paling putih dan warna hitam yg paling hitam.Namun jika Contrast rationya rendah , Maka Gambar yg dihasilkan akan terlihat cacat atau tidak sempurna, setidaknya 1.500 : 1 adalah contrast ratio yg cukup baik namun 2.000 :1 atau lebih tinggi akan lebih baik dan sempurna.

LCD Projector Weight

Berat dari sebuah Projector merupakan persoalan portability. Jika anda berencana untuk membawa atau menjinjing sebuah projector lebih sering, melakukan presentasi diberbagai tempat, maka pilihan yg lebih terang akan semakin baik. Saat ini banyak sekali LCD projector tersedia dengan berat kurang dari 2.5 Kg, dengan pencahayaan yg sangat terang jika anda adalah Mobile Presenter. Umumnya Semakin Terang kemampuan sebuah projector maka semakin mahal harganya.

Portabilitas penting juga , tidak hanya memungkinkan untuk mobile saja namun memudahkan instalasi dan setup. Juga memudahkan dalam mencoba berbagai screen size, Jarak dan ruangan yang berbeda. Anda juga dapat menggantung nya pada langit2 atap ruangan..

LCD Projector Connectivity

Ketika anda membeli LCD Projector, tentunya anda akan memilih yg dapat terhubung dengan PC/Notebook anda. Namun apakah anda akan selalu menggunakan computer yg sama terus menerus? Tentunya anda akan memerlukan conector cable atau adapter yg secara terpisah dalam sebuah kondisi khusus. Periksa dengan teliti pd sebuah LCD Projector apakah mempunyai Multiple Port, Dalam hal ini saat anda ingin menghubungkan Multiple Computer atau beberapa sumber video ke sebuah Projector dalam waktu yg bersamaan.

Patikan projector mempunyai beberapa input yg anda butuhkan, seperti Composite dan S Video untuk Sumber Analog, Component input untuk DVD, Dan DVI atau HDMI input untuk sumber HD. Sebagian besar projector memilki VGA input untuk PC atau Notebook.

LCD Projector Lamp Life

Faktor yg lain yg harus anda pertimbangkan saat membeli sebuah LCD projector adalah Lamp Life (USia Lampu), Karena mengganti sebuah lampu projector merupakan biaya yg cukup mahal . Sebuah projector dengan Lamp Life 2000 Jam merupakan usia lampu yg sangat baik sekali. Ada beberapa Projector yg mempunyai pilihan Mode , seperti Mode “Ecco Mode” dimana Projector ini tersedia extended Lamp life dan dapat menghemat operating costs

Pixel Density and Scaling

Kerapatan dari sebuah Pixel sangat penting sekali, Terutama untuk unit LCD/DLP projector.Jika kebanyakan anda menggunakan HDTV maka gunakan Native Pixel setinggi mungkin. Angka dari Native Pixel yg dimaksud adalah 1024x 768 merupakan cocok untuk memutar DVD, Akan tetapi 720p Signal HDTV membutuhkan 1280x720 pixel untuk memberikan anda gambaran 1:1 ( 1;1 signal representation), sementara sebuah 1090i HDTV input signal memrlukan 1920x1080 native pixel untuk 1;1 signal representation dari signal 1080i.

Color Reproduction

Reproduksi warna merupakan factor lain, Cek untuk Natural flesh tones dan kedalaman warna (color depth). Cek bagaimana sebuah warna terlihat pada cahaya paling terang dan cahaya paling gelap pd sebuah area gambar.cek juga tingkat kestabilan warna dari input ke output. Setiap orang mempunyai persepsi berbeda pd penilaian warna, jadi perhatikanlah dengan teliti.

sumber : http://zhillanku.multiply.com
Selengkapnya - Tips Membeli LCD Projector

Thursday, July 15, 2010

Cara Service Epson T20E Mati Total

Bahasan kang Eko kali ini adalah tentang Cara Service Epson T20E Mati Total. Indikasinya jika printer T20E tersebut ditekan tombol powernya tidak bereaksi apa-apa atau mati total. Apa yang terjadi dan bagaimana cara servicenya .....?

Mungkin Anda sering menjumpai kasus Epson Mati Total, tidak hanya T20E tapi Mati Total ini bisa terjadi di Epson type lainnya, misalkan T11, C90, C65, dll.
Jika printer dinyalakan tidak bereaksi sama sekali dan mati total.

OK langsung saja tidak usah basa-basi, berikut ini :

Cara Service Epson T20E Mati Total :

1. Bongkar printer dan ambil boardnya.

2. Cek keluaran power suplynya, kalau normal harus keluar tegangan 43-45vdc. cara cek tegangan disini



3. Kalau power suplynya normal, anda lanjutkan langkah berikutnya yaitu cek diodanya, seperti yang saya tunjukkan pada gambar.




4. Jika Diodanya short / konslet, berarti inilah sumber masalahnya. Cara cek dioda, baca di sini...
Dengan konsletnya dioda ini menyebabkan listrik dari power suply yg 43-45vdc ini menjadi ngeground atau konslet, sehingga kelihatan mati total.
Kebanyakan orang mengira power suplynya yang rusak padahal cuma dioda yg ada di mainboard printer T20E ini.

5. Ganti dengan dioda biasa 1-2 Ampere, jika anda kesulitan mencari dioda yg sejenis.

6. Selesai, tinggal mencoba ....

Ingat....!! kasus mati total printer epson ini tidak hanya terjadi pada T20E saja, tapi bisa terjadi pada T11, C90, C65, bahkan mungkin printer TX101,TX111, dll.

Selamat berkarya dan semoga berhasil.......

Selengkapnya - Cara Service Epson T20E Mati Total

Wednesday, July 14, 2010

Cara Servis HP3920, D1360, D2466 Lampu Blink

Kali ini kang EKo akan membahas tentang priter HP3920, D1360, D2466 dengan kerusakan blink. Sebenarnya judul diatas masih kurang, Jadi printer HP ini dalam keadaan lampu blink dan posisi catrid ada disebelah kanan terus (ditempat cleaning head). Walaupun tutup printer dibuka catrid tetap mojok disebelah kanan. Mau tahu cara servisnya ...

Cara Servis HP3920, D1360, D2466 Lampu Blink :

1. Bongkar printer dengan membuka ke empat sekrupnya.

2. Cek bagian bar encodernya. Encoder adalah penerjemah program ke gerakan motor printer. Biasanya bar encoder ini kotor kena cipratan tinta. encoder ini bentuk seperti pita plastik bening dan ada garis2x kodenya...

3. Bersihkan encodernya dengan tisu basah. "Awas" jangan sampai garis2x yang ada di encoder hilang.





4. Coba printer anda. Kalau masih sama, berarti encoder harus diganti....

O...Yaaa sebenarnya masalah printer ini tidak hanya terjadi di HP3920, D1360, D2466, tapi hampir semua HP type deskjet bisa mengalami trouble ini.

Selamat Mencoba ....


Selengkapnya - Cara Servis HP3920, D1360, D2466 Lampu Blink

Monday, July 12, 2010

Cara Merawat Laptop yang Baik

Kali ini kang Eko akan mengulas tentang Cara merawat Laptop yang baik. Dengan Perawatan yang Baik, maka Laptop akan menjadi lebih awet dan tahan lama.... OK mari kita simak bersama ....

Disadari atau tidak, sebagian besar di antara kita punya perilaku buruk dalam hal kepemilikan benda atau barang. Apa itu? Lalai dalam hal perawatan. Seringnya kita hanya menggunakan barang tersebut, namun malas untuk menelusuri bagaimana seharusnya barang itu dirawat atau dipelihara. Alasannya macam-macam, mulai dari merasa tidak punya waktu, dasarnya memang malas, atau karena kurangnya pengetahuan secara lengkap tentang perlunya perawatan
Tambah Gambar. Tak terkecuali terhadap laptop.

Jika memang demikian, lantas apa dan bagaimana seharusnya kita memperlakukan laptop agar senantiasa tetap dalam kondisi top? Berikut ini ada beberapa tips, yang harus dan jangan dilakukan atau setidaknya dihindari para pengguna laptop agar kinerja laptop tetap sempurna meski telah lama digunakan.

Perhatikan kondisi suhu

Laptop atau notebook tersusun dari aneka komponen elektronik yang kinerjanya dipengaruhi oleh suhu. Di antaranya, suhu yang terlalu ekstrem, misalnya terlalu panas atau terlalu dingin, bisa mengganggu kinerja atau bahkan merusak laptop. Oleh karena itu, hindarkan kebiasaan meninggalkan laptop di dalam mobil yang diparkir di bawah terik sinar Matahari. Hindari pula laptop berada di bawah sorot langsung sinar Matahari. Umumnya para produsen merekomendasikan suhu antara 5 - 35 derajat Celcius. Sementara itu, untuk ketinggian laptop direkomendasikan bekerja pada ketinggian di bawah 2.500 meter di atas permukaan laut.

Menyimpan laptop

Bila Anda akan menyimpan laptop dalam waktu lama (satu minggu lebih), sebaiknya lepaskan baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta bersirkulasi udara cukup baik. Taruh silikon gel untuk menghindari jamur. Begitu ingin menggunakannya kembali, setrum atau isi baterai dengan cara mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

Hindari medan magnet

Untuk melindungi data yang ada di dalam harddisk, jangan letakkan peranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar laptop. Peranti-peranti penghasil medan magnet, misalnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telefon selular. Seandainya Anda ingin mengakses internet menggunakan fasilitas inframerah pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.

Mematikan dengan benar

Jangan pernah mematikan laptop saat lampu indikator harddisk masih berkedip-kedip. Kondisi ini menunjukkan hard disk masih aktif. Hilangnya daya secara tiba-tiba (misalnya saat laptop dimatikan) bisa mengakibatkan kerusakan data atau gangguan kinerja pada hard disk. Pastikan lampu indikator harddisk telah mati sebelum Anda men-shutdown laptop.

Tancapkan ke stabilizer listrik

Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), maka sebaiknya gunakan stabilizer yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke laptop Anda.

Hindari permukaan terlalu empuk

Jangan letakkan laptop ketika menyala di tempat dengan permukaan yang terlalu empuk seperti sofa atau kasur, sehingga laptop menjadi terlihat agak tenggelam. Hal ini sangat berbahaya, karena dapat menghambat keluarnya panas dari dalam laptop serta menjadikan laptop kepanasan.

Engsel lcd monitor

Kalau diperhatikan dengan seksama, di dalam lipatan antara CPU dan monitor LCD terdapat engsel yang memungkinkan kedua komponen itu dikatupkan satu sama lain. Perlu disadari bahwa beban terberat dalam suatu laptop adalah pada bagian engsel tersebut. Oleh karena itu, jangan memberikan hentakan pada saat membuka monitor sewaktu mau mengaktifkan laptop. Demikian juga sebaliknya, jangan menutup monitor terlalu keras ketika selesai menggunakan komputer jinjing tersebut.

Jangan membongkar laptop.

Membongkar sendiri laptop atau bukan oleh ahlinya, merupakan tindakan yang sangat tidak bijaksana. Laptop tidaklah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, maka laptop Anda bisa rusak parah. Bawalah selalu laptop yang rusak ke IT atau service center dari laptop Anda.

Perawatan program

Perawatan program semacam software aplikasi, memang tak kalah pentingnya dan hendaknya dilakukan seminggu atau sebulan sekali. Tujuannya, agar data tidak rusak atau hilang. Selain itu, agar tidak berhadapan dengan masalah program ketika kita tengah berada dalam perjalanan. Perawatan program tersebut meliputi hard drive, pasang antivirus, dan harddisk.

Ketika menjalankan program yang meninggalkan file temporary, hard drive pasti menerima file yang tidak diperlukan. Untuk itu, bersihkan hard drive dari file-file tersebut minimal satu bulan sekali agar laptop bisa bekerja lebih baik. Dianjurkan menggunakan program-program disc clean up yang juga sudah tersedia di sistem operasi seperti Windows.

Untuk perawatan pemasangan antivirus, bisa dilakukan dengan cara menginstal software antivirus pada laptop. Selalu perbarui data definisi virus untuk mengantisipasi virus terbaru. Hampir 90 persen lumpuhnya sebagian software aplikasi dan kerusakan data karena adanya virus. Dengan terpasangnya antivirus, maka data dalam laptop akan aman.

Untuk perawatan harddisk, sebulan sekali lakukan defrag terhadap harddisk. Tujuannya untuk menyusun kembali posisi file-file yang terpencar sehingga mempercepat sistem dalam mencari file. Kemudian gunakan scandisk untuk mengoreksi error yang ditemukan pada direktori dan File Allocation Table.

Usahakan pula membuat partisi harddisk lebih dari satu, misalnya dua atau tiga partisi. Hal ini berguna jika suatu saat, sistem operasi yang kita pakai mengalami error (rusak) yang biasanya tertampung dalam partisi C, maka dengan mudah tinggal memformat ulang sistem operasi tersebut, tanpa mengganggu keberadaan berbagai macam data yang biasanya tersimpan pada partisi lainnya, misalnya partisi D atau partisi E.

sumber : zhillanku.multiply.com
Selengkapnya - Cara Merawat Laptop yang Baik

Friday, July 9, 2010

Cara Service Kipas Angin yang Tidak Berputar dan Berdengung

Artikel ini adalah kiriman dari teman kang Eko yg ada di Jakarta sana. Namanya bang Riko, Alhamdulillah bang Riko mau menyumbangkan ilmunya di blog kang Eko ini. Kali ini yg akan dibahas bang Riko adalah tentang cara servis kipas angin yang tidak mau muter. Berikut ulasan dari bang Riko....

Setelah mendapatkan servisan kipas angin minggu lalu, bang Riko mencoba berbagi ilmu diblognya kang Eko ini. Jika anda menjumpai kipas angin yang ngga bisa muter dan bahkan hanya berdengung / bergetar saja. Ngga usah buru2 membuangnya. Karena masih mungkin bisa anda perbaiki sendiri.

Sebenarnya kerusakan ini timbul dikarenakan oleh laher/bearing yang sudah aus. Sehingga mengakibatkan as kipas menyentuh liner kern.

Cara Service Kipas Angin yang Tidak Berputar dan Berdengung :
1. Bongkar kerangka kipas angin beserta baling balingnya. Serta buka baut yang mengikat kerangka gulungan/spul kipasangin secara perlahan dan hati2 jangan sampai kabel penghubung dengan gulungan terputus, karena akibatnya bisa fatal bila anda tidak bisa menemukan / menyambung kembali kabel yang putus.





2. Lepaskan bearing dari rumahnya, dan coba perhatikan apakah benar telah terjadi ke-ausan pada liner bearing tersebut jika benar, berarti bearing harus diganti. bearing ini banyak dijumpai di pasaran dan harganya pun relatif murah.






3. Setelah bearing diganti, sebelum kita menutup kembali (merakit kipas) tidak ada salahnya jika kita bersihkan semua kotoran yang menempel, caranya dengan menggunakan tiner atau bensin tapi jangan lupa sebelum dirakit harus kering dari bensin atau tiner. Yang paling utama adalah Bersihkan as kipas angin dengan kain yang bersih, kemudian berikan sedikit baby oil atau paslin (jangan terlalu banyak dan hanya asnya saja) yang terpenting permukaan as yang berhubungan langsung dengan laher/bearing terlumasi.

4. Setelah semuanya bersih dan dirangkai, kipas siap di coba.. hasilnya huftttttttt dingin bos..


Selamat mencoba semoga berhasil ya..

Selengkapnya - Cara Service Kipas Angin yang Tidak Berputar dan Berdengung

Mengenal Tehnologi LCD dan Plasma

TEKNOLOGI LCD

LCD yang merupakan kependekan dari liquid crystal display memberikan keuntungan berupa ukuran layar yang lebih besar ketimbang layar CRT. Selain itu, konsumsi energi juga lebih hemat ketimbang CRT.

LCD terdiri dari beberapa macam lapisan penyusun. Lapisannya terdiri dari filter berwarna, dua keping gelas terpolarisasi, susunan matriks transistor film tipis, sebuah lapisan berisi molekul kristal cair, serta sebuah lapisan akhir berisi pencahayaan belakang berwarna putih terang. Ketika menghidupkan layar LCD, transistor akan mengatur tegangan pada lapisan molekul kristal cair yang terdiri dari tiga kelompok warna dasar (merah, hijau, dan biru). Molekul-molekul tersebut akan berputar dan melewatkan cahaya melalui lapisan gelas dan filter warna. Jadi, tampilan yang Anda saksikan adalah hasil kombinasi dari cahaya warna dari molekul-molekul cair tersebut.

Secara umum LCD memiliki keandalan teknis yang tidak berbeda jauh dari CRT, sehingga umur teknis LCD--menurut sejumlah beberapa produsen LCD-- mencapai 60.000 jam (sekitar 15 tahun penggunaan normal). Pada periode ini, LCD akan mulai mengalami peredupan warna akibat menurunnya kemampuan teknis komponen cahaya belakang (backlight) yang akan mulai digantikan oleh beberapa produsen dengan komponen high-intensity LED (light emitting diode) - LED berintensitas tinggi. Tetapi, proses peredupan warna ini tidak akan terlalu dikenali karena penurunan tingkat keredupan ini akan berlangsung secara perlahan.

TEKNOLOGI PLASMA

Plasma adalah salah satu alternatif teknologi. Untuk menampilkan gambar berwarna, teknologi plasma menggunakan kombinasi fosfor merah, hijau, dan biru. Tetapi, berbeda dengan teknologi CRT, plasma memberi muatan kepada kantung-kantung yang berisi gas neon dan xeon yang berada di antara dua panel gelas.

Analogi mudahnya, jika CRT hanya berisi sebuah tabung sinar katoda (cathode-ray tube), maka plasma terdiri dari satu juta tabung fluorescent berukuran sangat kecil. Ketika tabung fluorescent tersebut diberi muatan, gas neon dan xeon akan mengeluarkan foton ultraviolet. Kemudian foton menumbuk fosfor yang akan mengeluarkan cahaya berwarna. Kombinasi cahaya ini akan menghasilkan gambar di televisi.

Masalah yang muncul di layar plasma berkisar pada kinerja fosfor yang mengeluarkan cahaya. Kinerja fosfor akan menurun seiring berjalannya waktu. Jika kinerja fosfor sudah menurun, maka cahaya yang dikeluarkan saat fosfor ditumbuk foton, akan semakin berkurang dan redup. Rasio kontras sendiri akan mengalami penurunan sebesar 50 persen dalam waktu penggunaan 4 - 5 tahun. Sedangkan untuk aspek brightness (rasio terang), beberapa produsen mengklaim, penurunan sebesar 50 persen, baru akan terjadi setelah penggunaan selama 60.000 jam (15 tahun penggunaan normal )

Plasma memungkinkan diproduksi dengan ukuran diagonal layar lebih besar dari LCD. Selain itu, plasma dapat dilihat secara jelas dari berbagai sudut dibandingkan teknologi LCD saat ini. Hanya saja plasma kalah kelas dari segi jumlah konsumsi listrik dan berat layar dibandingkan LCD.

Tetapi dari segi harga, keduanya memang belum mampu mengalahkan layar CRT. Jika Anda memiliki anggaran cukup besar, untuk mengganti CRT anda, LCD atau plasma bisa menjadi pilihan. Terlebih lagi, jika layar CRT Anda telah mengajukan pensiun dini dari ruang keluarga. Jika anggaran belum cukup, ada baiknya mempertimbangkan teknologi CRT layar datar. Atau sebaiknya menunggu beberapa waktu sampai ada perbaikan-perbaikan pada kedua teknologi tersebut, khususnya LCD dan turunnya harga sampai pada tingkat yang wajar.

Keunggulan Plasma :

· Warna hitam yang tegas.

· Tidak terjadi blur (gambar kabur) pada gerakan yang cepat sehingga cocok untuk film aksi dan olahraga.

· Sudut pandang plasma juga lebih baik dibandingkan LCD dimana jika ditonton pada sudut yang terlalu tajam LCD akan agak kabur.

· Plasma keluaran terakhir berusaha menyaingi LCD TV dalam hal resolusi dimana beberapa vendor sudah mengeluarkan plasma full HD tetapi harganya masih tinggi dibandingkan dengan LCD TV.


Keunggulan LCD :

· Layar LCD tidak mengkilap seperti Plasma yang megkilat seperti kaca menyebabkan pantulan yang mengganggu dari jendela dan lampu. Plasma lebih nyaman dilihat di ruangan gelap atau dengan pencahayaan khusus.

· Burn in, plasma juga memiliki kelemahan burn in, dimana jika menampilkan satu gambar yang sama untuk jangka waktu panjang seperti logo TV, game, pesan berjalan (ticker) akan mengakibatkan bekas terbakar dilayar yang mengganggu. Hal ini sudah disadari dan coba diatasi oleh beberapa produsen plasma.

· Plasma lebih berat dari LCD TV ( hal ini perlu menjadi perhatian jika anda bermaksud menggantungkan TV layar lebar anda di dinding).

· Resolusi, satu hal yang menurut penulis cukup penting adalah dengan harga yang sama, LCD TV memiliki resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan plasma sehingga dapat memberikan tampilan gambar yang lebih tajam. Hal ini menyebabkan LCD TV sangat cocok untuk untuk permainan video game resolusi tinggi, monitor komputer dan melihat hasil foto digital.

· Kelemahan LCD dalam blur (gambar kabur) untuk gerakan cepat juga mulai diperbaiki sehingga cukup nyaman untuk menonton sajian olahraga atau film action yang bergerak cepat.

Sumber : zhillanku.multiply.com
Selengkapnya - Mengenal Tehnologi LCD dan Plasma

Wednesday, July 7, 2010

Cara Menentukan Data Kaki Flyback

Berikut ini, kang EKo akan membahas tentang Cara Menentukan Data Kaki Flyback. Karena langkah ini sangat penting jika kita akan mengganti flyback monitor . OK mari kita belajar bersama......

Flyback adalah komponen monitor yg berfungsi untuk menghasilkan tegangan tinggi dan tegangan lainnya yg dibutuhkan monitor. Flyback sebenarnya adalah trafo tapi trafo untuk tegangan tinggi agar tabung bekerja mengeluarkan gambar.

Bagian-bagian flyback adalah sbb:
A. Bagian primer
B. Bagian sekunder
C. Bagian yg terpisah antara primer dan sekunder yaitu : ABL, Screen dan Fokus dan KOP flyback.



Bagian primer flyback antara lain:

1. colector : terhubung dg colector transistor horisontal. jika flyback kerja maka pin ini akan menghasilkan tegangan tinggi. Jangan di ukur dg multitester.

2. dioda dumper : terhubung dg dioda dumper. Tidak semua flyback memiliki kaki ini.

3. B+ : terhubung dg tegangan B+ 55v dan FET IRF630. Ini adalah kaki untuk tegangan kerja flyback. Jika teg B+ tdk masuk maka flyback tidak kerja dan monitor tidak nyala.

Jadi ketiga kaki ini jika diukur dengan ohm meter x1 terhubung.

Bagian sekunder flyback antara lain :

1. Gruond : terhubung dg ground monitor.

2. AFC : Automatic Frequency Control. tegangan 30-40 dcv Fungsinya untuk mengatur kerja IRF630, kalau tegangan terlalu tinggi, misal butuhnya 30 vdc dikasih 40 vdc maka IRF tidak bekerja, akibatnya tegangan B+ akan tetap 55v dan gambar monitor akan sempit kanan kirinya. Kalau IRF kerja, maka tegangan 55v akan menjadi tegangan 90-125v tergantung resolusi monitornya.

3. G1 : terhubung dg dioda dg posisi terbalik sehingga keluarannya adalah tegangan minus antara - 100-175 dcv. Dan setelah dioda akan ada elco regulator yg juga terbalik, jadi kaki positif dapat ground monitor dan kaki negatif dapat katoda dioda terbalik itu.

Bagian ABL

ABL : Automatic Brightness Limiter. tegangan tak terukur. Pin ini harus terhubung ke jalurnya jika tidak maka akan keluar percikan/ loncatan api listrik. Fungsinya untuk membatasi brightness yg menuju ke blok RGB secara otomatis.

Bagian Screen (G2):
Adalah bagian yg berfungsi untuk mengatur terang gelap gambar.

Bagian Fokus (G3/G4):
Adalah bagian yg berfungsi untuk mengatur fokus gambar (kabur tidaknya gambar)

Bagian KOP FLyback :
Adalah bagian yg menghasilkan tegangan tinggi 26kV yang menuju atas tabung.

OK, demikian penjelasan singkat tentang flyback.....

Oya ... tidak semua kaki flyback dipakai. Yang harus terpasang dan wajib dipasang adalah kaki :
Colector, B+, G1, Ground, AFC, ABL dan Ground kaki di samping flyback.

Dan urutan kaki flyback tiap type pasti berbeda jadi kalau mengganti flyback tidak asal langsung pasang kecuali typenya sama persis....

InsyaAllah bahasan mendatang adalah tentang Cara Mengganti / Membandrek Flyback dengan flyback lain type....

Selamat Belajar ....
Selengkapnya - Cara Menentukan Data Kaki Flyback

Friday, July 2, 2010

Cara Service Monitor Samsung 591s Mati Total

Servisan kang Eko kali ini adalah Monitor samsung 591s 15". Kerusakan samsung 591s ini yaitu mati total, dan kalau dicolokkan ke listrik maka meteran listrik akan "njegleg" mati. Caranya gimana ya .....

OK langsung saja ya... berikut ini ...
Cara Service Monitor Samsung 591s Mati Total :

1. Bongkar monitor Samsung 591s anda. Kalau belum tahu caranya baca di sini

2. Kerusakan mati total dan kalau dicolokkan ke listrik, listrik mati, berarti kerusakan ada di bagian power suplynya. Mari kita cari....

3. Cek dulu sekring masih OK pa nggak?

4. Cek dioda bridge nya. dioda ini untuk mengubah AC 220V PLN menjadi DC 300V. Kadang rusak / konslet. tapi ini sangat jarang terjadi. Kalau bukan ini, .....



5. Biasanya STRnya rusak / Konslet serinya DP904C. STR ini bentuknya seperti kursi punya 5 kaki. dan STR ini tidak bisa dicek dengan multi. tapi kalau konslet bisa diukur dengan ohmmeter, tandanya kakinya nyambung semua.



6. Ganti STR DP904C, biasanya masalah selesai.

OK selamat mencoba ..... semoga sukses bersama anda

Selengkapnya - Cara Service Monitor Samsung 591s Mati Total

Cara Service Monitor LG 710S Kadang Mati

Kemarin malam nggarap monitor LG 710S, monitor 17" flat. Kerusakannya pertama kali dinyalakan monitor nyala normal, tapi sewaktu dimatikan dengan menekan tombol powernya kemudian dinyalakan lagi, LG 710S ini tidak mau nyala lagi ....


Pertama kali kang Eko menduga bahwa kerusakan itu ada di bagian primer power suplynya, dan kang Eko pikir sulit, karena dulu pernah mengerjakan dengan kerusakan sama sulitnya bukan main. Sebenarnya nggak sulit tapi karena belum ketemu kerusakannya jadi sulit ... he3x.....

OK kembali lagi ke pokok masalah :

1. bongkar monitor LG 710S ini. bagi yang belum tahu cara bongkarnya dapat membacanya di sini. Caranya sama seperti membongkar monitor samsung.

2. Cek elco regulator 1000uF/10v untuk tegangan 15 dan 5 volt. Biasanya elco ini melembung sehingga menyebabkan tegangan keluaran menjadi tidak normal. Padahal tegangan ini dibutuhkan oleh ic program yg paling besar yg kakinya banyak untuk bekerja. Dan di IC inilah semua pengaturan monitor berlangsung termasuk tombol on/ off nya.





3. ganti Elco tersebut.

4. Selesai. Tinggal dicoba......

Ok selamat mencoba .....
Selengkapnya - Cara Service Monitor LG 710S Kadang Mati

Template by : ekohasan.blogspot.com