****** Driverpack 2013 sudah Ready ****** Sudah Ready Resetter EPson L110, L210, L300, L350, L355... Kang Eko menerima Jasa Servis Laptop (hang, matot, VGA rusak, no display, dll), servis komputer, printer, LCD monitor. Puri Delta Asri 1 Blok L No.4, Campurejo, Boja, Kendal. 085327720280-085740018404

Friday, July 9, 2010

Cara Service Kipas Angin yang Tidak Berputar dan Berdengung

Artikel ini adalah kiriman dari teman kang Eko yg ada di Jakarta sana. Namanya bang Riko, Alhamdulillah bang Riko mau menyumbangkan ilmunya di blog kang Eko ini. Kali ini yg akan dibahas bang Riko adalah tentang cara servis kipas angin yang tidak mau muter. Berikut ulasan dari bang Riko....

Setelah mendapatkan servisan kipas angin minggu lalu, bang Riko mencoba berbagi ilmu diblognya kang Eko ini. Jika anda menjumpai kipas angin yang ngga bisa muter dan bahkan hanya berdengung / bergetar saja. Ngga usah buru2 membuangnya. Karena masih mungkin bisa anda perbaiki sendiri.

Sebenarnya kerusakan ini timbul dikarenakan oleh laher/bearing yang sudah aus. Sehingga mengakibatkan as kipas menyentuh liner kern.

Cara Service Kipas Angin yang Tidak Berputar dan Berdengung :
1. Bongkar kerangka kipas angin beserta baling balingnya. Serta buka baut yang mengikat kerangka gulungan/spul kipasangin secara perlahan dan hati2 jangan sampai kabel penghubung dengan gulungan terputus, karena akibatnya bisa fatal bila anda tidak bisa menemukan / menyambung kembali kabel yang putus.





2. Lepaskan bearing dari rumahnya, dan coba perhatikan apakah benar telah terjadi ke-ausan pada liner bearing tersebut jika benar, berarti bearing harus diganti. bearing ini banyak dijumpai di pasaran dan harganya pun relatif murah.






3. Setelah bearing diganti, sebelum kita menutup kembali (merakit kipas) tidak ada salahnya jika kita bersihkan semua kotoran yang menempel, caranya dengan menggunakan tiner atau bensin tapi jangan lupa sebelum dirakit harus kering dari bensin atau tiner. Yang paling utama adalah Bersihkan as kipas angin dengan kain yang bersih, kemudian berikan sedikit baby oil atau paslin (jangan terlalu banyak dan hanya asnya saja) yang terpenting permukaan as yang berhubungan langsung dengan laher/bearing terlumasi.

4. Setelah semuanya bersih dan dirangkai, kipas siap di coba.. hasilnya huftttttttt dingin bos..


Selamat mencoba semoga berhasil ya..


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

22 komentar :

abu hatim ath-thaliby said...

bermanfaat sekali nih

terima kasih pak eko,

izin di share yah.

deacell1975 said...

makasih mas eko,sangat berguna sekali,kebetulan ada bahan percoba'an nih,sukses selalu

dodot jonegoro said...

Nice post mas bro, mo langsung praktek ada 3 kipas angin lagi ngadat di rumah :-)

adiwa pratama said...

KIPAS SAYA BERPUTAR TAPI GA BISA BERPUTAR KELILING, GMN CARAX MEMPERBAIKI KIPAS TERSEBUT?

CARI UANG - KAYA RAYA said...

kang..saya mau minta saran. klo masalah kipas saya pada awal di tekan tombal ON kipasnya sdh macet (baling-2 tdk berputar). terkadang berputar tp bbrp waktu kemudian tiba-2 berhenti dan bau seperti terbakar. kira-2 apa ya penyebabnya. terima kasih sebelumnya..

Zic said...

Kalo beli bearingnya itu dimana ya mas? Trims

Anton said...

Interesting idea, never seen like that before. Please keep your information contionue,
http://www.gasas.com.es/
Gasas

Anton said...

Amazing blog, I had not thought of yet in the network occur.
http://www.tensiometros-tienda.com/
Tensiometros

Anton said...

Amazing blog, I had not thought of yet in the network occur.
http://www.tensiometros-tienda.com/
Tensiometros

Anton said...

Excellent post however I was wondering if you could write a little more on this topic
http://www.vendas.com.es/
Vendas

Anton said...

I like what you guys are doing. Such smart work and reporting! Carry on with the excellent works guys. I have incorporated you guys to my blogroll. I think it will improve the value of my web site.
http://www.botiquin-de-primeros-auxilios.es/
Botiquin

Anton said...

That is a wonderful issue, I am very willing to read this publication, and I consent with the opinions of this submission. I think this is the best view. I will do something after reading it.
http://www.totclinic.es/
Totclinic

Ynnod said...

Excellent post however I was wondering if you could write a
little more on this topic
http://www.gasas.com.es/
Gasas

Ynnod said...

Thanks for an insightful post. These tips are really helpful. Again thanks for sharing your knowledge with us.Keep up the good work.
http://www.guantesdevinilo.es/
Guantes de vinilo

Nakusan said...

kebetulan nih gan, kipas saya ga bs muter. mksh infonya n' salam kenal...

ponimin76 said...

Bisa kasih tahu, nggak? atau minta info pelumas Kipas angin yang cocok.
Sebelum baca blog ini, saya sudah bolak balik mbersihin kipas. tapi ujung- ujungnya minyak cepat kering dan bikin macet padahal kasih minyaknya asal basah aja,nggak sampai literan.
Sudah tak Coba dari minyak goreng Sampai oli yang baru. tetep aja sebulan,dua bulan bongkar lagi. trim's atas infonya.

RADIKA CITRA MANDIRI said...

kipasnya bs muter sob. Tp gk bsa nengok kanan kiri. Kra2 apanyanya?
By Hosting gratis

AILSYA said...

Semangat terus bro berbagi lmu semoga bermanfaat bagi kta semua

bro newbie said...

bos ane mau tanya kalau laher/bearing yang aus tandanya apa ya?

Samben9 said...

Cari bearingnya susah , aduuh..
Soalnya model bearing beda2..

PULSA ELEKTRIK,TOKEN PLN,GME ONLINE PALING MURAH said...

assalamu alaikum bang,saya imam.mau tanya ni soal kipas angin sya yg rusak.bushing dan kapasitor udah saya ganti baru.tpi kipas nya blum bsa mutar,sped 1,2 ga ada respon pada di namo,tpi kl sped 3 cuma getar,itu rusak dimananya bang tolong penjelasan nya.trmakasih...

baktiar jalil said...

TOKO ASIA ELEKTRONIK
MenawarKan Produk asli dan bergaransi :

Harga Promo Stok barang terbatas ALAMAT TOKO.
ITC Roxy Mas LT 3 No 110C
Roxy Mas Lt 3 Blok A38-39,HP. PIN BB:24C19401
HUB:0853-2822-2842
Hasyim Ashari Jakarta Pusat
Kami Melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui via TIKI/JNE
BlackBerry Q5 - White | BlackBerry 10 OS, 3.1 inch, Dual Camera 5 MP + 2 MP
RP.2.050.000
BlackBerry Z10 - Black | BlackBerry 10 OS, Layar 4.2 inch, Dual Camera 8 MP + 2 MP Rp.2.300.000
BlackBerry Curve 9220 Davis - Pink | BlackBerry OS 7.1, Prosesor 800 Mhz, Camera 2 MP Rp.7500.000
BlackBerry Porsche Design P'9981 - Black (LIMITED EDITION) Rp.12.250.000
BlackBerry Q10 - Black | BlackBerry 10 OS, Layar 3.1 inch, Dual Camera 8 MP + 2 MP Rp.3.650.000
Samsung Galaxy Tab 3 (8.0) - White | Android Jelly Bean, 3G+WiFi, Call+SMS, Dual Core, 16 GB
Rp 2.449.000
Samsung Galaxy Note 8.0 - White | Quad-core 1.6 GHz Cortex-A9, Android v4.1 Jelly Bean, Layar 8 inch, Dual Camera 5 MP + 1.3 MP

Rp 2.650.000
Samsung Galaxy Tab 3 (7.0) - White | Android Jelly Bean v4.1, 3G+WiFi, Call+SMS, Dual Core 1.2 GHz | 3.15 MP | 16 GB

Rp 1.990.000
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) WiFi Only - White | Android Ice Cream Sandwich, Dual Core, 8 GB

Rp 1.009.000
Nokia Lumia 720 - 8 GB - Merah - Indosat RP 1.665.000
NOKIA ASHA 311 Rp.550.000
Nokia Lumia 620 - 8 GB - Cyan RP 1.229.000
Nokia Lumia 920 - 32 GB - Hitam RP 2.559.000
Nokia 206 - Dual GSM - Putih RP 429.500
Apple iPhone 5 32 GB - Black/Slate (TELKOMSEL) | Apple A6 Dual Core 1.2 GHz, Apple iOS 6, Layar 4 inch, Dual Camera 8 MP + 1.2 MP
Rp 10.199.000
Apple iPhone 5 16 GB - Black/Slate (TELKOMSEL) | Apple A6 Dual Core 1.2 GHz, Apple iOS 6, Layar 4 inch, Dual Camera 8 MP + 1.2 MP
Rp 8.799.000
Apple iPhone 5 64 GB - Black/Slate (TELKOMSEL) | Apple A6 Dual Core 1.2 GHz, Apple iOS 6, Layar 4 inch, Dual Camera 8 MP + 1.2 MP
Rp 11.499.000
Printer Canon - MF4820D Rp 1.550.000
Printer, Scanner, Copier & Fax - Brother MFC-J5910DW Rp 1.500.000
Printer Canon - L170 Rp 1.659.000
Printer Canon - MF4750 - Black Rp 2.179.000
Printer All in One Officejet HP - 7500A (C9309A)


Rp 2.349.000
Printer, Scanner, Copier & Fax - Brother MFC-J6710DW Rp 2.519.000
Printer Canon - MF4870DN - Black/White
Rp 5.179.000
Mesin Fotocopy Canon iR2016 Copy-Print Rp.4.500.000
Canon IR6020 Copy-Print-Scan Rp.17.000.000
Canon iR5020 Copy-Print-Scan Rp16.500.00
Canon iR5000 Copy-Print-Scan Rp.13.500.000
Canon iR5075 Copy-Print-Scan Rp.10.500.000
Canon iR5570 Copy-Print-Scan Rp.8.500.000

WWW.ASIA-ELEKTRONIK.JIMDO.COM

Template by : ekohasan.blogspot.com