03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Saturday, July 17, 2010

Tips Membeli LCD Projector

Berikut ini adalah tips dalam membeli LCD proyektor. Sengaja kang Eko posting ini untuk pengetahuan kita semua terutama bagi yg ingin memiliki LCD Proyektor. Terima kasih kepada Pak Zhillan atas artikelnya ....

Membeli sebuah LCD Projector merupakan investasi Cukup menguras keuangan kita..Maka anda perlu berpikir dengan teliti bagaimana mengunakannya dan menyesuaikan dengan features yg anda perlukan dengan harga yg terbaik.

Seperti contoh Brightness sebuah LCd Projector merupakan factor kunci dalam memilih/membeli, Namun bila anda tidak mempunyai rencana untuk menggunakannya secara sering dalam sebuah presentasi di ruangan yg besar maka anda tidak memerlukan sebuah LCD projector yg memiliki Perfomance tinggi untuk hal ini.

Berikut ini adalah Beberapa Faktor kunci dalam memilih sebuah LCD Projector :

LCD Projector Resolution

SVGA (800 x 600), XGA (1024 x 768), SXGA (1280 x 1024), or UXGA (1600 x 1200)?

Semakin tinggi sebuah resolusi dari Projector maka semakin tinggi pula harganya. JIka anda berencana menggunakan projector untuk sebuah presentasi dgn powerpoint , maka Resolusi SVGA cocok untuk hal ini . Sementara XGA merupakan pilihan yg bagus untuk menampilkan Numerical Data. Anda hanya membutuhkan resolusi yg lebih tinggi jika menginginkan tampilan yg lebih details.

LCD Projector Brightness

Semakin tinggi ANSI Lumens semakin terang LCd Projector output cahayanya. Projector dgn Lumens dibawah 1000 lumens akan teerasa kurang pencahayaannya. Sebuah Projector dengan 1000-2000 lumens akan dapat mencukupi pencahayaannya untuk sebuah presentasi bisnis atau situasi dalam sebuah kelas. Sementara Projector dengan Lumens 2000-3000 menghasilkan cahaya yg cukup untuk menerangi sebuah gambar tanpa cacat dalam sebuah ruangan yg besar/luas ataupun situasi sebuah kelas.

Tanpa brightness yg cukup maka gambar yg dihasilkan akan terlihat keruh dan halus meski pd ruangan yg gelap.Ukuran ruangan, ukuran screen dan jarak antara projector dengan screen akan memberi pengaruh pada kebutuhan anda dalam menentukan lebih atau kurangnya lumens.

LCD Projector Contrast

Projector Contrast menunjukan sebagai perbandingan antara cahaya paling terang dengan sebuah area gambar/object yg paling gelap. Perhatikan sebuah LCD Projecxtor yg mempunyai contrast ratio 400:1 atau lebih tinggi maka graphics dan tampilan video terlihat jelas. Jika penggunaannya lebih banyak untuk menampilkan images dengan cahaya yg terang maka anda membutuhkan sebuah Projector dengan contrast ratio yg lebih tinggi atau paling tinggi,.

Contrast Ratio merupakan pelengkap/penyempurna dari brightnes. High Contrast ratio akan mengirim warna putih yang paling putih dan warna hitam yg paling hitam.Namun jika Contrast rationya rendah , Maka Gambar yg dihasilkan akan terlihat cacat atau tidak sempurna, setidaknya 1.500 : 1 adalah contrast ratio yg cukup baik namun 2.000 :1 atau lebih tinggi akan lebih baik dan sempurna.

LCD Projector Weight

Berat dari sebuah Projector merupakan persoalan portability. Jika anda berencana untuk membawa atau menjinjing sebuah projector lebih sering, melakukan presentasi diberbagai tempat, maka pilihan yg lebih terang akan semakin baik. Saat ini banyak sekali LCD projector tersedia dengan berat kurang dari 2.5 Kg, dengan pencahayaan yg sangat terang jika anda adalah Mobile Presenter. Umumnya Semakin Terang kemampuan sebuah projector maka semakin mahal harganya.

Portabilitas penting juga , tidak hanya memungkinkan untuk mobile saja namun memudahkan instalasi dan setup. Juga memudahkan dalam mencoba berbagai screen size, Jarak dan ruangan yang berbeda. Anda juga dapat menggantung nya pada langit2 atap ruangan..

LCD Projector Connectivity

Ketika anda membeli LCD Projector, tentunya anda akan memilih yg dapat terhubung dengan PC/Notebook anda. Namun apakah anda akan selalu menggunakan computer yg sama terus menerus? Tentunya anda akan memerlukan conector cable atau adapter yg secara terpisah dalam sebuah kondisi khusus. Periksa dengan teliti pd sebuah LCD Projector apakah mempunyai Multiple Port, Dalam hal ini saat anda ingin menghubungkan Multiple Computer atau beberapa sumber video ke sebuah Projector dalam waktu yg bersamaan.

Patikan projector mempunyai beberapa input yg anda butuhkan, seperti Composite dan S Video untuk Sumber Analog, Component input untuk DVD, Dan DVI atau HDMI input untuk sumber HD. Sebagian besar projector memilki VGA input untuk PC atau Notebook.

LCD Projector Lamp Life

Faktor yg lain yg harus anda pertimbangkan saat membeli sebuah LCD projector adalah Lamp Life (USia Lampu), Karena mengganti sebuah lampu projector merupakan biaya yg cukup mahal . Sebuah projector dengan Lamp Life 2000 Jam merupakan usia lampu yg sangat baik sekali. Ada beberapa Projector yg mempunyai pilihan Mode , seperti Mode “Ecco Mode” dimana Projector ini tersedia extended Lamp life dan dapat menghemat operating costs

Pixel Density and Scaling

Kerapatan dari sebuah Pixel sangat penting sekali, Terutama untuk unit LCD/DLP projector.Jika kebanyakan anda menggunakan HDTV maka gunakan Native Pixel setinggi mungkin. Angka dari Native Pixel yg dimaksud adalah 1024x 768 merupakan cocok untuk memutar DVD, Akan tetapi 720p Signal HDTV membutuhkan 1280x720 pixel untuk memberikan anda gambaran 1:1 ( 1;1 signal representation), sementara sebuah 1090i HDTV input signal memrlukan 1920x1080 native pixel untuk 1;1 signal representation dari signal 1080i.

Color Reproduction

Reproduksi warna merupakan factor lain, Cek untuk Natural flesh tones dan kedalaman warna (color depth). Cek bagaimana sebuah warna terlihat pada cahaya paling terang dan cahaya paling gelap pd sebuah area gambar.cek juga tingkat kestabilan warna dari input ke output. Setiap orang mempunyai persepsi berbeda pd penilaian warna, jadi perhatikanlah dengan teliti.

sumber : http://zhillanku.multiply.com


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

1 komentar :

urntukulo said...

waah lumayan min, makasih ya sudah share...
timah solder

Template by : ekohasan.blogspot.com