03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Friday, October 16, 2009

Panduan Cara Service Monitor II

Sebelumnya saya mohon maaf kepada pengunjung blog ini, karena sampai dengan hari ini saya belum sempat mencari panduan cara service monitor yang sempat saya janjikan di posting blog saya 1 bulan yang lalu. Untuk mengobati rasa kecewa ini, akan saya coba tulis beberapa kerusakan monitor yang sering terjadi .....


Panduan Cara Service Monitor II, beberapa kerusakan monitor yang sering terjadi :

Komponen monitor yang sering mengalami kerusakan adalah komponen yang menghasilkan panas tinggi. Komponen ini memiliki ciri-ciri yaitu biasanya terdapat pendingin aluminium pada komponen tersebut.

Komponen monitor yang sering rusak antara lain adalah:

1. Elco : rusaknya karena umur, over voltage, panas.
2. Resistor : biasanya yang berfungsi sebagai R pengaman/fuse (nilai hambatannya kecil 0.01 ohm - 0.1 ohm).
3. Resistor dengan ukuran daya tinggi sering putus karena panas. (biasanya resistor ini berukuran agak besar)
4. IC Vertikal (letaknya dekat dengan port yoke dan dilengkapi dengan pendingin aluminium)
5. Transistor Horizontal (letaknya dekat dengan flyback dan dilengkapi dengan pendingin aluminium)
6. FET B+. Letaknya sebelum tegangan B+ yang masuk ke Flyback.
7. Flyback. Sering rusak karena panas yang dihasilkan dari tegangan yang sangat tinggi.


Power Supply monitor ada 2 jenis rangkaian :

1. IC trigger (UC 3842). Bagian yang sering rusak :IC UC 3842,R penurun tegangan dari 300Vdc ke 12 Vdc untuk Vcc IC trigger.
2. STR. Bagian yang sering rusak : IC STR-nya sendiri,R Vcc untuk Transistor darlington yang memberikan input ke STR.


Monitor GTC 15 Ultimate digital mati :
Permasalahan : IC memory/eeprom 93c56 RUSAK, harus diganti.

GTC FUTURA Layar Vertikal menyempit.
Permasalahan : R kecil 0.1 ohm mengalami perubahan nilai. R ini terhubung dengan pin 4 IC TDA 4866 vertikal, harus diganti.

Monitor layar bawah menggulung ke atas atau sebaliknya ...
Permasalahan : IC vertikal setengah rusak, bisa juga karena elco regulator untuk IC vertikal yang kering / rusak.


Monitor LG 15 / 17 digital warna hitam putih (seperti pahatan batu) / warna berubah tidak normal.
Permasalahan : IC penguat video mengalami keretakan sambungan dengan PCB, solder ulang IC tersebut & seluruh komponen di RGB yang kemungkinan mengalami keretakan, seperti IC Video dan pin tabung.
Pada saat menyolder IC penguat Video teresebut, pastikan tegangan sudah tidak tersimpan, sehingga tidak menyebabkan konslet di IC.

Layar terlalu melebar, H size tidak kerja.
Cek Tr H size, FET dan dioda yang berada di rangkaian H size.
Tr H size outputnya akan diumpankan ke L dan kemudian ke FET dan Dioda, atau terkadang langsung ke dioda. Dioda ini sering putus. Tr H size menggunakan Tr jenis dumper.

Layar rolling
Cek sambungan jalur kabel data, kadang terjadi keretakan.
Coba trim VR H Hold.
Kalo tetap nggak bisa, berarti terjadi kerusakan di IC Syncrone

ABL FBT sering mengalami kerusakan yang menyebabkan R dijalurnya menjadi terbakar.
Solusi ganti FBT. Sebab kerusakan : karena umur dan kelembaban ruangan.

Monitor SPC layar hanya 1 garis horizontal di tengah.
IC Vertikal TDA 1175 rusak. Cek Vcc pin 2 adalah tegangan 20 Vdc.
Vcc ini dilewatkan pada R pengaman (fuse) 1 ohm yang sering putus. Putusnya IC ini disebabkan oleh konsletnya IC vertikal TDA yang mengalami panas yang berlebihan.

Semoga Bermanfaat ....
Bersambung ............


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

73 komentar :

Kasnap Satar said...

cara benerin catride yang bocor gmn ya? untuk printer HP

Eko Supriyanto said...

printer HP kalo catridgenya masih asli, kapasitas catridgenya cuman 5 ml. jadi kalo ngisinya terlalu banyak pasti bocor. Caranya : ambil tisu trs tempelkan di tempat keluarnya tinta dibawah catridge. ulangi beberapa kali hingga tinta sisa tersedot oleh tisu dan tidak bocor lagi. itu yg biasa sy lakukan. moga manfaat.

Kasnap Satar said...

Maaf mas tanya lagi, sy punya printer epson c90 2 buah,sdh pake tinta infus semua.tp penyakitnya sama yaitu ketika ngeprint ga mau narik kertasnya,malah keluar suara bising kayak motorannya ga mau muter.yg satu malah sdh ga bs dipake sm sekali.sdh cb sy bongkar trus pasangin lg, tp msh tetep ga bs narik kertas.trims sblmnya ya mas..sy pengin belajar banyak sm mas Eko.

Anonymous said...

Saya jg pernah ngalami kertas ga mau masuk, dan motornya cuma muter2 ga karu-karuan pd.Printer saya bongkar, lalu diliat bagian pemutarnya, motor sma gigi geriginya, terus saya kasih vaselin pada bagian-bagian ntu... setelah sy pasang kembali printer dah bisa narik kertas lagi...
spertinya bagian yg bergerak, gerakannya kurang lancar...

smga membantu

Eko Supriyanto said...

tengkyu boss..............

Eko Supriyanto said...

Epson C90 yang nggak bisa narik kertas sudah saya posting kemarin, coba cari di arsip blog november 2009 di situ ada penjelasan dan cara perbaikan komplit, dan dijamin bisa.

Hobi rakom said...

saya ada masalah bang.... klo bisa aku minta tolong.... Aku punya MINI HIFI COMPONENT SYSTEM MHC G55 Merk SONY. Tadinya normal alias nyala... terus aku bongkar mo ganti karet pada mekanik tape dan mo ganti optic. aku ukur-ukur tegangan pakai AVO digital kecil yg murahan. tiba-tiba display jadi gak nyala.... alias mati total.... apa sebabnya..???? tolong ya.. bang...

Kang Eko said...

Hobbyku : sebab matinya panel disply bisa disebabkan akibat pengukuran, yaitu menyebabkan short di rangkaian display (salah colok AVO tester). Kalau mau benerin berarti harus cari sumber tegangannya untuk rangkaian display itu

totembayuasma said...

Kasnap Satar..dulu printer saya seprti itu, ternyata antara roda dengan batang motor sudah longgar..coba di beri perekat atw lem power glue di bagian batang motor/dinamo yg masuk ke lubang tengam roda gigi. tanks

thezainic said...

mas monitor advance sy sring tiba2 blank.Tpi led deket tombol power tetep ijo.Anehnya klo sy pukul2 pinggiran monitornya lngsung nyala lgi. Tpi stelah cukup lama, lngsung blank lagi. Minta solusinya mas. Makasih banyak. thezainic@yahoo.com

Eko Supriyanto said...

thezainic : buka monitor solder ulang bagian RGB blok video kecil yg ada di ujung leher tabung, dan cek dan solder ulang juga bagian horisontal dekat trafo power suply dan flyback yg kelihatan retak

kokoqqiu said...

monitorku samsung syncmaster 551s keadaan hidup tapi selalu bunyi tik,tik kadang kala. kira2 bunyinya ada di sebelah kiri. tolong dong solusinya, terimakasih ya mas...

kokoqqiu said...

maaf mas, mau tanya nih. monitor saya samsung syncmaster 551s sebelumnya selalu berkedip layarnya di barengi dengann bunyi ctik..ctik.. trus akhirnya mati total.lampu pd tombol tidak menyala.lalu saya buka dan ganti fiusnya (fius dkt travo) bisa menyala lagi, tapi masih berkedip layarnya sesekali sambil berbunyi ctik..ctik.. gimana solusinya mas, terimakasih wassalam..

Nyangnyang said...

thanks sebelumnya untuk ilmu yang udah di muat.tapi saya masih belum bisa memperbaiki monitor saya yang rusak ( SPC 15 " gelap ) screen udah aya naikin, C kramik udah saya coba ganti, tapi hasilnya tetep. mungkin ada panduan untuk mengukur berapa saja teg. yang harusnya muncul pada rang. Regulator/FBT/CRT/dll,mungkin saya bisa menelusuri komponen mana yang rusak. oya Filamennya nyala kecil, keadana lampu indikatornya sudah standby. pas saya nyalain itu biasanya ada hentakan tapi, pas rusak ini jadi gx ada,ditunggu jawabannya ,warm regards.

Eko Supriyanto said...

KOKOQ : bunyi seperti itu disebabkan oleh flyback yg bocor, coba cari letak kebocoran dan tambal dengan menggunakan autosealer (beli di bengkel sepeda motor), kalau dibiarkan bisa menyebabkan horisontal putus / konslet jadinya monitor akan mati.

Eko Supriyanto said...

YAYANG : yang dimaksud gelap itu layar tidak ada gambar sama sekali atau masih ada gambar tapi gelap. kalau nggak ada gambar sama sekali berarti masalah bukan di screen atau c keramik RGB, coba baca semua panduan monitor II yg ada di blok ini , disana ada pengukuran tegangan rangkaian, menurut sy masalah ada di seputar horisontal.

Anonymous said...

sore mas....
monitor saya gtc primera tampil setengah layar bagian bawah saja. dan kadang kadang cuman kelihatan garis tipis aja..
rusak apanya ya.. and klo servis kira kira bujet keluar berapa...
thx sbelumnya

margo
mgd738@yahoo.com

Eko Supriyanto said...

Solder ulang IC vertikalnya. Baca Panduan monitor tentang vertikal di daftar isi blog ini...

MARGO said...

t

MARGO said...

mas udah saya coba and nda bisa akhirnya saya bawa ke tukang servis...
di ga sangup and pas saya bawa kerumah malah mati total..
tidak ada tampilan setengah layar dan bacaan no signal...

saya tanya balik dan saya balikin monitornya..
minta dibalikin ke kondisi sebelumnya...

kata dia kena ic program masuk akal nda...
layar menyempit mallah kena ic program...

atw bentuk kecurangan...

thx
mgd738@yahoo.com

Eko Supriyanto said...

MArgo :
kalau dilihat indikasinya seharusnya cuma bagian vertikal aja yg bermasalah, biasanya hanya solder ulang ic vertikal atau kalau sdh di solder ulang nggak bisa ganti elco disekitarnya, kalau tetep sama ganti ic vertikalnya.

Kalau merembet ke IC program saya belum pernah ngalami kecuali ada cipratan tenol yg nyangkut di jalur IC.

IC vertikal yg rusak/ konslet jg bisa menyebabkan matot, coba lepas ic vertikalnya dan nyalakan monitornya, kalau ada gambar garis putih horisontal ditengah layar berarti cuma ic vertikalnya saja....

MARGO said...

itu dia masalahnya mas...
kemarin dibawa tukang sevis malah mati total...
udah aku balikin ke tu tukang servis minta balikin ke kondisi awal aja...
dia masih ngulur waktu..
kayanya saya ditipu sama tu tukang sepis...
aku yakin juga cuma mati ic vertikal aja...
klo di getok bawah monitor bisa tampil full screen kooo..
and klo goyang dikit balik setengah atau garis aja...
eh kemarin kunyalain malah ga ada garis...
ku buka pelindung komponen tabung belakang yg dari seng udah ga ada, kabel2nya pada lepas...

MARGO said...

thx mas

aku heran sesama bangsa aja masih pada nipu...

bagaimana mau maju nie negara....

baru punya kedudukan (tukang serpis) kecil dah seperti itu...

gimana klo dapet yang besar ya, ancur nie....

mas ada solusi nda tuk adepin orang kaya gini.....

klo ngadu ilmu pasti aku kalah...

awam masalah elektro..

sayang banget ma nie GTC buat photoshop and corel warnanya bagus...

Eko Supriyanto said...

Margo : cari tempat servisan lain aja yg sekiranya bisa dipercaya.... mas. Jangan khawatir mas, tiap amal perbuatan manusia pasti ada balasannya ...

MARGO said...

thx mas...

pasti itu... tuhan maha adil and maha melihat....

aku lagi nunguin supaya dia balikin ke kondisi sebelumnya....

klo langsung bawa ketukang serpis lain keenakan dia ga ada tangung jawabnya....

..... :) ....

Unknown said...

Lam kenal mas Eko,

Aku ada permasalahan pada monitor CRT Trimax 15" tadinya kondisi normal cuma beberapa waktu saat pengoperasian kom sering ngedip dan akhirnya kemarin monitor gak ngangkat sama sekali cuma lampu standby nya masih ngedip... mohon infonya

Eko Supriyanto said...

Achmad :
kedip pas nyala itu menandakan flyback bocor dan mau rusak, dan sekarang kalau sudah mati berarti flybacknya sudah rusak dan efeknya mungkin transistor horisontalnya juga rusak.

Unknown said...

thx buat infonya mas, tapi setelah kemarin nyoba bongkar saya bingung juga mana bagian flybacknya monitor saya merek TRIMAX mohon bantuanyya kembali

Eko Supriyanto said...

Acmad :
fbt sangat mudah dikenali coba baca posting saya tentang flyback di Kerusakan - Kerusakan Pada Flyback

bajagu said...

Mas Eko ax mau tnya,
Monitor advance 14" wrna hitam digital matot, sbelum mati waktu ax colokin k stopkontak, tdngar bunyi 'pretek..' n ax tken tombl power jg mati n g'mau nyala, cma bnyi 'tik-tik' yg lmah.
Ax bgkar n cek tnyata fet K2545 pd reglator primer rusak n output v skunder yg da cma yg 80 volt tpi v tdk stabil antra 11-20volt (sllu brubah"), tpi stlah ax ganti fet-nya n ax nyalain, tmbul bnyi pretek lg dkuti terbkarnya smua kompnent yg thbung k kaki 3 K2545(plg kiri/tmpk dpan)yg jg mrpkan out dr ic KA 3842B, Smua tbkar tmasuk fed K2545 n ic reg KA3842B, pdhl sblumya ax test bag primer n skunder reg g' da yg rsak kompnentnya kec fet.
Kira" apnya yg rusak n yg hrs dganti..?
Nb.sblumnya normal ja n g' tsiram cairan/ kondsi pcb kring.
Makasih sbelumya ats bntuanya..

Eko Supriyanto said...

Bajagu:
Harusnya K2545 nggak rusak mas, masalahnya sudah keluar tegangan di sekundernya. Dan bunyi tik-tik lemah itu menandakan bahwa power suply bagian primer sudah bekerja tapi tertahan oleh bagian sekunder yg mengalami konslet / kerusakan komponen. Jadi kalau analisa sy yg rusak flybacknya karena sempat pertama dinyalakan bunyi pretexx.. Dan karena flyback rusak jadinya rangkaian keprotek dan tegangan menjadi turun semua.

Kalau setelah diganti fet malah kebakar semua, mungkin ada yg salah pasang atau ada cipratan timah pada waktu nyolder yg nempel di bagian power suply primernya.

Coba lepas FETnya dulu kemudian ganti semua yg terbakar dan nyalakan tanpa fet trus cek pin 7 ic3842, hrs keluar tegangan 12v dan pin 6 keluar 1-2v naik turun.

MARGO said...

halo mas eko...
mau tanya lagi nie, semoga nda bosen ya...
monitor samsung saya 17"
kenapa saat komputer nyala, dan monitor saya matikan (mau keluar rumah)
dan ga lama monitor saya nyalain, komputer saya jadi restart ya...
tapi klo colokan monitor dan komputer saya pisahkan dari stop kontak lain nda restart...
hal ini bisa merusak main board pc saya nda.

trim's mas sebelumnya.

Eko Supriyanto said...

Margo :
Angkatan samsung 17" kalau pas awal dinyalakan memang besar sehingga nyedot daya besar juga. Kalau Power Suply Komputer sudah lama biasanya komputer jadi restart karena Elco yg ada di power suply sudah mulai AUS.
kalau ini sering terjadi bisa merusak hardisknya bukan mainborad....
Jadi solusinya :
pisahkan stop kontaknya atau coba ganti power suply CPUnya ... tapi mending cara pertama aja yaa....

MARGO said...

sip mas terimakasih...
komputernya baru 2 bulan...
HDD and cd room, pake upgrade pc lama...

desain grafis,rental,internet said...

Mas.. Postingnya bagus banget dan sangat berguna nih..
tapi bisa ga kirimin aku dalam bentuk PDF nama komponen yng sering rusak dengan petunjuk pada PCB nya..
makasih mas..semoga bertambah pengetahuan nya..sukses..
email : dodo.yusuf@gmail.com

Eko Supriyanto said...

desain grafis,rental,internet :
soryy banget mas, saya sendiri gak punya diagram PCB dan kerusakan yg sering terjadi, karena memang gak ada, gak seperti HandPhone yg ada panduannya. Gini aja, kalau ada kerusakan kirim aja gambar PCB dan bentuk komponen diatasnya serta indikasi kerusakannya, Insya Allah saya akan bantu....

Eka Salman said...

Mas eko
Monitor saya LG T710S Fleet
saya mau tanya persamman dari mosfet 7N60B dan 10N20C apa ya mas, tolong dibantu ya mas, makasi

Eko Supriyanto said...

EKa Salman :
kalo FET pwr suply , ganti dengan K2141, atau FS7UM

MARGO said...

mumpung ada mas ekooo...
nanya lagiii nii mas..

monitor samsung crt flat 17" syncmaster magic cd173G ku...
kenapa kalo dinyalain gambarnya gelap yaa...
and teks jadi ngeblur...

tapi kalo udah lama dinyalain kembali normal terang...
yang rusak apa ya mas..

sebelumnya trimakasih mas....

Margo

Eko Supriyanto said...

MARGO :
yg sudah mulai rusak flybacknya pada bagian fokus dan screen. Kalo mau normal harus dicascade / di cangkok.
caranya baca di Cara Cascade / Cangkok Flyback Monitor

Eka Salman said...
This comment has been removed by the author.
Eka Salman said...

Mas Eko
info yg dikasi kemaren sudah berhasil. tapi mau nanya lagi ni
apa persamaan dari Mosfet untuk power supplay CPU no nya 40N03P

Makasi ya mas bantuannya.

Eka Salman

Eko Supriyanto said...

eka salman :
persamaannya K2141 dipasaran banyak...

Eka Salman said...

Mantap mas Eko
Makasi ya.

Eka Salman

Eka Salman said...

Mas eko
Monitor saya LG T710SH yg rusak bagian power supplaynya, kemaren saya coba hidupkan langsung Pret...ada bebrapa R nya terbakar dan fet nya juga. setelah saya ganti R dan Fet yg terbakar, saya coba lagi ya terbakar lagi saya jadi bingung kira2 apanya lagi ya mas. oya IC nya juga sudah saya ganti

Mas Eko
gimana caranya menghilangkan power yg ada di elco karna waktu saya service sering terkena setrum dari elconya.

Mohon imformasinya mas terima kasih

Salam

Eka Salman

Eko Supriyanto said...

EKA SALMAN :
cek semua dioda termasuk dioda ZENER, cek juga R yg ukurannya kecil banget sekitar 1 ohm-an...., biasanya sih ada dioda zener yg rusak...

kalo cara ngilangin tegangan simpan di elco : pake lampu pijar (BOLAM) 100W, kasih kabel trus colokin di kaki elconya.... itu paling AMAN,

CARA gak aman langsung pake OBENG dg mengkonsletkan kaki elconya...

MARGO said...

thx mas eko

tpi kalo cangkok kemungkinan rusak lagi nda...

ataw beli playback baru aja yaa..
masih ada yang jual nda mas playback baru..
dan kisaran berapa ya harga sekarang...

margo

Eka Salman said...

Mas Eko
Makasih Ya atas infonya, saya coba dulu. kalau sudah bisa saya infoin lagi.

Salam

Eka Salman

Eko Supriyanto said...

Margo :
kalo dicangkok biasanya awet mas..
kalo flyback baru ga ada harus modifikasi ...

Eka Salman said...

Yth Mas Eko

Mau tanya ni mas, Monitor saya Samsung 551V 15 Inchi
waktu dihidupkan normal tapi kalau kabel vga nya ditancapkan ke cpu monitornya jadi mati dan ada bunji tik. tik. tik dan lamu led nya kedip- kedip tapi tidak cepat.

Terima kasi infonya mas

Eka Salman

dollarman said...

Mas Eko
Monitor saya GTC 15 Ultimate digital mati dan ada bunyi tik tik tik.Apa yang rusak IC memory 93c56? Kalo ya letaknya sebelah mana, karena saya cari ga ada IC yang tulisannya 93c56. Mohon bantuannya, saya masih newbie!

Eko Supriyanto said...

EKA SALMAN :
mungkin flybacknya rusak atau cuma kabel datanya yg rusak...

DOLLARMAN :
GTC15 : kalau ic memory rusak kalau dinyalakan nyala, tp ketika disambung ke VGA CPU monitor akan stanby.
Kalau tik tik .... itu yg rusak TR Horisontalnya coba cek dan ganti kalau rusak.

MARGO said...

mas mau tanya...
palback monitor samasung 17" dibagian knop karet yang nempel ketabung atas.
keluar aliran listrin melingkar.
dan bunyi tek.... kenapa ya..

thx
GoNo

Eko Supriyanto said...

MARGO :
tegangan tingginya bocor mas....
ganti kop karetnya, bersihkan bekas bocoran listriknya dan kasih sedikit oli ....

Eka Salman said...

Yth Mas Eko

Mau tanya ni, apa ada software yg bisa mengunci post usb untuk Windows 7, karna comp. saya sering digunakan orang lain, sering kena virus.

Salam

Eka Salman

Eko Supriyanto said...

EKA SALMAN :
softwarenya saya belum tahu.
tapi bisa coba alternatif ini. yaitu disable USBnya di device manager. tapi kalo ini di disable berarti USB tidak bisa digunakan lagi.... kecuali di enable lagi.

Eka Salman said...

Mas Eko terima kasih infonya

Joko Tri Handoyo said...

resistor suplay tegangan ke IS vertikal terbakar... monitor HP s5502

adakah kemungkinan di sebab kan komponen lain yang short??

Eko Supriyanto said...

BLOGKU :
kemungkinan besar IC vertikal short / rusak..

widhie75 said...

Monitor saya Acer 17"

Biasanya saya pake resolusi 1152x864, tapi hari ini ada kerusakan dan cuma bisa dipake 800x600........kalau di-set ke high-res (diatas 1024x768), monitor-nya gelap..... kira-kira kerusakan-nya apa? susah atau gampang benerin nya?

thanx

Eko Supriyanto said...

widhie75 :
coba pastikan dulu, mungkin bisa juga windowsnya yg masalah di driver VGAnya, coba dengan monitor lain.

kalo CPU OK, berarti monitor sudah kena di modul VGAnya, susah benerinnya....

m.mulyadi_m said...

mas saya punya monitor LG kalau dinyalakan 1 menit langsung mati, kira2 apanya ya mas. terima kasih

Eko Supriyanto said...

m.mulyadi_m :
coba solder ulang blok RGB nya

Eka Salman said...

Mas Eko

Mau tanya gimana caranya memblock agar komputer saya tidak bisa digunakan untuk buka facebook.

Terima kasih mas

m.mulyadi_m said...

mas sy punya monitor LG kerusakanx gambar lebar dan melekung sdh sy ganti TR-H tetap aja g beruba, satu lagi mas merk sama awal dinyalakan gambar fokus lama-kelamaan gambar redup kira-kira apax ya mas, terima kasih

Lion Head (singakepala) said...
This comment has been removed by the author.
Lion Head (singakepala) said...

seperti pertanyaan mas Eka Salman

"Monitor saya LG T710S Fleet
saya mau tanya persamman dari mosfet 7N60B ...."

tp dlm kasus ini terjadi pada LCD monitor ACER. apakah K2141 / FS7UM bisa diaplikasikan pada LCD monitor Acer

boncel said...

monitor GTC model:1770 kerusakannya led power kedip-kedip,setelah sy ganti ic aero 24c08(masih kosong) hidup tapi gelap.service modenya gimana yach gan,mhn bantuanya,tanks

shinigami4212 said...

mas, monitor saya LG 1771 memiliki masalah sbb:
saat dcolokkan ke listrik, power led menyala dlm kondisi standby (orange). akan tetapi saat monitor mndapatkan sinyal, led tiba2 mati disertai bunyi "syuut" yg lirih dan led tsb tidak akan bs nyala lagi wlwpn tombol power (on/off) di tekan bbrp kali. led br bs nyala lg stlh koneksi listrik diputus kemudian dhubungkan lg. tetapi saat dberi sinyal lg, maka ttp saja akan mati lg sprti di atas...
kira2 kerusakan ada d bagian mana dan bgmn cara mengatasinya??
terima kasih.

belajar said...

slm knl mas

Unknown said...

maz
monitorku gejalanya gini, kalo baru pertama diidupin ndak langsung nyala, layar hitam. setelah nunggu beberapa menit/ kalo udah agak panas baru bisa nyala. truz dibarengi sama bunyi cetek-cetek gitu di bagian belakangnya . itu kenapa ya?

Fortunerman said...

Maz, Aq mo Jawaban nih, tolong dibantu yaaa. wek ku Monitor CRT GTC Millenia GM777 15", Tampilannya Hanya Setengah layar dari tengah ke atas doang, kadang2 rolling, tdk sama uk Font atas dan bawahnya. Aku dah cari VR untuk setting hrztl dan vertk koq gak ada yaa. Maz Eko, Kalo memory laptop tua hp nc8000 dg mem 512 pake DDR berapa yaa????, trus kalo di ganti/upgrade ke 1 Mega biayanya kira2 berapa???, please help me.

alialiali said...

Salam.kang eko..saya punya sony mhc gnz55d.saat kabel di colok ke listrik lampu std by dan nyala muncul demo standby.tapi setelah tombol power di tekan tidak hidup malah mati standby lg..mohon pencerahannya.trims

Template by : ekohasan.blogspot.com