25 November 2016, INFO TERBARU: TOP258PN Ready, Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Driverpack 17.3.1 edisi Januari 2016 (3 DVD), IC EPSON L120, L220, L310, L360, L1300. Resistor untuk Kasus P10/B200 MP258, IP2770, MP237, MP287, Dioda Schotky untuk Kasus EPSON Mati Total,IC Counter Canon yg tidak bisa di RESET, MG2570, MG2470, E400, ip2770, mp258, mp287, mp237, dll

Wednesday, October 14, 2009

Cara Servis Monitor LG Flatron 775FT Mati dengan Lampu Power Blink

Kemarin aku dapat servisan monitor 17 inch. Monitornya adalah LG Flatron 775FT 17" dengan kerusakan mati dengan lampu power blink. Lampu power blink merah kuning menyala secara bergantian. mau tahu cara servisnya ...?


Cara Servis Monitor LG Flatron 775FT Mati dengan Lampu Power Blink :

1. Bongkar monitornya dengan membuka 4 sekrup yang ada di tutup casing monitor.

2. Buka landasan Board Monitor.

3. Kerusakan Monitor LG Flatron 775FT Mati dengan Lampu Power Blink ini disebabkan oleh tegangan output power supply yang 15 volt mengalami kerusakan. Tegangan 15 volt ini digunakan untuk blok vertikal, program, oscilator, mode stanby. Dengan hilangnya tegangan 15 volt ini membuat monitor tidak bisa dinyalakan saat di pencet tombol powernya, dan lampu power akan nyala merah kuning bergantian secara cepat.

4. Cari Output 15 voltnya power supply, disana kalo diurutkan ada sebuah transistor switching untuk tegangan 15 volt. Biasanya transistor ini rusak dan IC yang memberikan input padanya juga rusak. Biasanya saya hanya mengakali rangkainnya dengan mencopot transistor yang rusak ini kemudian sambungkan bagian kolektor dan emitor di rangkaian, maka monitor akan segera nyala dengan normal.

Demikian pengalaman saya .... Selamat mencoba ......


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

10 komentar :

Anonymous said...

terimakasih sebelumnya. setelah menemukan blog ekohasan ini terasa menemukan harta karun. semua PR terselesaikan dengan sempurna, semoga anda mendapatkan pahala dan rizki yang banyak.
saya punya servis LG Flatron 775FC kasusnya sama Tr A1273 mati dan ic 7812 mati. sy ikuti petunju di atas.Tr di cabut dan jemper E dan C. 7812 dah di ganti. tapi masih tetep blink lalu setelah 5 detik kemudian berubah led Hijaunya saja yg blink dan relay pun bunyi clak clik clak clik apanya yah ??? mohon pencerahannya.
dataumum07@yahoo.co.id

Eko Supriyanto said...

jawaban pertanyaan

coba solder ulang bagian rgb/blok video, disana ada ic 7808 yaitu ic
yg menghasilkan tegangan 8 volt untuk ic video, biasanya solderan
lepas dan hasilnya bunyi cetek2x......

nugroho ingin bisa said...

ini dia panduan yg kucari2 selama ini.
begitu lengkap & free....
thank Bung.
gini Bung/Mas/Pak Dhe..
monitor LG hitam Flat 15" yg tombol powernya lengkung itu (lupa namanya),
di bagian agak pinggir, ada garis-garis tipis lengkung sedikit bergerak-gerak.
bagaimana cara menghilangkannya ya?
apakah memang produk itu kurang sempurna flat-nya atau gimana?
kalau resolusi atau frekuensi diubah, maka garis garis itu pindah tempat kadang hilang.
kata yg punya itu cukup mengganggu tp msh belum ketemu solusinya. pernah saya bawa ke LG serv cntr ktnya sdh normal, "tidak ada kok garisnya", katanya. Mgkn agak rabun si teknisi itu atau pura pura tidak melihat.
kembali ke topik, bgmn cara menghilangkannya..
thanks before

nugroho ingin bisa said...

How?

Eko Supriyanto said...

nugroho ingin bisa :

Kalau menurut saya : mungkin ground kabel data VGA nya kuarang banyak. Kalau kabel data VGA dibuka, kan ada kawat anyaman yg menyelubungi kabel lain didalamnya. Itu groundnya, monitor yg tahun baru biasanya groundnya lebih sedikit, ngirit kawat tembaga.

Atau kalau nggak, Elco u/ tegangan video 80v bocor ...

sobat said...

mas saya ada lcd lg flatron l177wsb,layar nya kemerahan dan agak redup,kira2 apa yang menjadi masalah

yulius said...

mas,,,aq punya monitor kayak mas nugroho,,tp masalahnya,,,monitor gk mau menyala dan lampu power berkedip trus,,,selain itu ada bau gosong juga,,,kira2x kenapa ya mas?tolong dibantu mas,,,terima kasih

yulius said...

terimakasih sebelumnya...

Eko Supriyanto said...

sobat :
inverternya mau rusak ...

YULIUS :
kemungkinan flybacknya..

Dian said...

ass, mas. Saya punya monitor LG Flatron L177WSB dan sudah saya pakai sejak tahun 2009. Baru-baru ini, monitor saya setiap dibangunkan dari stand by selalu redup duluan baru normal. Kadang redupnya agak lama. Kira2 permasalahannya apa mas? Oh iya, setingan windows saya dibikin Turn Off monitor after 5 minutes. Terima kasih, mas...

Template by : ekohasan.blogspot.com