03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Friday, February 5, 2010

Cara Servis Epson C90, T10, T11, T20 Catrdige Tidak Terdeteksi

Berikut ini saya akan mencoba berbagi mengenai printer epson Epson C90, T10, T11, T20, dan mungkin jenis TX yang tidak mendeteksi catridge. Cirinya walaupun printer epson sudah direset, tapi tetep saja lampu merah menyala terus. dan itu menandakan bahwa Catridge tidak terdeteksi.


Memang ada beberapa kemungkinan, Epson Catrdige Tidak Terdeteksi :

1. Catridge tidak pas terpasang di rumah catridge, caranya Lepas catridge dan pasang kembali

2. Pin catridge kotor. caranya : coba bersihkan dengan penghapus pensil di bagian yg saya kasih panah ini. Kalau diperlukan kerik aja dg menggunakan cutter. Tapi ngeriknya tipis aja...



3. catridge Epson memang rusak, berarti harus diganti

4. Board Printer Epson rusak. Lha tapi kalo boardnya yang rusak caranya gimana yaa....?

Berikut Cara Servis Epson C90, T10, T11, T20 Catrdige Tidak Terdeteksi :

1. Bongkar printer dan ambil boardnya. Cara menbongkar printer tidak akan saya ulas disini, Anda dapat membacanya di posting ini

2. Perhatikan gambar berikut ini, dibagian yg saya lingkari itu adalah "fuse atau sekring " kecil. simbolnya F, dan itulah penyebab kenapa catridge epson tidak terdeksi walaupun sudah diganti dengan catridge yang baru. jadi sekringnya putus. Anda dapat mengeceknya dengan menggunakan Multitester dengan OHMmeternya, kalo nggak menunjuk angka nol berarti sekring putus.


3. Ganti sekring yg putus itu dengan sekring yang masih OK anda dapat mencarinya di board komputer yang rusak. Atau kalo anda susah mencari, diakali aja dengan menggantinya pake kabel satu serabut saja (langsung dihubungkan / di jumper ). Tapi cara ini beresiko kalo terjadi konslet ulang.

4. Pasang kembali boardnya dan silahkan dicoba.

Kerusakan catridge epson tidak terdeteksi dengan ciri lampu merah menyala terus ini disebabkan oleh :
1. Konsletnya rumah catridge karena tinta yang bocor.
2. Kotoran dan debu yang lembab.
3. Faktor lainnya......

Selamat mencoba .....


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

191 komentar :

Anonymous said...

chip yg pake tombol reset emang suka gak detect, karena chipnya gabung... jadi masangnya harus pas dan kudu diteken, mendingan beli yang gak ada tombol resetnya alias chip tiap cartridge satu2x..saya pernah pasang yg ada tombol reset begitu terus , suka gak kedetek,, saya ganti aja yg gak ada tombol resetnya

Admin Printerceda said...

Thank infonya nanti aku mau coba praktekkan,

salam kenal sama kang eko

dan sama copi artikelnya untuk koleksi
hehee

Eko Supriyanto said...

@ Moh Aqib : makasih atas sharing pengalamannya,

@ kELOKO : SLAAM KENAL JUGA

eza374 said...

mohon bantuan...
saya mempunyai masalah catrdige tidak terdeteksi di printer TX111. sebelumnya printer diinfus trus ada masalah pas ngeprint tinta suka ada bercak, kemungkinan bocor. trus saya ganti cartridge infusnya dengan yang baru. semenjak diganti cartridge tidak mau kedetek, sudah gonta-ganti cartridge infus yang lain masih tetap sama. trus saya coba masukan cartridge ori bawaan printer masih sama juga. yang aneh saya masukan cartridge ori satu persatu dimasukan dan selalu yang terakhir dimasukkan tidak terdeteksi kalo yang lainnya bisa terdetek.
langkah-langkah yang ada di artikel ini sudah saya coba... tapi masih tetap begitu....
mohon bantuannya... thanx b'4!

Eko Supriyanto said...

Mas reza : saya belum pernah ada kasus semacam itu, coba dengan catridge infus yg nggak pake tombol reset barangkali bisa mas......

Muhammad Muhajirin said...

bagus banet smple , padat Mudah di mengerti,smoga bisa dilaksanakan,,,
btw....klu di lampu indikator... hijau dan merah apakh termasuk kategori cateride tak terdeteksi...??
kemungkinan kerusakan lainnya apa mas....

Eko Supriyanto said...

jirin : ada kemungkinan minta direset printernya coba cari artikel yang sesuai dengan printer kamu di blog ini....

anto_toto2000 said...

Maaf sy mo tanya,,printer sy tau2 mati sendiri.tombol on/off ditekan ga nyala padahal kabel dah nyolok dgn benar.waktu malam hari masih bisa ngeprint,printer tidak saya matiin.pas pagi hari nya sy mo ngeprint printer dah mati.kira2 apanya ya?skeringnya atau apa nya ya?.sebelumnya sy ucapkan terimakasih atas jawabannya.

Eko Supriyanto said...

Anto : kemungkinan besar printer mas anto rusak di power suplynya karena melihat indikasi mati karena semalam dinyalakan. coba bongkar dan cek output PS nya....

Khussal Zamlahani said...

ajaib....... 2 unit c90 saya nyala semua setelah dijumper fuse nya, tengkyu banyak suhu....

Zainul Arifin said...

mas di board saya koq cuman 1 fuse nya??? mohon pencerahan printer saya c90 trima kasih

Anonymous said...

bos printer ku lancar bisa prints tp g ada tulisanny...itu biasany knp?

Eko Supriyanto said...

tempat nongkrong : coba cek dulu fusenya kalo rusak coba jumper / ganti dulu.

ANONIM : head catrid lemah atau kadang catridgnya yg rusak

Anonymous said...

kang eko mu nanya ni apa kendalanya printer epson t11 lednya, kedip2nya bergantian kerusakannya dimana? mohon penjelasannya mkash

Eko Supriyanto said...

coba direset dulu kang ....

bisnis dan pendidikan said...

Printer epson t11 saya mati total kira2 apanya yah kang soalnya saya sudah cek adaptornya listrik masih keluar apakah dari boardnya? mohon pencerahan..

Eko Supriyanto said...

Bisnis : kalau adaptor masih ada tegangan kira2x 34v, berarti memang board rusak di chipsetnya / ic besarnya, kalau sudah ini yg rusak harus ganti total .....

Gun said...

saya punya Epson T 11 infus, berhubung lama tidak dipake tintanya kering (merah & biru), kemudian saya isi botol tinta infus tersebut. sebelumnya saya cleaning dulu, setelah itu tes print. tapi semua tinta bisa keluar, kecuali untuk cetah warna merah hasilnya berubah kuning, klu cetak warna magenta (merahmuda) hasil yang keluar biru.
tolong dong mas bagai mana solusinya agar warna merah bisa keluar sep[erti sebelumnya. thanks

Eko Supriyanto said...

GUN : coba pakai cairan khusus untuk mengatasi head yang macet karena tinta kering, misalnya duraklin. Dan ikuti petunjuk yang ada di produk tersebut, biasanya sih disuntikkan langsung ke headnya (lubang yg menonjol)

moeny said...

mas, printer saya t 11 habis saya bongkar karena ada suara krakkkkk, setelah itu aku coba, eeeh pinterku malah lampunya yang merah menyala terus dan catrid hanya diam dan geraknya sebentar, trus di power ada suara cisss sebentar. mohon solusinya ya mas

arip said...

mas,T11 saya kalo buat ngeprint hasilnya mesti ada warna kuning merah ijo sama hitam ngeblok kotak memanjang..jadi aku mesti buang kertas banyak setiap hari.. hasil teksnya si normal, tp kok ya mesti keluar kotak balok bersusun kuning merah ijo.. mohon solusinya mas..

Eko Supriyanto said...

MOENY : coba cek lg pasang encodernya (pita plastik tipis transparan dibelakang head, biasanya tidak pas ditengah sensor infra red dibelakang head catrid. kalo tidak pas maka head akan bergerak sebentar dan berhenti di tengah., bunyi crack itu disebabkan oleh ASF ada as gear yg patah...

ARIP : kalau menurut pengalaman saya, ada kerusakan cacat di headnya akibat konslet kena tinta.... dan ini tidak bisa diperbaiki harus diganti biasanya...

Anonymous said...

Assalamu'alaikum Kang Eko,

Salam kenal yah kang. Mau tanya nih...Printer Epson R210 saya abis ganti Cartridge nya 1 set (udah lama nganggur). Semua Catridge dah terpasang. Masalahnya 1 catridge (Light Magenta) ga ke detek (Catridge Led nyala terus). Kira-kira masalahnya ada di Catridge ato di mobo yah. Terima kasih sebelumnya.

Eko Supriyanto said...

coba bersihkan pin u/ catrid magentanya / mungkin kotor bersihkan juga yg di rumah headnya,

arip said...

mas, klo di printer epson kan ada penampungan tinta pembuangan. 1 sebelah kanan yg langsung bisa di modif dg mengeluarkan slang nya, dan yg 1 lagi sebelah kiri yang agak susah buat modif pembuangannya. mungkin mas ada cara buatnya biar aku tidak perlu bongkar printer u/ nguras tinta sisa yg di sebelah kiri. thanks

Eko Supriyanto said...

Arip : kalao saya biasanya hanya pembuangan yg kanan aja, karena volume buangnya sedikit. Oya untuk catrid epson yg keluarnya dulu ngeblok coba ganti kabel data head nya ....

gen said...

mohon d bantu sy punya epson catridge ngak terbaca udah tak coba tak caba tak besrsihkan chip catridge tatap sama

arip said...

ok.. thanks sarannya, nanti saya cari kanibalannya, soalnya temen saya jg bilang gitu mesti ganti kabel datanya.

Eko Supriyanto said...

gen : coba ganti catrid dulu kalau masih gak kedetek mungkin sekring board putus.....

arip said...

mas, sori mau tanyak lagi..
pertama kan sy pake T11 modif, berhubung T11nya error kepaksa aku beli lagi T20, biar agak irit dana modif bekas T11 aku pindah ke T20. anehnya.. tiap kali indikator tinta habis mestinya kan itu ngereset otomatis, tp di T20 kok gak bisa otomatis jd mesti ditekan 3x baru bisa. la anehnya lagi pas kl saya klik di menu printernya buat ngereplace printer error gak mau ngereplace catrid jd tetep merah meskipun waktu direplace head gerak² kekiri dan kanan. la bisa catrid modifnya di pindah ke T11 lagi baru mau ngereplace dan bongkar lagi dipasang ke T20.. apa memang gak cocok catridnya apa gimana ya?? makasi banyak mas sebelum nya.

Eko Supriyanto said...

arip : sebenarnya type catrid T11 dan T20 sama, mungkin catrid sudah cacat, karena catrid infus ini sangat rentan terhadap listrik apalagi kalau tiba2x listrik mati sewaktu ngeprint...

Unknown said...

thank's allot epson ane tadinya ngeblink merah,,, ane gosok2 trus aja pake tu penghapus... simsalabim sembuh

M. Shyhab Azzouhry said...

mas saya baru beli epson T11 dan langsung saya infus. tapi knp printer tdk mau mendeteksi catridgenya. padahal baru beli juga. dan dah 2x beli catridge infus untuk T11, tapi tetap saja tidak mau mendeteksi. tolong mas. saya tunggu balasannya

debilload said...

ini baru blog kereeeeeeeeeennn abis...makasih mas eko..mas printer epson tx300f saya recognition ink terus..dah infus pake chip..mohon pencerahannya...

Eko Supriyanto said...

zouhriex :
kalau catridnya pasti OK, berarti masalah diboardnya, sudah dicek fusenya belum seperti penjelasan saya di atas. biasanya fuse putus, jd catrid ga' detect.

debilload :
saya sendiri belum pernah pegang TX300F mas, tapi kalau menurut saya catrid infus kurang cocok dengan TX300 tersebut, sehiggga nggak dikenali ....
kalau pake catrid aslinya bisa kannn...?

M. Shyhab Azzouhry said...

kan printer baru kang..... gimana kang. belum di pake sama sekali..

Eko Supriyanto said...

zouhriex :
pakai catrid aslinya mau pa ga' mas, kalau mau berarti masalah ada di catrid infus (rusak), kalau dipasang catrid asli tetep ga' detect berarti masalah ada di boardnya, karena memang T11 sering banget kena fusenya, ini dikarenakan catrid yg konslet ....

M. Shyhab Azzouhry said...

ya udah saya coba.... makasih ya kang eko. bloggers akang bener-bener yang terbaik. saya bisa mengetahui semuanya karna akang. sekali lagi terima kasih banyak....

Unknown said...

Master..numpang tnya, klo t11 di cleaning bs, tp lek buat ngprint g bs, lampu hijau mati n lampu merah nyala kedip"....
Mohon pencerahannya....terima kasih banyak...bloknya sangat membantu....
@ Taufik @

Eko Supriyanto said...

Opicks :
saya pernah ngalami hal itu dan belum terpecahkan, kalau analisa saya chipset boardnya sudah cacat, mungkin akibat pernah konslet fuse catridnya....

Mungkin ada temen2x lain yg ngalami hal yg sama,.... di sharing yaa...

A Tong said...

salam kenal semuanya, boleh sharing ga masalah logic board pada canon IX4000 / IX5000, bagaimana cara service board untuk type printer ini. masalahnya kedip 15x lampu orange, mohon bantuannya, thanx!

Eko Supriyanto said...

A tong :
15x blink, maaf nih mas, belum tahu mungkin ada temen2x lain yg tahu dan pernah ngalami canon IX4000 / IX5000 kedip 15x lampu orange..?

jjorrro said...

wadoh pusing nih low catridge g ke detek, , ,bikin pala pusing, , ,epson stylus TX111 kayanya sering bagt kaya gtu, , ,pa kira2 ada tips tersendiri biar awet & normal trs

Eko Supriyanto said...

Joreee:
tipsnya kalau ngeprint banyak harus ada istirahatnya 10 lembar berhenti dulu sebentar trus lanjutin lg, agar head atau catrid tidak terlalu panas....

Unknown said...

TERRRRRRRIMA KASIH SEKALI RESETTER T20E-NYA BERKAT BOSSS PRINTER SAYA NORMAL KEMBALI. SEKALI LAGI SAYA UCAPKAN TERIMA KASIH, SEMOGA AMAL BAIKNYA MENDAPATKAN IMBALAN YANG SETIMPAL. AMINNN

Unknown said...

MAKASIH YAH BOSSS

Dimas Tri Wardoyo said...

mas eko makasih atas informasinya n sya mo tanya cara nglepasin fuse n diodanya pke alat apa ya mas?
pada mb c90 atau sjenisnya..
n sya coba tes mbny malah terbakar ic nya mslhny apa ya?ap mungkin saat itu saya g sengaja ngonsletin kondesatorny y mas??

Eko Supriyanto said...

ALDI :
MAKASIH KEMBALI.....

DEEMAZ TRI:
Nyopot dioda pake solder biasa.
kalo dioda konslet dan langsung dicoba dapat menyebabkan IC kebakar. Jadi kalau service printer dg board mati ngeceknya sebentar aja, trus langsung cek dioda, kalau konslet langsung ganti sebelum merembet ke ICnya. kalau sudah kena IC harus dikanibal dg IC yg sama.

Manggumen said...

mas.. mohon bantuannya
saya punya printer epson C90 infusan.
untuk warna birunya g kedetek..
sudah saya coba dengan catrid ori tetap g detek,trus saya coba pasang chip pada catrid yang normal ke catrid biru tadi,tetap g detek juga,dan Chip bawaan catrid biru saya coba pasang ke catrid lain ternyata g ada masalah pada chip.
saya sudah berusaha membersihkan kaki-kaki pada pin dan papan PCB kecil untuk menghubungkan smua catrid.Alhasil tetap tidak detek.
Trus saya coba bongkar smua,dan saya lihat Mainboardnya,kok fusenya g ada mas,ada yang mirip,tapi kodenya D1,saya coba lepas D1 tersebut,dan saya tester dgn AVO meter,hasilnya menunjukkan angka nol.
kira-kira apa ya mas yang bermasalah? mohon pencerahannya..maaf merepotkan mas Eko.

Manggumen said...

maaf mas eko nambah lagi,untuk dioda masih normal hehehe,tadi saya cari gmn cara cek dioda,saya g tau anoda dan katodanya,tapi saya coba tester bolak balik,ada yang menunjukkan angka nol dan tidak menunjukkan angka nol.
nah untuk fuse..yang ada hanya fuse keil aja,yang kode F2 g ada,yang kode F3 ada tapi kecil banget mas.
sementara itu aja dulu mas Eko.

Eko Supriyanto said...

Manggumen :
Kalau hanya warna biru saja yg ga kedetek, mungkin yg rusak adalah board kecil tempat menempelnya pin catrid. Tapi coba test dulu Fusenya, cek aja yg ada tulisan F. kalau bagus berarti, coba ganti board yg saya maksud itu, letaknya dibagian belakang head jd harus bongkar headnya ....

Manggumen said...

klo fuse yang kecil itu,tanpa harus dilepas bisa di cek g mas?
soalnya klo ngelepas..takutnya malah putus karena panasnya solder.
Board yang kecil udah saya bersihkan juga(secara visual kondisi baik),kira2 klo ganti itu belinya di tukang service ato di toko elektronik mas? harganya kisaran berapa ya?

Eko Supriyanto said...

Manggumen :
bisa mas, cek pake ohmmeter kalau bolak balik menunjuk 0 berarti fuse baik. ... dipasaran ga' ada, biasanya saya jumper tapi tak pastikan dulu rumah catridnya OK....

Eko Supriyanto said...

YUDA :
Type Catrid harus sesuai, jadi serinya harus sama, jd harus beli catrid yg sesuai.... Catrid C45 dan T11 beda ...

Anuku Ada Lima said...

buat epson TX111 cara tersebut diatas bisa gak ya ms eko?krn printer epson TX111ku +CISS baru 2 minggu udah error indicator catrdigenya jadi item...biasanyakan ada tanda silang warna merah la ini tidak,item aja....itu kenapa ya ms?


jumper seperti cara diatas kalo cuman ditutupin pakai tenol bisa gak ya ms?jadi fusenya itu aku tutup semua pakai tenol kiri kananny jadi satu sekarang.bsa gak yaah?

Eko Supriyanto said...

YUDA :
Kalau fusenya putus harus diganti dulu atau dijumper (beresiko). karena fuse ini yg mengenali catrid. pakai fuse mainboard, kalau fuse bulet cari yg amperenya paling kecil...

ANUKU :
Mungkin catridnya yg bermasalah, kalau kerusakan epson rata2x sama, dan bisa dijumper dengan cara yg anda sebutkan tadi...

bnu4shared said...

T11 saya konslet,dan ic6 nya terbakar...baordnya saya gnti pake board c90,printer mau nyala tp cartridge gk detek..saya ganti pake catrit lain tetap gk detek,saya reset tetep gk bisa..apa saya mesti ganti headnya dg head c90 juga mas? thanks atas infox..mudah2an ilmu anda nambah teruzzz..

Eko Supriyanto said...

bnu4shared :
board T11 dan C90 beda mas, dan rumah catridnya juga beda jadi tidak bisa digunakan untuk kanibalan...

Unknown said...

MAS MINTA TOLONG GIMANA CARA OTOMATISKAN arc NYA TX111 SPERTI ARCNYA C90 habis reset melulu capek pencet chipnya gak seperti c90 otomatis reset

Eko Supriyanto said...

KOCLOK :
caranya nggak ada harus diganti catrid infusnya yg autoreset ....

Eko Supriyanto said...

AFINDA :
kalo dah kondisi kaya gitu kadang detek kadang ga, catridgenya berarti dah lemah dan minta diganti .....

Skywriter said...

mo nanya kang, klo epson T20E gak keluar tinta birunya kenapa ya?? dah coba bongkar, trus dilap pake tisu basah (pake air hangat), trus coba ditiup lubang tinta di printheadnya ada keluar dikit.. tapi ketika coba print tetep gak keluar... kira2 kenapa ya kang??

Eko Supriyanto said...

Skywriter :

kalo dah dicoba cara itu dan hasil masih sama aja, berarti headnya heaternya sudah lemah mas, heater itu tugasnya manasi tinta biar bisa encer dan keluar,

dan kalo kondisinya sudah kayak gitu berarti cara 1 1 nya hars ganti head...

Skywriter said...

hmm gitu ya.. kira-kira bagian heater itu yang mana ya?? bisa kasih gambarnya gak kang?

Eko Supriyanto said...

Skywriter :
heater itu letaknya didalam head dan dah jadi satu sama head. So ga bisa dibongkar mas...
Saya pernah ngalami konslet catrid HP, heaternya bekerja over sehingga tinta ngalir kayak air....

Unknown said...

mas eko artikel anda benar2 sangat bagus sekali, printhead saya g ke deteck padahal bru aj beli. dh saya bw service ternyata harus ganti printhead yg hargax hampir sama dengan printer baru. saya mau mencoba mengganti printhead seperti yang mas tulis diartikelx cmn saya masih bingung bagaimana cara melepaskan body printerx. mohon kirimkan tutorialx ke email saya di nakal_garuda@yahoo.com.
makasih sebelumnya dabn sukses buat blogx

Unknown said...

maaf ralat pertanyaan saya tadi, saya sudah bonkar bodyx n dh ktemu boardx. tp saya liat diboardx tidak ada fusex yg ada cmn kode F2 dan F3 apa yg hrus saya lakuin mas, apa saya jumper atau gmn, D1 nya normal aj nunjukin angka 0.

dicken said...

bos..
klo printer gw ga kedetek cartridge gmn ya?
kan tulisannya pak eko bilang dilepas trus dipasang lagi.
gmn tu caranya?
printer gw epson tx111
thx a lot b4...

Eko Supriyanto said...

SIN :
F2 dan F3 itu sekringnya, kalo ditest pake ohm meter bolak balik nunjuk angka Nol berarti sekring bagus (di blog ada cara ukur kabel / sekring)

Kalo dioda yg bagus : test pertama pake ohm meter jalan tp tdk menunjuk nol, dibalik harus tidak jalan .... (di blog jg ada cara cek dioda)

Eko Supriyanto said...

DICKEN :
catridnya / tabung tintanya aja yg dilepas, trus bersihkan pinnya dan pasang lagi...

hasta said...

mas printer epson T11 yg sy psg infus, dlnya bagus2 aja, skrg tiba2 nyala lampu merahnya, sy reset software jg g mw, diliat dipropertiesnya catridge warna hitam, kuning sm birunya g terdeteksi, jd cm merah yg terdeteksi, gmn y mengetasinya? thank's b4

Eko Supriyanto said...

HASTA :
COBA ikuti cara di posting di atas.... tapi kemungkinan besar catridnya rusak

Unknown said...

mau nanya ni mas kan saya make stylus tx 111 epson nhah saya udah lakukan semua intruksi yang ada di berbagai tulisan tentang perbaikan mulai dari reset,lepas katrid,bersihkan chip tekan tombol reset tetep aja ga fungsi padahal saat terakir saya pake masi lancar eh saya matiin 10an menit trus di idupin tiba2 udah hang n lampu nyala merah kadang kedip2 perbaikannya gmana ya mas>??? thanks

Eko Supriyanto said...

GIEARIE :
mungkin printer butuh reset mas, coba direset pakai program yg ada diblog ini. cari lewat search...

Unknown said...

maaf mas mau nanya, saya punya epson T11 sudah dipasang infus, waktu tinta hitam habis ga bisa isi otomatis (tampilanya replace catridge) tapi di replace ga bisa2 (lampu merah tetap nyala) saya ganti catride infus baru berjalan baik, tapi setelah tinta hitam habis kembali minta replace catridge, ga ngisi otomatis dan di replace tetap tidak bisa. minta tolong solusinya. trims

Eko Supriyanto said...

KANG ROCHIM ;
masalah ada di kualitas catrid infusnya itu sendiri, coba cari catrid infus yg auto reset jadi kalau habis, ngreset sendiri...

prabaya said...

tanya mas?
Print epson T20E, power OK, Head OK bisa bergerak normal, tetapi kendalanya setelah Head Catridge berhenti di kanan LAMPU LED MERAH menyala (berkedip-kedip) terus menerus sedangkan lampu power mati.

Kerusakannya terjadi dimana mas?

atas informasinya terima kasih.

Eko Supriyanto said...

PRABAYA :
itu menandakan catrid tidak terdeteksi oleh printer :

kemungkinannya :
1. catrid rusak
2. board putus sekringnya.
3. kabel head ada yg putus.

Semua artikel tentang kerusakan itu sudah pernah saya posting, cari lewat menu search di blog ini.

Ahmad Hidayat said...

mas, printer sya epson t11 tinta hitamnya keluar, tapi suka ada garis2 putih gitu mas, didiemin lama normal lagi, tapi baru print beberapa lembar gitu lagi, mohon solusinya ya mas.....!!!!

Eko Supriyanto said...

YAYEK :
kemungkinan saluran tinta terhambat / tersumbat. pastikan saluran tinta lancar tidak tersumbat...
Masalahnya cuma itu.... karena didiamkan masih ngeprint normal.

dirman said...

salam kenal mas eko....saya mau tanya mas,printer saya t20e kalo saya nyalakan setelah catridge berhenti kekanan maka ada bunyi "ceeesss" cm sbentar,disusul lampu merah kedip2..kemudian dilayar ada tulisan general error...mohon pencerahannya mas eko???thank's before

opOae said...

fuse d PS c90 sy tiap dgnti dan kabel power dcolokan fusenya pst lgsg putus...kira2 yg konslet komponen yg mana ya kang..??mksi kang eko...

Eko Supriyanto said...

DIRMAN :
kalo dikanan kemungkinan rusaknya di purge unitnya (pembersih tintanya), coba dibersihkan, jika perlu ganti....

SONY :
cek mosfetnya..../ STR

opOae said...

mosfet udh q cb lepas tp ko fuse msih ptus trs y kang...?? gulungan spul yg dekat kabel power pa bs jd mslahnya ya kang...?? kl emang iya , apa ada beli komponen itu...? mksi skali lg kang eko..

Eko Supriyanto said...

SONY :
sebelum mosfet ada komponen, ELCO dan dioda bridge (penyearah). cek 2 komponen ini...

opOae said...

mksi pncerahanx kang eko...pnjelasan kang eko sngat berguna skali...mksi..

opOae said...

maaf kang..mw tanya lg nih...
no utk mosfet PS c90 itu brp y kang dan kalo beli dpasaran ada ngak y...?
untuk persamaanx ada ngk y..??
mksi y kang eko....

Eko Supriyanto said...

SONY :
trus terang saya sendiri belum pernah bongkar untuk yg C90, biasanya di pasaran komponen ini jarang ada, jd harus kanibalan, harga kisaran 7-30rb an

opOae said...

mksi kang...sya udh muter2 dan kyknya utk yg prsis kyak itu emang gak ada d pasarn...skali lg mksi atas wktux kang...

aas said...

mas maunaya, epson T11 aku ngadat gagara di reset manual, memeng blinking sembuh tapi ko jadi eps s20 ya aku cari drivernya, malah catridge ga ke baca, saya beli lagi yang baru, tetep ( ink catridge not recognized ) di replace tetep (ink not compertible ) gimana yah mas solusinya? tolong dong bantu

Eko Supriyanto said...

AAS :
untuk reset manual memang, bisa nyebabkan berubah drivernya...
untuk ngembalikan ke T11 lagi terus terang saya belum tahu caranya...
Mungkin ada yg bisa bantu AAS...?

Unknown said...

kang eko aq pnya printer epson tx101 hbs aq head claning kok tb2 lampu merah nyla trus cartridg kok gak gerak tolong di bantu

candimorno said...

bang eko aq punya trobel printer tx111
waktu aq nyalakan printx headx gk gerak sama sekali.cuman respon lampu scanerx saja itupun 2detik saja.
berkali..2X aq nyalakan tetep headx gk gerak sama sekali lampu indikator power nyala hijau klap-klip -/+ 20detik setelah itu nyala merah d indikator tinta setetes & kertas.....as roda nya pun gak bergerak sama sekali...tolong pencerahannya
trims

Eko Supriyanto said...

EDO :
printer gak detek catrid, coba lepas catrid, kerik pinnya trus pasang lagi....

CANDIMORNO :
sama kasusnya cek catridnya

budianto said...

cak eko printer t11 awalnya sulit detek catrid, setelah bisa detek aku pake ngeprin mb panas dan ngebling, setelah aku cek dengan reseter komennya transistornya panas gimana solusinya? yg mana transistornya t11?

Eko Supriyanto said...

BUDIANTO :
cek dioda di boardnya, saya dah pernah posting tentang epson catrid tidak terdeteksi. coba cari di menu search...

budianto said...

mboard hidup dan sudah bisa detek caddtrid bahkan udah bisa cliner, tapi setiap test prin kertas jalan dikit terus blink dan mboard panas, dan apabila di cansel lampu hijau kemabi. setelah aku cek dg resetter komentarnya kerusakan trasistor temperatur. gimana solusinya? Trim atas infonya

Eko Supriyanto said...

BUDIANTO :
coba ini mas...:
t60 masalahnya bukan di Dioda tp transistor Supply Head, seri TT3034/TT3043 yg hrs diganti.

Unknown said...

Punya saya Epson C90, catridge g mau detect, tapi setelah saya jumper menurut instruksi saudara EKO, malah terjadi konsleting pada headnya, jdi sekarang yg mau saya tanyakan, gmana cara mengatasinya, apakah saudara ada solusi lain?

Eko Supriyanto said...

metal_666 :
Sebenarnya penyebab putusnya fuse itu adalah konsletnya head akibat kena tinta. terkadang tinta sudah kering sehingga head normal kembali dan dengan di jumper masalah dapat terselesaikan.

tapi kalo headnya masih konslet akibat tinta yg basah, maka akan keluar asap di sekitar head karena jumper tidak bisa putus sendiri seperti fuse.

saran : coba bongkar headnya dan besihkan semua bagiannya, mudah2x an masih bisa...

Ansor said...

bang nanya neh, aku baru ganti head t11 tapi stleah di nyalain headnya berenti di bagian kanan print lama banget lampunya nayala terus merah ink catridge ga k ditek di status monitor?

apa ada sofwer untuk ganti head atw ada kendala lain tuh?

Eko Supriyanto said...

Anshoruddin :
itu rusak catridnya msa, catrid tidak terdeteksi, coba ambil catridnya bersihkan pinnya trus pasang lagi kalo masih sama coba ganti catridnya....

Unknown said...

salam kenal...
saya mw tanya
printer saya epson T20
hasil print tinta hitamnya bermasalah, tulisannya putus2..
solusinya gmna mas ?
saya sudah head cleaning tetep aja bgitu mas,,
cman di tinta hitamnya yang bermasalah.

Eko Supriyanto said...

AWIE :
coba ganti catrid originalnya dulu mas kalo masih ada, untuk memastikan headnya rusak pa nggak....

atau coba rendam head dengan air panas...

Ipar Saparudin said...

mas saya mau nanya,,kalau board nya epson t20 di ganti dengan epson c90...gmana mas bisa gk? saya coba,,,udah nyala tapi lampu indikator merah menyala,,,di replace ink cattridge juga,,,tida mau mengisi tinta...kira2 apanya ya mas...mohon bantuanh ny?????????

Eko Supriyanto said...

Ipar Saparudin :
board c90 tidak bisa diganti dg T20. ya itu tadi mas, catridgenya tidak akan bisa terdeteksi...

Eza Parker Gigz said...

mas, sy punya epson t13 baru beli,
uda di modif, setelah melakukan print +- 10 lembar, hasilnya buram,,,trus saya lakukan cleanheed sebanyak 2x...
setelah itu sy coba print lagi,,,trus keluar perintah "ink catridge not recognize"

minta solusinya dunk?

Eko Supriyanto said...

EZA :
memang banyak yg ngalami hal ini.
mungkin karena memang banyak errornya.

coba bersihkan pin catridnya kalo perlu kerik dan pastikan memasangnya dengan benar dan pas.

DR.46 said...

mas eko yang terhormat saya mau tanya nih mas....

saya kan punya t11 mas yang dipasang system cartrid infus,,nah masalahnya mas ketika saya lagi ngeprint tiba-tiba mati lampu,,pas saya hidupkan kembali cartridge black saya tidak terdetect mas....lalu saya coba pasang cartrid aslinya

cartrid aslinya dari pertama beli saya masukan dusnya mas,,memang kondisinya sangat kotor mas tidak saya bersihkan langsung saya pasang dan tidak terdetect juga mas

kan saya baca artikel mas eko bila tidak cartrid nya yang memang rusak kemungkinan board nya mas,,,tapi saya ingin tanyakan mas,,apa mungkin head/rumah cartrid nya rusak mas sehingga cartrid tidak terbaca??apa ada kemungkinan headnya harus diganti apa memang kalau cartridnya bagus berarti yang rusak di bagian boardnya mas,,soalnya saya bingung mas mw ganti head/cartrid....takut salah beli nanti

mohon bantuannya ya mas eko....terima kasih

bedjo said...

mas eko... mohon dong ditambahkan ulasan bagaimana cara ganti head untuk epson t20. lagi bingung nih... dah beli head eh... mau ganti bingung bongkarnya. atau kalo berkenan langsung email aja ke irfanmu@gmail.com
terimakasih sebelumnya.

Eko Supriyanto said...

DR 46 :
kelemahan catrid infus memang gitu mas, pas ngeprint ditengah jalan listrik mati, bisa nyebabkan catrid ikut mati. Jadi kalo menurut saya hanya catridnya saja yg rusak, karena yg warna masih detect. bukan board ato headnya. Catrid aslinya mungkin jg sudah rusak.

Muhammad :
saya pernah posting epson hasil print ngeblok. disearch aja dg kata kunci tsb. di situ ada cara lepas head dan ganti kabel

Unknown said...

malem mas eko mohon bantuannya ya....
sy pny epson c90 tadinya pake infus. ke 4 tinta gk mau keluar, kayak minta di clean, sdh tak clean berkali2 tetep aja gitu.
tak coba ganti cartridge yg asli malah warna birunya gk detek, jd pusing sy mas... tolong dibantuin solusinya mas eko
terima kasih.

Eko Supriyanto said...

BODOLAN :
head harus coba dicleaning menggunakan cairan cleaner head. biasanya di produknya ada cara pakainya...

Saya Manusiahero2011 said...

mas kalo prnutup tinta di botol saya buka apa akan ada masalah?? yah kata teori sih tekanan udara dapat mempercepat jalannya tinta di selang?? apa itu benar?? mohon pencerahanny dinkz..

Eko Supriyanto said...

DREAM Book :
penutup botol ada 2, yg satu untuk isi tinta : ini dibuka dan ditutup, nggak ngaruh sama aliran tinta.

tutup yg satunya lagi untuk pernafasan tinta : harus dibuka..

Unknown said...

Mas eko numpang tanya T11 mati terus ganti dioda jadi nyala tapi gak isa detect carteridge kenapa ya, saya udah coba pake motherboard lain printer dan chips carteridgenya baik2baik saja. mohon bantuan terimakasih.

Unknown said...

tambahan dikit mas chipsnya juga jadi panas banget setelah ganti dioda.

arsyad said...

mas mw tanya fuse board c90 (f3) sy gk putus tp catridge jg blom kebaca
gimana tu mas
apa ada yg rusak selain itu
soalnya catridge sdh tha ganti baru
chip depan head jg sdh diganti tp tetep gk ndetek
mohon bantuannya mas eka
matur suwun

Eko Supriyanto said...

pinkrosekng dan arsyad :
sudah coba ganti kabel flexibelnya ?
kalo sudah ganti tetep sama berarti headnya (rumah catridnya) sudah konslet. putusnya sekring biasanya karena rumah catrid / head konslet karena tinta

arsyad said...

iya rasanya nih mas skrg th ganti rumah headnya dh bisa th balikin yg aslinya lagi gk bisa.
mantab mas
matur tengkyu

AKR said...

Terima kasih atas infonya

Erictea said...

Mau ikutan kursus nih...to the point ja ya, Saya mau nanya ni mas Eko kl waktu printer lagi ngebaca catridnya lama banget kenapa ya?, terus setelah ngebaca hasilnya tintanya semua g kebaca dah saya coba pake catrid baru, kabel, chip, head, masih sama...yg belum saya otak atik main boardnya ja....
Terima kasih...

Eko Supriyanto said...

erictea06 :
coba cek fuse di mainboardnya

indra tri santoso said...

kang eko , saya mau tanya " kenapa kok cardtrigde kuning saja yang tidak bisa terdeteksi....???

dan salam kenal aja.

Eko Supriyanto said...

indra tri santoso :
bersihkan/kerik dulu pin catridnya, kalo sudah tetep sama coba ganti catridnya.

Anonymous said...

bang eko mohon pencerahannya:apabila t11 waktu pertama kali nyala trus detec cadtride setelah ngelining satu kali bergerak k kanan trus bunyi "sstststtstngng" kyk orak berbisik trus lampu ngenlink
kira2 apanaya ya itu bang????

Rumah Kita said...

om mohon bantuannya...printer aq baru u suntik tinta,tapi di catridnya aq lubangin bagian atasnya...habis selesai gue suntik lalu gue tancepkan lagi di tempatnya...hasilnya ada tombol silang warna merah...gimana cara mengatasinya om....

Unknown said...

bang eko mohon pencerahannya:apabila t11 waktu pertama kali nyala trus detec cadtride setelah ngelining satu kali bergerak k kanan trus bunyi "sstststtstngng" kyk orak berbisik trus lampu bling-bling merah trus. keterangannya general error. tp catridgex kebaca.
kira2 apanaya ya itu bang????

PLANET KOMPUTER AREK PALL said...

mas,T11 saya kalo buat ngeprint hasilnya mesti ada warna kuning merah ijo sama hitam ngeblok kotak memanjang..jadi aku mesti buang kertas banyak setiap hari.. hasil teksnya si normal, tp kok ya mesti keluar kotak balok bersusun kuning merah ijo.. mohon solusinya mas..

arie said...

bang eko kalau printer epson r290 lampu ngeblink tanda catridge ngak konek udah diganti tetap aja ngk konek.knpa ya..

Dedy said...

mohon bantuan...lampu merah menyala terus, meskipun ditekan bolak balik katrid tetep diam!!!awalnya tinta hitam g kluar,kmdian saya buka katrid dan memasngnya kembali,hasilnya seperti diatas tadi...mohon solusinya mas...makasi

Avis said...

salam kenal..
bang eko, sy punya r230.
untuk test & head cleaning hasilnya baik (tidak ada yang putus).
tapi pada saat print photo dengan kualitas Best Photo & Photo RPM, maka hasil cetak berwarna keabu-abuan.
sedangkan untuk print photo dengan setting normal & photo hasilnya normal.
tolong cara mengatasinya...
thanks so much..
avis

Dedy said...

kang eko...saya coba buka encodernya trs pasang lg,hasilnya tetep katrid g mau gerak,dan warna merah nyala...apa ada solusinya???trims...

SAIFUDDIN ASRO said...

mas saya mau tanya cartrid printerq yang hitam g detect padahal sudah tak bersihkan, sudah tak ganti tp kok masih tidak detect jg gmn cara ngatasinya mas, mohon pencerahan

SERBA SERBI said...

mas mo nanya nich..,printer sy epson T11 hasilnya kok kurang maksimal y..,tiap kali sya buat ngprint kok hasilnya bergaris terus ya mas..,misal sy print bentuk lingkaran yg dikasih warna pasti hasilnya bergaris garis mas tidak penuh diwarnanya...n misal saya cleaning kok tiba2 ada suara cessss(kaya ban gembes) mas n abz itu warna hijau mati n warnany merah yg nyala...sebelumnya terima kasih y mas maap tulisan sy mgkin kebanyakan mas ....

Tulus Farolan said...

Kang Eko, mohon bantuannya... printer Epson T20e (infus), klo sedang mencetak, hasil cetakannya sering ngeblok warna-warni, sehingga harus mencoba beberapa lembar untuk mendapatkan hasil yg baik. Akhirnya saya beli lagi Epson T20e, setelah dipakai 6 bulan, ternyata kasusnya kerusakannya sama juga. Bagaimana solusinya, apakah ada yang harus diganti? sebelumnya terima kasih banyak kang....

Eko Supriyanto said...

must83 :
ganti ASFnya ...

Rumah Kita :
catrid epson asli tidak bisa di refill, harus ganti.

PKA :
ganti ASFnya

Biru Is Me :
ganti kabel flexibel headnya.. saya dah pernah posting, di search aja..

arie :
cek kabel flexibel head atau fuse boardnya, dah pernah tak posting tapi seri C90..

Dedy :
coba reset dulu, kalo nihil coba bersihkan pin catrid atau ganti catridnya...

avic :
kemungkinan aliran tinta head sudah tidak lancar, coba pake cairan cleaning head..

Eko Supriyanto said...

Dedy :
coba reset dulu, kalo nihil coba bersihkan pin catrid atau ganti catridnya...

UDIEN_jpr :
cek kabel flexibel head atau fuse boardnya, dah pernah tak posting tapi seri C90..

SERBA SERBI :
coba direset, kalo hasil bergaris itu coba pake cairan head cleaner

budiharso :
lam kenal juga, makasih sudah mampir.

Tulus Farolan :
ganti kabel flexibel headnya.. saya dah pernah posting, di search aja..

Secret Admirer said...

Mas Eko, ane mo nanya donk, Printer Epson Stylus T20E lampu merahnya ga berhenti berkedip, udah direset tp ga jadi2, gmana cara perbaikinya nih mas!
bingung bgt soal ginian
mohon bantuannya, terima kasih :)

n/a said...

Salam kenal mas Eko,
Sy mau tanya gmn caranya untuk membypass catridge tinta warna yang sudah kosong sehingga lampu led (merah) mati sehingga printer (Epson TX101)tetap bisa ngeprint dg warna yg lain mis. warna hitam saja. Saya dibuat jengkel dg printer ini soalnya pas sy perlu ngeprint dg warna hitam teks) jd tdk bs gara2 salah satu catridge tinta warna kosong.
Please..!

Makasih Mas Eko.

Dedy said...

Terima kasih kang Eko...masalah T11 saya sudah bisa teratasi, sekarang ganti T20E saya g mau konek ke PC...pergerakan katrid saat dihidupkn g ada masalah,cm kl disruh ngprint Printer g mau jalan, dan kluar tulisan cek your connection, sudah saya ganti kabel data yang laen tetep g mau konek...mohon pencerahan...terima kasih banyak :)

abdul wahid said...

SALAM KENAL MAS , SY BINGUNG AMA PENYAKIT PRINTER SY. KARNA JARANG SEKALI YG BAHAS PENYAKIT SEPERTI INI.
SAAT SETELAH IDUPIN PRINTER DAN SAAT SEDANG PROSES NGEPRINT KADANG LAMA SEKALI RESPON NYA DAN LAMPU HIJAU BERKEDIP TAPI LAMPU MERAH MENYALA ITU MENYEBABKAN SAAT PROSES PRINT LAMBAT SEKALI DAN SAAT INDIKATOR TSB MENYALA PRINTER LANGSUNG BERHENTI NGEPRINT KIRA2 APA YA MASALAH NYA , TRIMS BANYAK ATAS BANTUAN NYA

pingwye said...

master.,epson T11 g' detek cartridge,pdhal sdh cek; board print OK,kbel flexi OK,cartridge baru (sdh cb pk yg laen),apakah boarg head yg brmasalah,?,tp wkt cek board print,diode ky short.,apakah diode jg brpngaruh detek cartridge,?.,mohon bantuannya.,trimakasih sblumny.,

Arek Pall F.C Cyber said...

GAn, kenapa tiap ane ngeprint kertas g mau masuk terus suaranya print keras sekali....kenapa ya gan kira2??terima kasih

anto0818 said...

mas printerku epson t11, kendalanya cartride yang warna hitam saja yang tidak ke ditek, kenapa ya mas. tanks ya

agnie said...

mas tlg bantu saya. kenapa ya mas printer saya cartridge nya g terdeksi.. lampu on hijau n lampu merah hidup bergantian.. kira2 apa yg harus saya lakukan dg printer saya y mas...

firna said...

HELP ME
T30 saya kadang catride tidak detect. biasanya pas minta replece salah satu warna. setelah di replace. catride tidak detect sama sekali. tapi kalo didiamkan satu malam. paginya bisa jalan lagi. cip infus sudah saya ganti baru. fuse sudah saya jumper. tapi kok penyakitnya gak ilang2. itu kenapa yah????????

Hikmat Fauzy said...

mas saya punya masalah di epson c90, pada saat saya print gambar warnanya tidak keluar semua ada garis garis, tapi pas coba print teks hitam saja keluar sih aga bagus tapi masih ada garis garis sedikit,,
oh saya pikir itu tintanya yang habis,
terus saya isi lagi tintanya dan pasang kembali,, dan ternyata pada saat print hasilnya tetap sama.

kira-kira solusi permasalahan yang saya alami seperti apa ya?
mohon pencerahannya mas
thx

adhi_setyohartanto said...

mas saya punya masalah dengan T11 saya. pada saat dinyalakan printer lanng cleaning tapi pada saat cleaning tiba2 berhenti dan beberapa saat kemudian lampu merah menyala (ink out error).
Ada apa dengan printer saya dan bagaimana cara mengatasinya?

Luckies Man said...

Mantab kang blognya...soal monitor samsung sy yg mati sejak ganti DP104C-nya sudah bisa nyala lagi.
Sekarang masalahnya printer T11 saya seperti yang diatas. Pernah direset, tp salah pake yang T20e. Trus saya reset lagi pake yang T11, tetap sama. Dibersihkan kaki2 headprint, sampe saya bongkar tuh rumah head print printernya dan dibersihkan board head printnya, tetap sama.
Nah, untuk yang masalah fuse (sekring) pada mainboard printer ini saya agak bingung. Nilai OHM meternya pake yang x1 atau yang x10 keatas. Soalnya kalo pake yang x1, gerakan jarumnya ga sampe nol. Tp kalo pake x10 keatas, gerakan jarumnya sampai nol. Setahu saya, kalo sekring putus dibolak-balik ngukurnya jarumnya ga gerak. Yang betul yang mana? Apakah capasitor (dalam lingkaran) yang dekat sebelah F itu bisa jadi penyebab juga?

Agus said...

Boz.. mau nanya nih.. q punya Epson T1100, awalnya oke2 aja, tapi karena kehabisan tinta, indikator ink nyala merah, setelah aku isi kembali tintanya, dan aku replace.. indikator ink gak mau hilang. cara menghilangkan indikator itu bagaimana ya boz?

Eko Supriyanto said...

@ secret Admirer : T20E lampu nyala merah blinking, coba pastikan tidak ada yg nyangkut sehingga menggangu pergerakan head printer.

@ NA : catrid TX101 tidak kedetek sudah tidak bisa digunakan lg, ganti aja dengan catrid infus CISS yg autoreset.

@ Dedy : T20 gak mau konek PC, kalau dah ganti kabel, coba pastikan konektor USB di board printer OK.

@ Abdul Wahid : Printer Epson lama respon, kemungkinan besar ada catrid yg bermasalah, coba ganti catridnya.

@ pingwye : T11 Gak detek catrid bisa disebabkan oleh fuse/ sekring yg rusak di board. Baca di link ini http://ekohasan.blogspot.com/2010/02/cara-servis-epson-c90-t10-t11-t20.html

Eko Supriyanto said...

@ Arek : Printer Epson gak mau narik kertas dan bunyi keras, karena ASF rusak. baca di link ini http://ekohasan.blogspot.com/2010/06/cara-service-epson-c90-t11-t20-bunyi.html

@ Anto 0818 : Catrid hitam gak kedetek, cba bersihkan pin catridnya, kalau tetep gak bisa, berarti perlu ganti catrid.

@ Agni : lampu printer epson nyala bergantian bukan catridnya yg rusak, tapi ada yg nyangkut sehingga membuat head terganggu pergerakannya

@ Firna : T30 gak detek catrid, pastikan konektor head ke catrid tidak kotor kena tinta, dan pastikan jg kabel flexibel head bagus, kalau perlu coba ganti sekalian.

@ Hikmat : hasil print bergaris disebabkan oleh head yg buntu atau sdh lemah. coba cara ini http://ekohasan.blogspot.com/2011/02/cara-mengatasi-head-buntu-pada-printer.html

Eko Supriyanto said...

@ ADI : ink out eror pada epson, krn catridnya sdh pernah habis, kalau catridnya ori tdk bisa direset dan perlu diganti. belikan aja catrid infus yg autoreset.

@ Luckies : cek fuse gunakan 1x, capasitor ga pengaruh. atau mungkin catrid ada yg rusak

@ Agus : Epson T1100 dan epson yg lain dilengkapi dengan counter di catrid dan boardnya. kalau catrid full, klau ORI perlu diganti baru.

razter said...

salam kenal mas eko, mw tanya nih, printerku epson T40W. semalem masih bisa utk ngeprint,hbs itu slese ngeprint listrik mati pas printer masih nyala. setelah kabel aku cabut,takcolokin lg printer dah gk mw nyala. pwr supply aq cek tegangan keluaran normal. mohon bantuannya,trims

Waladi Nur Akbar said...

Mas Eko,
Terima kasih artikel yg sangat berguna.
Mohon info letak Fuse pada epson T13 dimana ya? Bentuknya kaya apa ya?

Terima kasih.

Waladi Nur Akbar said...

Sekalian pertanyaan Mas Eko,

Gambar Fuse diatas kan ada 2 ya mas, F2 dan F3, itu yang diganti yg mana ya harusnya?

Thanks.

WarNet Online said...

mau tanya nih....printer saya epson t11 hasil cetak tabel nya tidak lurus garis vertikal nya kalo horizontal normal ...itu kenapa ya??

Unknown said...

tq. bos...t111 ane jalan lage..suskses selalu bwt bos eko..

Ricky said...

Mas mau nanya.... aq punya epson r230x masalahnya hasil print tinta gk ada sama sekali padahal waktu head cleaning pembuangannya lancar aja... aq udah coba ikuti tutornya mas aq ngcek fuse di mainbord ada 2 fuse salah satunya waktu di tes dengan ohm meter jarum gk grk.. aq coba ganti sama fuse dari VGA yg gk kepake tapi waktu dinyalain malah gk hidup sama sekali trus aq coba lepas lg fuse yg aq ganti td, aq hidupin nyala tapi tetap tinta gk keluar saat print.. kira2 masalahnya dimana mas?

pitra said...

mas bisa nggak t 13 biar nggakpake chip......

Tendou D. Souji said...

Mas Eko q mw nanya ni...

Q pux T13 2 buah.. smua nya Error karena Head Cartridge g jalan... Trus kira" klo diperbaiki harus diapax dan klo da yg perlu diganti apax yg harus dganti...

Awalnya q cleaning trus da bunyi Kreeeekkk panjang banget lalu lmpu merah menyala dan Head g mau jalan agy... gmana solusinya mas.. tlong diterang kan dgn jelas... dan klo bsa tolong dikirim ke alamat email saya... Fallen.Angel.Nicky@gmail.com

muzakir said...

mas eko sya mw tanya nikh ..
awalnya sya head cleaning dah gtu tinta khan banjir,dah gtu sya lap tintanya trus skarang mlah nyala lampu dua"nya dan ga gerak rmah catridgenya
sya mhon bantuannya....

amcnet_computers said...

wah nemu cara nih.... ijin di ijazah bos biar berhasil... tengkyu inponya..

Rumit_nya Instal Compaq said...

Mas..,Butuh bantuan Neechh,Printer saya Rusak Merek Epson TX-101, Lampunya indikatornya keduanya hidup warna merah, asal dihudupin lampunya hidup & Cartridge_nya pun gak bergerak sdikitpun.., kira-kira apa solusinya Mas..,Mohon Mas Kasih Solusinya....

SUTRISNO said...

Dik Eko mksh ya dah mau kasih bantuan ma temen2 scr cuma-cuma, mg2 bantuan anda selalu tercatat sebagai amal ibadah. Amin. Mbahkung GAPTEK di Tuban.

pemula said...

mas... klo lampu hijau blink, lampu merah nyala terus.... sama catridge g ke detect... gimana ya solusinya....

Nangndiaebudal Squad said...

makasi maaaassss..... berkat informasi ini ,, printerku bisaaa :D g perlu manggil teknisi deh :D
pahalanya gede mas :D

Eko Supriyanto said...

Aminn.... makasih atas doanya semua ...

iin bebo said...

mas eko q mw tnya epson t11 pas dibwt ngeprint slah 1 tintanya g terdeteksi hbs tu lgsug q isi lg tintanya. pas da q isi eeeh...ttep ja g trdteksi.
gmn ni mas eko caranya?????
mohon bantuannya yach...

Unknown said...

Salam kenal Mas Eko, saya mau tanya mas..
Saya punya Printer EPSON T20E pada mulanya printer saya itu normal2 aja, tapi sekarang mengalami masalah, yaitu : 1. Pada waktu di hidupin tombol ON/OFF biasa Headnya bergerak tetapi hanyalah sebentar setelah itu Headnya diam di sebelah kiri -/+ 2,5 menit setelah itu kembali ke kanan tapi mengeluarka lampu merah.
2. pada waktu ngeprint keluar tulisan "Ink Cartridges cannot be recognized" waktu di Replac tetap ga'bisa (Cartridge ga' terdeteksi) persis kaya' pada waktu ngidupin terus sya Replac berulang kali sampai -/+ 6-10 kali baru Headnya terbaca dan bisa ngeprin dengan Normal tapi itu tidak bertahan lama cuma 1x ngeprint aja setelah itu Cartridgenya ga' terdeteksi lagi terus saya replac lagi sampai -/+ 6-10 kali baru Headnya terbaca dan bisa ngeprin lagi itu brjalan terus menerus seperti itu.
3. saya sudah mereset Printer saya tetapi tetap ga' normal dan saya sudah mencoba Cartridgenya diankat dan bagian Pin Cartridgenya dibersihkan dengan penghapus pensil lalu saya pasang lagi tetapi Cartridgenya tetap ga'bisa terdeteksi masih harus di replace berulangkali.

Saya Mohon Penjelasan dan Solusinya....
terima kasih sebelumnya...

Unknown said...

maaf mau nambahin mas.....
printer saya tu ketika mo ngeprint cartridgenya tdk terdeteksi, waktu di replac headnya berdiam di kiri sangat lama (2/3 menitan) dgn lampu merah hidup dan lampu Hijau berkedip-kedip. tp kalau di replac headnya berdiam tdk lama dikiri maka itu langsung bisa ngeprint.

jadi saya mohon bantuannya kepada Mas Eko kira2 apa yang menjadi penyebabnya dan kira2 apanya yg rusak/lemah?

RiZki said...

mas, permisi mo tanya....
sy ada epson TX-101 tinta infus.
setelah sy head clean kok lampu indikator tinta & paper merah dan led power Nge-blink. minta solusinya mas.
thx

MJ Media said...

mau nanya mas ... printerku TX111 .... habis ganti cartridge, 2 bulan kemudian kok ga mau ngeprint .... cartridge ke detect normal .... cm tinta kayaknya ga mau turun ke head .... udah aku ganti dg beberapa cartridge, tetep sama .... kira-2 masalahnya dimana ya .... thx sebelumnya

ki Joko said...

mo nanya Mas, saya pke epson R230, saat di klining & nosel cek hasilnya bagus, tapi pada saat buat cetak foto kuk hasilnya kurang sempurna ya mas, masih terlihat ada garis, sehingga hasil menjadi kurang tajam. mohon pencerahannya mas, Terimakasih.

Unknown said...

mantap. langsung praktek, lgsung bs. kalo diservis 3o rb blum antrinya...... mksh..... gusti ALLAH sing mbales

Unknown said...

mhn bantuannya kang eko, printer T60 tegangan adaptor 40V dan 41V normal ndak?, klo board T60 ada fusenya ndak?, klo ada apa nama komponenya? trima kasih

@dis said...

pak mau tanya nih... printer epsonku T100 mati total tanpa sebab..... sudah tk cek fuse board & fuse adaptor tdk ada masalah .... dioda board jg tdk ada masalah.... transistor atau IC nya / gmna mhon pencerahannya.....

Unknown said...

Mas, mau tanya nich.
Klo power supply printer epson L200 bunyi cuit..cuit...dan tidak ada tegangan output ke mainboard printer. Kira2 ap nya yg rusak y mas?
Trims

Unknown said...

hatur nuhun ....terima kasih....

Unknown said...

dH,
mOHON PETROMAX NYA...
U/ resetter t10-11 saat dklik LOADER.exe...malah muncul "Wrong file size"
klo begitu harus gmn ya?

Unknown said...

mas sama apa tidak catridge t13 dengan t11, soalnya saya pnya printer eppson t11 saya ganti catridgenya t13 kog tidak terdeteksi ya? , mohon penjelasannya?

Unknown said...

bos, fuse sudah saya jumper catdridge dan chip juga sudah saya ganti tp kok tetep gak detek gan?? apanya ya??

Unknown said...

bos, fuse sudah saya jumper catdridge dan chip juga sudah saya ganti tp kok tetep gak detek gan?? apanya ya??

De Yusro said...

aku punya t11 mati total. sudah diservice/diganti diodanya,tp ttp ga mau nyala. trus kabel data mainboard di cabut baru bisa nyala. kata tukang service headnya konslet

Unknown said...

Gan, klo hasil print out slalu ada garis ato bintik2 hitam tu knapa ya?? utk Epson T11.

Y015L4H said...

Mlm Bos,pa masih exis ?
Klo masih,tl dong kasih tau gimana caranya mengatasi epson c 90 klokedua lampunya menyala terus ?

Bogie said...

alhamdulilah, bermanfaat banget artikelnya. terima kasih, semoga terus berkann berbagi pengalaman.

Admin said...

asslmkm... kang eko mohon solusinya ni..sya pnya masalah pada printer t13.. hasil cetaknya ada tinta ngeblok/banjir.. itu masalah tinta atau ada hardware yang harus di ganti ? ..... mhon solusinya kang..sblumnya sya ucapkan trimakasih...

arifsubekti said...

Agan agan, ane punya kasus sama printer EPSON T13x milik ane, langsung aja ane ceritain kasusnya :
1. ane hidupin printer.
2. catridge mojok ke pojok kiri +
lampu hijau kedip.
3. beberapa saat kemudian, catridge
geser ke pojok kanan + lampu
hijau & merah nyala semua
(tidak kedip).
4. ane klik tombol merah, ane reset
biasa, ane tekan tombol putih di
katridge.
5. katridge geser ke kanan sebentar
terus geser lagi ke pojok kiri +
lampu merah & hijau nyala dan
kedip.
6. tunggu agak lama -+ 2 menit katrid
geser ke kanan... dan terulang lagi
peristiwa nomor 3 - 6.
ane udah bingung banget mohon bantuannya

Anonymous said...

kalau tidak bisa dibenahi jadi harus ganti catridge nya ya min?
http://www.zgzqw88.com/solder-uap-cody-857-mempermudah-pekerjaan-reparasi-anda/

Template by : ekohasan.blogspot.com