23 Juni 2014, mhn maaf jarang update, kalau ada yg berkenan menyumbang materi buat isi blog, sangat dipersilahkan, terima kasih

Thursday, February 25, 2010

Cara Servis UPS yang Tidak Bisa Menyimpan Listrik

Mungkin sudah banyak teman2x yang tahu cara mengatasi UPS yang tidak bisa menyimpan listrik saat listrik tiba2x padam, tapi kang EKO akan tetep mengulas barangkali ada teman2x yang belum tahu. Mau tahu caranya....?

Study kasusnya seperti ini :

Customer saya ada keluhan UPS yang biasanya nyimpen listrik saat PLN mati, ternyata saat PLN mati UPS ikut mati. Ini hanya salah satu contoh kasus.

Berikut ini ciri UPS yang Accunya rusak :

1. UPS nyala, tapi pada saat listrik mati langsung ikut mati tidak bisa menyimpan listrik. misal merk ICA

2. UPS tidak mau dinyalakan. Ini ciri dari UPS dengan merk tertentu, misal APC, dll

Jika anda mempunyai UPS dengan kerusakan seperti itu, berikut cara servicenya :

Cara Servis UPS yang Tidak Bisa Menyimpan Listrik :

1. Bongkar UPS nya

2. Cabut sambungan kabel ke Accu.

3. Catat ukuran Accunya, Accu menggunakan Accu Kering dan biasanya ukurannya 12v 7,2A.
4. Kalau anda masih ragu-ragu, accunya rusak atau tidak, maka ambil accu sepeda motor anda (tentunya yg masih bagus) dan coba sambungkan ke UPS tadi, menggunakan sambungan accu yg lama. Jangan sampe kebalik polaritas kabelnya, negatif dapat kabel hitam, dan positif dapat kabel merah.

5. Kemudian nyalakan UPS, kalau nyala normal, berarti anda tinggal membeli sparepart accu kering sesuai dengan accu UPS anda. Untuk Accu yg rusak dpat anda jual dengan harga 15 ribu-an. Kisaran harga accu kering 12v 7,2A sekitar 175 ribu-an.

6. Selesai.

Demikian sharing pengalaman kang eko, semoga manfaat bagi temen2x semua......



-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

80 komentar :

baburinix! said...

mantap kang....

Admin said...

mantaf bos, bener2 artikel yang berguna...

yosua said...

kang Eko mo tanya.. w pake ups merk lexus LE 600, monitor samsung 591SG Power supply 430
UPS klo mati lampu ttp bs nyala kompieny
masalahny itu tiap x mo hidupin ups, upsny lsg mati, stlh bbrp x dhdupin br bs normal
ini kenapa ya?

Eko Supriyanto said...

YOSUA : hal itu dikarenakan angkatan pertama yg melebihi beban UPS, karena angkatan pertama untuk menghidupkan monitor sangat besar bisa 4 kali lipat daya normalnya begitupun yg lainnya .... Jadi UPS anda normal kalau menurut saya.

ebysbanget said...

wow.............
makasih kang...

w4hida's blog said...

mohon bantuannya kang eko.. UPS ku kalo aku colokan pada listrik lampu indikasi charge tidak nyala al mati total, tapi kami coba cek dalam batrenya masih da strumnya. kemudian kami coba cek semua hampir smua kmponen n hasilnya normal, akhinya kami coba ganti IC nya hasilnya UPS bisa dinyalakan, tapi kalo cma di charge j gak bsa. dan waktu bsa nyala itu hanya sbntar lalu TR 753445 nya mati. N nyampe skrag blum dapat ganti TR Nya.. Mohon bantuan dan solusinya. Terima Kasih

Eko Supriyanto said...

w4hida's blog :
coba ganti juga IC LM 317
kalau untuk TR memang kebanyakan harus kanibalan mas....

Rusydi_Donk said...

Mohon bantuannya ka Eko, nama saya rusydi seorang new bie, misalanya kalo ups baru di nyalakan bunyi berisik krik krik krik, itu di akibatkan apa ya? dan upsnya tidak bisa di gunakan.

david said...

salam mas eko...
sy punya masalah pada ups ica ct1200 va. pertamanya ada ic irf 540 yg terbakar, setelah diganti ic tersebut, respon relay bermasalah utk tipe PSU tertentu..( PSU murahan ) padahal sebelumnya walopun menggunakan PSU 450watt standard kompi ga langsung mati kalo putus arus.. malahan kalo listrik padam kompi langsung mati terus sy idupin lagi kompi mau idup dan bisa bertahan hampir 1 jam.. ditunggu pencerahannya.. kalo bisa balasnya ke email saya..
revelius66@gmail.com
terima kasih...

Eko Supriyanto said...

RUSYDI DONK:
cek batery / akinya dulu. bunyi itu mungkin dari trafonya....

DAVID:
mungkin relay juga mengalami kerusakan, coba ganti juga relaynya...

satpambobo said...

Punyaku ICA 600W berbau gosong, setelah dibuka eh jajaran TR ber-heatsink udah melepuh.. dinding casing hangus. posisi off masi bisa nyala LED indikatornya. umur udah setahun lebih, kira kira ganti mainboardnya gitu brp ya?

Eko Supriyanto said...

satpambobo :
kalo ganti boardnya mungkin mahal mas, kalo diservice sekitar 200-300rb an...

Atropos said...

mas, saya menggunakan ups ICA CT682B, masalah yg skrg d hadapi adalah ups tersebut tidak bisa menggunakan arus ac, begitu ups d nyalakan, langsung menggunakan daya dari battery, kabel power ny d cek msh bgs, fuse ny jg msh ok, coba ukur tegangan ac ny jg ada d line in ny, mohon pencerahan ny y mas, thx b4

Eko Supriyanto said...

ATROPOS :
coba cek FET dan transistor / IC yg nempel di pendingin. Biasanya IC LM rusak....

Atropos said...

cara cek IC ny gmn mas?

Eko Supriyanto said...

ATROPOS :
ic tidak bisa dicek dengan alat, harus dipasang langsung...

kose said...

MAs Eko mau nanya juga .....
NIh lagi servis UPS ICA -1082B kerusakan bila jalan pake baterai bunyi cetik2 ,teg out 220v ikut mendut2 .baterai kondisi normal .... yg mana mas yg harus di cek???? fet baik semua . terima kasih mas Eko.

Eko Supriyanto said...

KOSE :
coba ganti ic LM317

Numberone said...

kang eko... neh saya ada bbrp ups ica ce600.. rata2 kerusakaan nya padam (gak bisa nyala via baterai maupun arus) biasanya nya kerusakaan dibagian mana y?

Eko Supriyanto said...

NUMBERONE :
cek FET irfnya, mungkin konslet.
coba jg ganti IC LM317

Top Secrets said...

salam kenal mas eko,mau numpang nanya nih,kalo baterenya yang rusak bisa diganti pake batre sama kya batre motor/mobil?ato batre khusus buat ups?tq mas, sukses selalu

Top Secrets said...

ups nya merk ica 1200va

Eko Supriyanto said...

TOP SECRETS :
harusnya diganti dengan yang sama persis mas, ACCU KERING 12v / 7,2 A.

biasanya toko ACCU mobil juga menjualnya...

Adie said...

Salam kenal Mas Eko,
saya punya beberapa UPS Vektor 600va,rata2 kerusakannya sama. Pada waktu di nyalakan semuanya terlihat normal,tapi setelah beberapa saat ada bunyi "nging" yg aneh.padahal saya cek rangkaiannya normal. Apa yang salah ya Mas?mohon penjelasannya.trims...

Manyunte said...

makasih infonya mas, ups ane kagak mau nge-cas moga ini solusinya, thanks sekali lagi...

ASP_CLUB said...

Bos ni mau tanya soal ups merk isa itukan ada buzer mic itu bunyi terus dan yang satunya kalau pc hidup relay cetak cetek terus mohon pencerahan.

ASP_CLUB said...

Sori bos maksudku psu bukan ups

Eko Supriyanto said...

ADie :
sudah coba ganti batery / aki nya..?

Manyunte :
met mencoba ....

APS_CLUB :
coba ganti batery / aki dulu, kalo masih sama coba ganti ic LM317

Adie said...

Sudah Mas,sudah saya ganti batre baru. Tapi tetap saja bunyi "nging" itu muncul lagi. Kenapa ya?
Trims sebelumnya

Eko Supriyanto said...

ADIE :
kalo ini berarti harus cek jalur, terus terang saya belum pernah ngalami ini, coba ganti ic LM317 nya.

dunia said...

om maaf klo ups mau dinyalain tapi relay ga ngunci trus stelah di buka ada blok yang seperti hangus,klo trus ditekan saklar utamanya bisa nyala,areal yg terbakar sekitar fet yang pake pendingin,gimana om solusinya mohon bantuannya

Eko Supriyanto said...

DUNIA :
berrati saklarnya yg rusak, ganti aja.
kalobagian yg gosong itu memang karena komponen FET itu panas banget, sehingga pcb jadi gosong, gapapa asal komponen tersebut tidak konslet. cara cek FET ada diblog, disearch aja.

Eman Sukirman said...

Kang eko saya ada ups ica ce1200 mati total saya bongkar ada fet yg udah terbakar (irf 540N) saya ganti, tp saat dihidupkan langsung konslet dan mati lagi (fet nya terbakar lagi) apa yg rusaknya, mohon penjelasannya.. terima kasih

Adie said...

Oke Mas,masih saya test ups nya.
mau tanya lagi mas,kalo UPS lampu kedip2 terus berarti sedang isi batre,masalahnya ternyata tegangan untuk charging yg seharusnya di atas 12V, saya ukur cuma 9-10V. Yang rusak bagian apa Mas? trims penjelasannya. Sukses Selalu untuk blognya!

Ichal Salaja said...

Mas, Saya punya UPS ICA CT 682B yang rusak dan tidak menyimpan Arus. Karena memakai 2 accu bagaimana menentukan accu mana yang rusak? Mohon informasinya, thanks before. Faisal

Roby Byan Swandana said...

mas, I pake ups power tree ga bisa nyimpan daya, pas d cek accu keadaan belah2, ini kenapa ya mas?

pyox said...

kalo ups nyala normal udah ganti batery baru merek panasonic tapi nyimpan listrik hanya 1menit gak ada apanya ya kang uda ubek2 fet masih normal?

Hendry said...

Dah di ganti ACCU 'y jg Tapi Masih g mw Nyimpan Listrik, APanya y Mas

tofa is me said...

mantab kang eko, ijin share lagi yaaaa!!!

Indr@ said...

Salam Kenal Kang Eko...
Mau nanya Kang eko..
- apakah UPS bisa di jadikan inverter tuk dipasang do mobil?
- Klu bisa bagaimana caranya menurunkan amper dari 70amper (Aki Mobil) ke amper yg bisa diterima di UPS..
nb saya pernah pasang langsung positif & negatif aki mobil di UPS 1200Va dan ternyata UPSnya Jebol...
mohon pencerahan kang eko....

Eddy said...

Salam knl aj mas...
saya ada servis ups ica,lupa tipe nya ketika di hidupkan hanya lampu led batre lemah wrna merah dg led lampu batre full warna orange yg nyala. trus oper relay langsung mati total. di colok listrik tkut turun MCB and fet nya jebol.. di ukur fet nya bagus batre nya udh di ganti baru merkv panasonic
tlg solusi nya mas ?

Unknown said...

sampurasun kang ,,
ups ane kmaren kena petir kang, skrng jd gg bs nyimpen tp blm smpt ngcek sih ,klo gg accunya biasanya apa ya ??

Depe said...

Salut buat kang eko, blognya keeeren bgt.

mohon petunjuknya kang eko! UPS yang bagus dan tahan lama merknya apa kang? hrgnya kira2 brp?

terimakaasih.

VOR said...

ass. mas eko.. thanks atas infonya... btw mau bagi2 pengalaman juga, yg aku ica 1200 dah diganti mosfet dan lm317, tapi resistor yang 0,1 ohm keramiknya panasnya gak nahan... dah 4x ganti irf 540n yg deket resistor itu tetep panas juga, dan relay berderik terus... selidik selidik eh.. ternyata trafo kecilnya solderannya longgar, terus jalur ada yang retak, masuk akal sih sebab saya buka baut irf deret yang di heatsink lumayan susah jadi harus pakai obeng ketok.. ya itulah penyebabnya... mungkin bagi rekan2 yang punya kasus relaynya berderik meski dah ganti mosfet ama lm317, mungkin ini solusinya... salam kenal mas eko, saya nama vor dari bengkulu.. keep great mas...

Rizaldy Rachman said...

tips dan trik ini kan buat ACCU ato aki nya yang rusak (sudah kehilangan strum), lah kalo aki nya masih baru tapi masih tetap tidak bisa nyimpan strum jg gmn solusinya mas ?

AS said...

Mas ane mau tanya nih knapa pas mati lampu tu ups dan monitor nyala tapi cpunya mati knapa ya????

AS said...

Mas ane mau tanya nih knapa pas mati lampu tu ups dan monitor nyala tapi cpunya mati knapa ya????

Bernadus Sunjoyo said...

bos,,ane mau tanya nich..
UPS ane merk pascal mati..ane pikir akinya lemah,,ane ganti aki pake yg 12V7.5Ah..
saat dipasang akinya malah kebakar..
itu knp ya bos..?
thanks

bobbay said...

Say mu nanyak ne, ups sya merek ica, kpasitas 4batre 12v, mslhnya skrng, batrenya gk mau ke Cas, knp ya Gan...?

bobbay said...

Say mu nanyak ne, ups sya merek ica, kpasitas 4batre 12v, mslhnya skrng, batrenya gk mau ke Cas, knp ya Gan...?

subur jericho said...

Bos mo tany. kl UPS ngk mo ngecas knp y? lamp kuning nyala ngk lama 5mnt mati>

Mr x said...

mas ups saya merk FLAZER 600w jika saya sambung ke listrik PLN output nya ngak ada dan bila tegangan saya cabut, baru tegangan output itu ada dan selama tegangan 220 masuk, UPS ngak ngisi kira2 kerusakanya apa ya mas

Roliyah Oyong said...

bos saya punya UPS ICA 681B dicolokan indikator nyala tetapi tidak ada output yang keluar...ini apanya ya?

Wong Banksri said...

suwun mas

Wong Banksri said...

mas oyonk relaynya dicek mas kalau rusak diganti

abdullah alidrus said...

kalo ups nya bunyi beepp, apa masalahnya ya bang

osel furosi said...

Kang .... Kalauuuu Ups Ica Bisa Gak Di Tambah Aki Mobil Yang 40 Ah ????
Tolong Pengarahannya YAAAAA... :)

osel furosi said...

Kanggg ... Kalau UPS ICA YANG 600VA Ditambah Akinya Pake Aki Mobil Yng 40 AH Boleh Gakkkk .... Ada Efek Negatifnya GaAKKK??????????
Tolong Pengarahannya YAaaaaa

Eko Supriyanto said...

@oSEL : Gpp mas, yg penting sama 12v, semakin tinggi AH semakin lama UPS itu bisa nyala... tp kalau habis aki nya, jangan di carge lewat UPS... ga kuat UPSnya

rivalino aflah said...

salam kenal mas eko, saya mo sharing nih , saya punya ups apc RS-1100 kendala sekarang itu ,sewaktu di colokin ke listrik ups nya lansung berbunyi panjang dan berkedip merah di replace battrey, itu kenapa ya mas... mohon pencerahaannya , thanks:d

not designer said...

kang Eko Saya Punya UPS Merk UPS KENIKA KS600VA baru tpi saya gunakan cuman bisa Backup Listrik sekitar 5 menit jika saya ingin menambah kapasitasnya biar bisa backup Listrik lebih lama gmn ya caranya, kalo mesti di belikan Aki lagi aki seperti apakah yg harus saya beli ,., Mohon bantuanya

Sundanese13 said...

misi kang eko, minta pencerahannya.. kbtlan nama saya jga eko n sy sngat kurang tau,
Gini kang, ups saya advance 600v.. awlnya ups brjln sprti slyaknya tpi pas udh bbrpa kali pake, ga bisa dinyalain upsnya.. hanya lampu led kuning dalam keadaan nyala tapi yg hijau mati.. Q kira biasa, trs q cba pke prolink 750v jdi ikut2an sprti itu mlh ada bunyi beep bbrp kli d prolink.. itu kenapa ya? Tolong minta bantuannya.. Mksh,

muliadi said...

Sundanese13 kemungkinan voltase tegangan masuk rendah!, coba cek dl, salam

Huda Saja said...

pak eko
minta penjelasanya
saya punya ups three tech
ga mau hidup n charging
gimana ya?
Trimakasih banyak

eby said...

mas eko saya mo tanya,
saya ada UPS 2022B, g luar strumnya, kipas belakang pun mati,
tapi lampu indkator dpan hdup merah dan hijau,
itu rusak apanya ya mas, mohon petujuknya.timakasi

heriyanto said...

Mas eko, saya mau tny, ups spc udah diganti baterai baru panasonic,tapi tegangan outputnya cuma 170 vac kalo pln pas di matikan...makasih ya mas atas jawabanya.

baktiar jalil said...

TOKO ASIA ELEKTRONIK
MenawarKan Produk asli dan bergaransi :

Harga Promo Stok barang terbatas ALAMAT TOKO.
ITC Roxy Mas LT 3 No 110C
Roxy Mas Lt 3 Blok A38-39,HP. PIN BB:24C19401
HUB:0853-2822-2842
Hasyim Ashari Jakarta Pusat
Kami Melayani pengiriman di seluruh indonesia melalui via TIKI/JNE
BlackBerry Q5 - White | BlackBerry 10 OS, 3.1 inch, Dual Camera 5 MP + 2 MP
RP.2.050.000
BlackBerry Z10 - Black | BlackBerry 10 OS, Layar 4.2 inch, Dual Camera 8 MP + 2 MP Rp.2.300.000
BlackBerry Curve 9220 Davis - Pink | BlackBerry OS 7.1, Prosesor 800 Mhz, Camera 2 MP Rp.7500.000
BlackBerry Porsche Design P'9981 - Black (LIMITED EDITION) Rp.12.250.000
BlackBerry Q10 - Black | BlackBerry 10 OS, Layar 3.1 inch, Dual Camera 8 MP + 2 MP Rp.3.650.000
Samsung Galaxy Tab 3 (8.0) - White | Android Jelly Bean, 3G+WiFi, Call+SMS, Dual Core, 16 GB
Rp 2.449.000
Samsung Galaxy Note 8.0 - White | Quad-core 1.6 GHz Cortex-A9, Android v4.1 Jelly Bean, Layar 8 inch, Dual Camera 5 MP + 1.3 MP

Rp 2.650.000
Samsung Galaxy Tab 3 (7.0) - White | Android Jelly Bean v4.1, 3G+WiFi, Call+SMS, Dual Core 1.2 GHz | 3.15 MP | 16 GB

Rp 1.990.000
Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) WiFi Only - White | Android Ice Cream Sandwich, Dual Core, 8 GB

Rp 1.009.000
Nokia Lumia 720 - 8 GB - Merah - Indosat RP 1.665.000
NOKIA ASHA 311 Rp.550.000
Nokia Lumia 620 - 8 GB - Cyan RP 1.229.000
Nokia Lumia 920 - 32 GB - Hitam RP 2.559.000
Nokia 206 - Dual GSM - Putih RP 429.500
Apple iPhone 5 32 GB - Black/Slate (TELKOMSEL) | Apple A6 Dual Core 1.2 GHz, Apple iOS 6, Layar 4 inch, Dual Camera 8 MP + 1.2 MP
Rp 10.199.000
Apple iPhone 5 16 GB - Black/Slate (TELKOMSEL) | Apple A6 Dual Core 1.2 GHz, Apple iOS 6, Layar 4 inch, Dual Camera 8 MP + 1.2 MP
Rp 8.799.000
Apple iPhone 5 64 GB - Black/Slate (TELKOMSEL) | Apple A6 Dual Core 1.2 GHz, Apple iOS 6, Layar 4 inch, Dual Camera 8 MP + 1.2 MP
Rp 11.499.000
Printer Canon - MF4820D Rp 1.550.000
Printer, Scanner, Copier & Fax - Brother MFC-J5910DW Rp 1.500.000
Printer Canon - L170 Rp 1.659.000
Printer Canon - MF4750 - Black Rp 2.179.000
Printer All in One Officejet HP - 7500A (C9309A)


Rp 2.349.000
Printer, Scanner, Copier & Fax - Brother MFC-J6710DW Rp 2.519.000
Printer Canon - MF4870DN - Black/White
Rp 5.179.000
Mesin Fotocopy Canon iR2016 Copy-Print Rp.4.500.000
Canon IR6020 Copy-Print-Scan Rp.17.000.000
Canon iR5020 Copy-Print-Scan Rp16.500.00
Canon iR5000 Copy-Print-Scan Rp.13.500.000
Canon iR5075 Copy-Print-Scan Rp.10.500.000
Canon iR5570 Copy-Print-Scan Rp.8.500.000

CARA TRANSAKSI:
Kami Hanya Melayani Yang Serius.
Kami melayani pembeli di seluruh indonesia.
Pembeli Diwajibkan Melakukan Pembayaran Harga Barang Yang Sesuai Dengan Barang Pesanannya.
Pengiriman barang melalui: JNE, TIKI, dan POS Express
Harga barang kami sudah termasuk ongkos kirim.
Barang yang rusak atau cacat pada saat pengiriman, akan kami gantikan kembali dengan barang yang sama.

KEUNTUNGAN BERBELANJA DI TOKO KAMI:
Barang berkualitas dan harga relatif lebih murah.
Dapat dikirim ke seluruh Indonesia.
Ongkos kirim gratis.
Keamanan dijamin 100% karena setiap pengiriman barang disertai dengan asuransi Dan Nomor resi
Proses cepat dan sederhana.
Produk terbaru dan uptdate.
Semua produk yang ditawarkan merupakan produk Asli, Baru & Tersegel.
Original & bergaransi Resmi.
Atau klik website kami di
WWW.ASIA-ELEKTRONIK.JIMDO.COM

smk_angktan1.com said...

hi pak ,

bisa bantu saya, saya lagi service UPS, tapi UPS tersebut masih tetep error meskipun udah diganti IC nya, bisa rekomen apa yang harus diganti kalau UPS menunjukan di Tempratur fault ? atau sensor tempratur biasanya pakai komponen apa ya?

UPS Batre said...

Selamat Siang Agan semua
Saya mungkin bisa membantu mas Eko dalam menjawab mengenai permasalahan seputar UPS dan Baterai.
YM saya ups_batre@yahoo.com

untuk area jatim khususnya Surabaya dan sekitar untuk perbaikan UPS bisa kami bantu

ahmad shova said...

As-salaam..

ahmad shova said...

Salam
mas ups saya, saya ganti pake battery accu 12 volt 70 ah, trus setelah saya pasang saya nyalakan kemudian bunyi beep beep setelah 2 menit tiba2 mati kemudian dinyalakan n mati lagi setelqh 2 mnt.. Apa masalah yaaa... Itu tanpa beban.

Sifa Nuraisyah said...

mas saya punya UPS ICA TYPE CT6825 ada kerusakan di IC-RESISTOR(PENDINGIN) tapi saya tidak tau ukurannya. Mohon diberi tau kodenya IC tersebut......Karna sudah terbakar.

Sifa Nuraisyah said...
This comment has been removed by the author.
AJMI HAMIDI said...

halo mas ada ups sy accu nya bagus tapi kalau kabel listriknya di lepas ups langsung ikut mati,, dmn y kerusakannya,, solusinya mas,,, makasih,,

Ida rachmanoe said...

Saya telah hasil paralel 4 aki, untuk UPS Supreme 600VA. Mula hanya pakai aki 12V4,5Ah. Kini 12V4,5Ah + 12V7,2Ah + 12V5Ah + 12V5Ah = 12V21,7Ah. Bisa nyalakan PC, sampai 25 menit, ketika listrik PLN padam.

mapex said...

http://www.bursanomercantik.com/ #nomor cantik

taufik lubis said...

Mas Tolong bantuanna, pertanyaan saya sama dengan ==== ahmad shova said.. ===Salam
mas ups saya, saya ganti pake battery accu 12 volt 70 ah, trus setelah saya pasang saya nyalakan kemudian bunyi beep beep setelah 2 menit tiba2 mati kemudian dinyalakan n mati lagi setelqh 2 mnt.
kira2 da solusi na mas

taufik lubis said...

Mas bantu Pencerahanna, pertanyaan sy sm dgn mas : ahmad shova said...

Salam
mas ups saya, saya ganti pake battery accu 12 volt 70 ah, trus setelah saya pasang saya nyalakan kemudian bunyi beep beep setelah 2 menit tiba2 mati kemudian dinyalakan n mati lagi setelah 2 mnt..
Mhn Bantuan solusina na mas, agar bisa pakai accu 12 volt 70 ah x 2... di tunggu ya mas

taufik lubis said...

tambahan mas UPS ICA 602B...

belajar said...

ane yakin masalah ini gak ada solusinya kecuali ganti mobo, tapi ane coba tanyain semoga ada yg pernah ngalamain dan bisa ngefixnya.

masalah pada UPS ICA CT682B yaitu pada saat dihidupkan dengan kondisi terhubung kelistrik maka ups terlihat normal, tegangan output juga normal, namun setelah beberapa menit ups berubah menjadi mode backup atau seperti tidak ada listrik masuk dan tegangan output normal, jika ups dimatikan kemudian dihidupkan kembali maka ups tetap dalam kondisi backup mode(listrik masih terhubung). namun yang jadi masalah jika kita matikan untuk beberapa saat dan dihidupkan kembali maka ups normal kembali dan beberapa menit kemudian bermaslah lagi. sebagai catatan, trafo,batrai,saklar,relay,FET,trafo switching, LM317 semua sudah saya cek bahkan diganti dari kanibal UPS B yg normal masih juga sama masalah yg timbul.

mohon para senior yg pernah atau tau cara memperbaikinya bantu saya.

terimakasih sebelumya

Template by : ekohasan.blogspot.com