25 November 2016, INFO TERBARU: TOP258PN Ready, Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Driverpack 17.3.1 edisi Januari 2016 (3 DVD), IC EPSON L120, L220, L310, L360, L1300. Resistor untuk Kasus P10/B200 MP258, IP2770, MP237, MP287, Dioda Schotky untuk Kasus EPSON Mati Total,IC Counter Canon yg tidak bisa di RESET, MG2570, MG2470, E400, ip2770, mp258, mp287, mp237, dll

Tuesday, December 22, 2009

Cara Membuat Saluran Pembuangan Tinta Epson C90

Selain masalah tinta refill, hal yang sering merusak printer adalah kelembaban dalam casing printer ink-jet yang disebabkan sisa tinta yang ditampung pada dasar printer dgn media absorber-sponge. Jika printer sudah lama terpakai, media spon ini akan makin becek dan lembab, akan menyebabkan jamur dan korosi komponen printer yang terbuat dari metal dan memperpendek usia pakai printer tsb.

Agar usia pakai printer Epson lebih awet, sebaiknya sejak dini dibuatkan saluran pembuangan tinta sisa (waste-ink) langsung keluar body printer. Sehingga tidak membuat spon- penyerap tinta menjadi becek dan lembab. Dan secara berkala counter waste-ink di reset menggunakan software yang sesuai agar printer tetap dapat digunakan secara berkesinambungan.

Berikut ini adalah prosedur singkat untuk membuat saluran pembuangan yang diperlukan:

3 Peralatan dan Material yang diperlukan :

1. Obeng plus besar dan obeng minus kecil.
2. Botol plastik kecil yang mudah diikat ke body printer. Misal saya menggunakan botol plastik bekas obat antiseptik Betadine.
3. Kawat atau karet secukupnya untuk mengikat botol waste-ink ke body printer.



Prosedur Melepas Casing dan Memasang Botol Pembuangan Tinta:

1. Lepas 2 buah skrup pada bagian belakang printer.



2. Lepaskan pengunci casing pada sisi kanan dan kiri body printer, dengan menggunakan obeng minus kecil, di cungkil ke arah luar.



3. Tekan ke arah luar, casing yang mengunci di belakang paper feeder. Terdapat 4 buah hook pengunci. Hati2 jangan sampai patah. Kemudian geser ke arah depan printer, utk melepas hook pengunci bagian depan casing printer.



4. Lepaskan selang saluran buangan tinta yang menuju ke Absorber- Sponge, seperti pd gambar berikut: Selang harus bebas, agar dapat dijulurkan ke luar body.



5. Siapkan botol plastik penampung tinta sisa. Bersihkan, jika menggunakan botol kecil bekas Betadine. Potong habis nosel botol plastik tsb, agar selang buangan tinta dapat leluasa di sisipkan ke dalam tutup botol tsb. Ikatkan dgn kawat kecil pada kisi2 body printer sebelah kiri dr belakang (lihat gambar).



6. Pasang kembali casing body printer bersamaan dengan menyisipkan selang waste-ink tepat di atas botol plastik. Regangkan kisi ventilasi printer, agar selang tidak terjepit dan tinta dgn mudah mengalir keluar.

]

7. Sisipkan ujung selang ke dalam tutup botol plastik, spt pd gambar. Coba lakukan Head Cleaning. Sebagian tinta sisa akan di pompa ke dalam botol plastik. Selesai.. !!





-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

23 komentar :

MarioCom said...

gimana caranya mendapatkan reset cx5500?

Kang Eko said...

Sudah saya upload barusan Om....Mario dan untuk Dhen.....

herlan said...

terima kasih banyak atas penjelasannya....

oni said...

tanks bro it's helpfull

esen said...

kang maksih ya atas peljarannya dan bantuannya,,,,
sebernarnya saya bekerja disebuah toko komputer disuatu kota kecil yang ada diindonesia..... toko itu lum ada teknisi printer jadi saya coba memberanikan diri untuk belajar jadi teknisi printernya.... kalau dipikir itu sangat berisiko,,,,!!!! tpi dengan keberanian dan bantuan KANG EKO BOJA saya sekrang lumayan bisa buka printer inkjet,,,,

thak's ya kang.......

Anonymous said...

mas aq punya epson c90 mati, padahal pwr suply bgs, fuse head juga ndak putus, kira2 apa ya mas ,tq

Eko Supriyanto said...

kalo ps dan fuse bagus berarti mungkin rusak di ic utamanya yg paling besar ....

Anonymous said...

Terimakasih kang Eko, ilmunya terasa sangat bermanfaat bagi saya. Semoga ilmu kang Eko terus nambah, jadi bisa bagi-bagi ke semua. Wa'alaikum salam.

lukman on_line said...

Terimakasih Kang atas bagi-bagi ilmunya, wah Top posting nya salah satunya postingan yang saya perlukan
n minta tambahin Cara Membuat Saluran Pembuangan Tinta Epson tx111 ada nga ya apa nga perlu karena saya baru beli ^_^ di inpus makasih kang eko sebelumnya, Bravo

Eko Supriyanto said...

Lukman : pada prinsipnya c90 sama TX111 sama saja, yg berbeda cuma cara bongkarnya, dan sy blm punya panduannya nih mas. kalau masih baru dipakai dulu aja, dan kalau sudah pernah minta reset printer baru dibuat saluran buangnya.

Profil said...

makasih banyak mas eko atas infonya, moga dapat info yang lebih baru lagi

Rajendra Blog said...

terima kasih atas infonya, Bos

stereobk.com said...

Thanks banget mas, berkat artikel ini akhirnya aku berani pasang infus plus bikin saluran pembuangan tinta di Canon iP2110 ku.
oh ya, katanya mas kena kecelakaan ya? keep fight mas, moga lekas sembuh.

Eko Supriyanto said...

stereobk.com :

makasih juga mas....

RICA YOYON said...

Kang Eko ... Aq sering mengerjakan Canon IX-5000, kebanyakan kerusakan Gir ASF yg menghubungkan ke purge/pompa head. Dimana bisa cari atau buat Gir tersebut, trims kang

Eko Supriyanto said...

RICA YOYON :
kalo ini susah nyarinya mas, biasanya belu 1 glondong di canon center terdekat, nanti diorderkan ke jakarta...

Agung Adhi said...

Mas eko, kl bongkar canon mp 198 utk buat saluran pembuangan tintanya gmn?? Saya tertarik nih & mo bongkar printer sy, tp bingung tutorialnya udah saya cari gk dpt..
Tlg yah mas eko...

Eko Supriyanto said...

Agung Adhi :
maaf mas, untuk panduannya saya nggak punya. caranya harus buka scanner dan bagian atas printer, baru bisa buat saluran pembuangannya...

I MADE said...

mas gimana caranya bikin saluran pembuangan canon ix 5000 trims..

Eko Supriyanto said...

I MADE :
coba berkreasi sendiri...

Astro said...

hoho,,
thank y mas, tentang cara buka head printnya berguna banget...

makasihh, makasihh,,

dziban said...

wah makasih banget kang.... saya baru selesai pasang infus, bingung cara bikin saluran pembuangannya. sekali lagi terima kasih buat tips nya yang sangat membantu saya

Ubay mubarock said...

MAaf mas saya punya printer t60 kedip2 merah dua tombol bergantian gmana caranya.. Udah coba reset pke software tetep Ω̶̣̇ģĝǟǩ bisa .. trnyata itu bukan blinking..

Template by : ekohasan.blogspot.com