25 November 2016, INFO TERBARU: TOP258PN Ready, Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Driverpack 17.3.1 edisi Januari 2016 (3 DVD), IC EPSON L120, L220, L310, L360, L1300. Resistor untuk Kasus P10/B200 MP258, IP2770, MP237, MP287, Dioda Schotky untuk Kasus EPSON Mati Total,IC Counter Canon yg tidak bisa di RESET, MG2570, MG2470, E400, ip2770, mp258, mp287, mp237, dll

Friday, February 19, 2010

Cara Service CPU Lelet dan Sering Rusak Windows

Kemarin ada seorang konsumen Kang Eko yang mengeluh dengan komputernya, keluhannya seperti ini :
1. komputer sangat lambat ketika login windows.
2. kalau menyimpan file di desktop setelah direstart hilang.
3. program windows sering diinstall ulang dan sering rusak.


Cara Service CPU Lelet dan Sering Rusak Windows :

Pertama kali yang saya lakukan adalah memformat windows dan menginstallnya lagi. Seharian komputer Kang Eko test dan ternyata nggak ada masalah. Esok harinya ketika komputer mau dikirim ke rumah konsumen tersebut, komputer Kang Eko test lagi dan ternyata windows tidak mau booting sama sekali dengan layar warna hitam setelah keluar menu BIOS.

Waduh jangan- jangan memorinya rusak sehingga merusak programnya. Kemudian memory/RAM Kang Eko test dengan test ram yang ada di menu booting linux ubuntu dan ternyata RAM tidak ada masalah.

Kemudian saya curiga dengan harddisknya, kemudian harddisk Kang Eko coba format dengan menggunakan cara lama yaitu dengan perintah DOS format. Dan ternyata memang permasalahnnya ada di harddisk ini. Harddisk ini mengalami bad sector yang sangat kecil sehingga tidak kelihatan rusak dan bad sectornya itu merata.

Masalah ketemu dan akhirnya Kang Eko mengganti Harddisknya dan kemudian di install lagi dan Berhasil dan barang sudah siap kirim......

Memang sekarang ini kang Eko sering kali mengabaikan kasus seperti ini. Kalau dulu sebelum kang Eko menginstall komputer dengan kerusakan WIndows, biasanya langkah yang Kang Eko lakukan adalah :

1. Cek RAMnya (gunakan cek RAM dari linux)
2. Cek Harddisknya (gunakan Format versi DOS lama / gunakan HDD Regenerator)

Demikian pengalaman Kang Eko, selamat mencoba.....


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

11 komentar :

redshoot said...
This comment has been removed by the author.
redshoot said...

Kasusnya blh juga nie mas...
thank's for share...

ngomong2 td mas menyebutkan Hdd Regenerator
di Hiren's Boot cd v.10 kan ada jg tuh mas dan kalau dibandingkan dengan UBCD4Win V.350 lebih lengkap dan lebih bagus yg mana mas ?
ato ada referensi yg lainnya...
Thank's

Eko Supriyanto said...

REDSHOOT : kalo saya lebih seneng hiren cd karena filenya simpel dan ukurannya cukup kecil untuk didownload, dan fasilitasnya pun boleh dibilang cukup membantu saya dalam servis. mengenai lebih bagus mana itu tegantung selera mas....

Depe said...

klo hardisk seperti itu masih bs diperbaiki ato tidak kang? klo bs caranya gmn? tks.

Eko Supriyanto said...

DEPE ;
kadang bisa kadang nggak, tapi mending ganti aja pake harrdisk yg OK daripada resiko data hilang / corrupt...

Moch. Didy said...

mas eko, ada program test RAM yg gak under linux? soalnya saya gak ngerti linux. Trims kang...

anan joyo said...

mas eko yang terhormat, kompi ane cpu usage selalu 100%, pas dilihat di task manager system yang diatas system idlle nya selalu 99, padahal biasanya system idlle, apa solusinya mas....thanx sebelumnya.

Eko Supriyanto said...

Moch. Didy :
pake memtest86 saya dah pernah posting cara cek ram...

anan joyo :
mungkin kena virus atau antivirus yg terlalu berat, coba un install antivirusnya, ganti yang lebih ringan..

M. Shyhab Azzouhry said...

aSSALAMU'ALAIKUM KANG EKO.........
SAYA DAH NGGAK KUAT OTAKNYA NICH... JADI MAU TANYA MA AKANG.. CPU BUIL UP AMD HP KALO DI NYALAKAN CUMA ADA LOGO HPNYA Z KANG... PADAHAL DAH SAYA CABUTIN SEMUA. KAYAK HDD, CD ROM, SAMPAI CASSINGNYA KANG... TAPI TETEP Z YANG MUNCUL CUMA LOGO MBNYA Z. NGGAK MAU MASUK BIOS SAMA SEKALI. SAYA COBA GANTI KEYBOARD PS2 SAMPAI USB. TETEP KEYNYA NGGAK MAU FUNGSI. TOLONG KANG SOLUSI YANG TEPAT... DAH GANTI POWER SUPPLY JUGA SAMAPI GANTI RAM TETAP KAYAK GITU... SAYA MOHOOON BGT KANG... TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

Nasrudin said...

barusan saya punya kasus yg sama. letaknya ternyata di hardisk. setelah diganti hardisk jadi cepet lagi. makasih kang infonya:)

Irvan Sick said...

wes jan mantep tenan kang ilmune.. matursuwun :D

Template by : ekohasan.blogspot.com