25 November 2016, INFO TERBARU: TOP258PN Ready, Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Driverpack 17.3.1 edisi Januari 2016 (3 DVD), IC EPSON L120, L220, L310, L360, L1300. Resistor untuk Kasus P10/B200 MP258, IP2770, MP237, MP287, Dioda Schotky untuk Kasus EPSON Mati Total,IC Counter Canon yg tidak bisa di RESET, MG2570, MG2470, E400, ip2770, mp258, mp287, mp237, dll

Saturday, February 20, 2010

Cara service Monitor Advance Gelap dan Ngeblok Hitam

Kali ini ada kasus monitor advance 15" layar gelap dan gambar sepertiganya di samping kiri ngeblok hitam. jadi gambar nggak kelihatan disebelah kiri layar. Monitor advance ini kebetulan advance 15" yang seri lama. Bagaimana cara servicenya....?

Ok, langsung saja ke pokok permasalahan,
Pertama kali yang harus anda lakukan adalah membongkar monitor dengan membuka 4 sekrupnya.
tapi sebelum sampai cara service, kang Eko mau menjelaskan bahwa monitor advance 15" ini memiliki tegangan keluaran yaitu :

1. 80 volt : tegangan untuk IC Video di blok Video / RGB
2. 55 volt : teganagn untuk B+ flyback, tapi sebelum sampai flyback tegangan 55 volt ini dinaikkan dulu oleh IRF630/730/.... menjadi tegangan 80 - 125 volt tergantung resolusi monitor yang digunakan. semakin tinggi resolusi monitor semakin tinggi tegangan B+ ini.
3. 12 volt : tegangan untuk IC vertikal dan IC program dan IC oscilator. tegangan ini sangat penting dan kalo bermasalah efeknya monitor jadi kacau.
4. -12 volt : tegangan untuk supply negatif IC vertikal
5. 6,3 volt : tegangan untuk heater. heater adalah filamen di bagian belakang tabung yang fungsinya untuk pemanasan tabung agar timbul elektron. filamen ini mirip lampu pijar.

semua tegangan di atas tidak mutlak diangka yang kang Eko sebutkan diatas. Karena tiap monitor berbeda, tapi kisaran tegangannya antara yang kang Eko sebutkan di atas tidak beda jauh.

OK, kembali ke pokok masalah, gimana cara service advance 15 yang layar gelap dan ngeblok hitam.

Monitor gelap ini terjadi karena ada penurunan tegangan heater menjadi 3-4 volt dan ini disebabkan oleh elco yang rusak / kering cairan elektrolitnya, cari elco ini dan ganti.

Untuk monitor yang layarnya ngeblok hitam separo / sepertiganya ini terjadi karena penurunan tegangan 12 volt dan ini juga terjadi karena elco yang rusak / kering. cari elco ini dan ganti.

Untuk mencari elconya cek keluaran power supply dengan Multitester dan biasanya letak elco setelah dioda yang terhubung dengan trafo power suplly.

Demikian pengalaman kang Eko semoga manfaat......
Sumber gambar dari teman di mojokerto http://mproelektronik.blogspot.com


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

13 komentar :

Anonymous said...

maaf mas ganggu, numpang ne pa kasusnya sama dengan yang bapak jelasin cuman ini kanan kiri pak kira" apanya ya?
trus kalau posisi of ga di conekin k cpu monitor berkabut putih brignya g standar. mohon penjelasanya makasih sebelumnya... limz_muhamad@rocketail.com

Eko Supriyanto said...

IRF 630 rusak atau elco disekitarnya rusak, coba baca di panduan rangkaian horisontal. cari di daftar isi.

widodo said...

lg 505 Lank.....

Mas eko aku punya monitor LG 505
awalnya aku coba bersihin dalemanya+solder ulang,udah selesai semua aku tutup kembali casingnya.pas dinyalain ada yang kelupaan belum dipasang,yaitu kabel yoke....aku nyalakan lampu power ngedip...aku buka kembali,salah satu ic ada yang panas,,,aku lihat nomernya IRF 630,Aku ganti yang baru...enggak ngedip lagi...tapi monitor blank....[hitam gelap]aku colok kabel vga ga ada reaksi...biasanya tanpa di colok kabel vga khan ada indikator no signal,ini ga ada sama sekali...itu apanya kang....
Mohon pencerahanya....
Saking Widodo {SOLO}

Eko Supriyanto said...

widodo:
cek transistor horisontalnya, kalo OK cek elco untuk tegangan 5v atau coba ganti dulu. kalau masih sama coba cari transistor switching u/ tegangan 12v, jd urutkan saja 12v dari power suply nanti akan ketemu transistor itu, jumper semua kaki transistor itu...

ngome said...

kepada siapa saja para tekhnisi kawakan pasti tau, saya mau tanya tentang service monitor advance 15" osilasi irf634 tegangannya over sampai 300 v.
tolong dong letak kesalahannya?

ngome said...

kepada para tekhnisi kawakan pastinya tau.
mau tanya ni cara service monitor advance 15" black, osilasi irf634 tegangannya over sampai 300 v, tolong dong letak kesalahannya?

Eko Supriyanto said...

NGOME :
kalo pada saat cek, tr horisontal dilepas maka tegangan akan tinggi sekali, jadi pada saat cek pastikan tr horisontal terpasang, kemudian pastikan elco B+ tidak bocor, korosi dikakinya atau bahkan patah sebelah.

ngome said...

makasih pencerahannya. Ada satu lagi mas, tapi bukan nerusin yang kemarin. Ini mas saya punya tv polytron diva single ic, kasusnya tidak bisa nangkap siaran trus tidak bisa akses menu search, tapi sudah saya seting ulang data servisnya tetap saja. Mungkin tidak tunernya rusak yang berakibat tidak bisa akses menu search?

Eko Supriyanto said...

ngome :
kalo untuk yg satu ini saya masih kurang paham, tp kemugnkinan bisa jd tunernya rusak... atau trafo IF nya...

pyox said...

klo gambar atas gak penuh tertutup blok hitam kira2 rusak bagian apa ya om?

Eko Supriyanto said...

pyox :
ganti elco di blok video yg 80v

k0m1n6 said...

mw nanya ni mas...monitor q advance 15".smw tmplan normal,tp klo d kasih arde (gnd tanah) layarnya jd goyang2 knp yah? mkasih....

LUTHFIE said...

tanya mas
monitor advance 15 inch
gambar melebar ke bawah, dah ganti ic vertikal nggak ngaruh, stel trimpot vsize dah max nggak bisa ke atas, n gambarnya melebar, kenapa ya? elco transistor sama resistor aman

Template by : ekohasan.blogspot.com