03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Thursday, October 1, 2009

Monitor Samsung Magic SyncMaster 17" Mati Total

Kali ini aku dapat servisan Monitor Samsung Magic SyncMaster 17" Mati Total. Monitor ini milik Warnet jadi mungkin sering nyala terus daripada matinya. Jam 22.00 malam aku mulai mengerjakan Monitor Samsung Magic SyncMaster 17" yang Mati Total ini. Monitor tak coba nyalakan, dan terdengar suara "chik ....chik ... chik ...dst". Kalau ada suara seperti ini berarti pertanda bahwa Power Supply bekerja tapi tertahan oleh rangkaian yang konslet, entah di rangkaian horisontalnya, vertikalnya, ataupun rangkaian yang lainnya.

Monitor yang mati ini akhirnya aku bongkar. Aku mulai ngecek bagian-bagian monitor mati ini. Listrik aku lepas dulu, aku mulai cek konsletnya :
1. Biasanya monitor mati seperti ini yang sering rusak adalah transistor horisontalnya karena panas, aku mulai cek transistor ini, tapi ternyata OK.

2. Kemudian dioda penyearah setelah trafo power supply, aku cek dengan AVO meter ternyata semua OK. (Kalau semua OK langsung lanjutkan aja ke rangkain horisontal yang lain, karena biasanya rangkaian vertikal, dan video jarang konslet)

3. Kemudian aku lanjutkan ke bagian FET (biasanya IRF630) tegangan B+ untuk transistor Horisontal, ternyata juga OK.

4. Aku lanjutkan lagi setelah FET, ternyata di situ ada dioda lagi sebelum masuk ke FBT bagian B+ nya. Aku cek dioda itu dan ternyata dioda itu konslet, mungkin karena panas juga. Inilah yang menyebabkan monitor samsung 17" ini mati total.

5. Akhirnya ketemu deh kerusakannya, kemudian aku ganti dioda ini, dan monitor aku test ternyata monitor nyala dan kembali normal.

Bagi anda yang mengalami monitor mati seperti ini, ini adalah sebagian kecil saja dari cara service monitor, karena masih banyak kerusakan yang lainnya....... tunggu episode cara service monitor rusak berikutnya ..........

Selamat mencoba, semoga sukses ........


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

10 komentar :

FERIANSYAH said...

Mas Eko yang baik, saya ada problem monitor LCD samsung type synt master 733NW kondisinya sbb:
- monitor dalam keadaan hidup tiba2 dalam beberapa menit mati, ditunggu beberapa menit lagi baru hudup lagi dengan sendirinya, kejadian itu teris berulang lagi tiap beberapa menit, bagaimana menagatasi problem itu mas, thank di tunggu petunjuknya.

FERIANSYAH said...

Mas Eko yang baik, saya ada problem monitor LCD samsung type synt master 733NW kondisinya sbb:
- monitor dalam keadaan hidup tiba2 dalam beberapa menit mati, ditunggu beberapa menit lagi baru hudup lagi dengan sendirinya, kejadian itu teris berulang lagi tiap beberapa menit, bagaimana menagatasi problem itu mas, thank di tunggu petunjuknya.

samsul said...

Salam kenal Mas, mau nanya nich Monitor Samsung Synch Master 750s matot,... led indicator tdk nyala, saya cb cek voltase dr regulator tdk ada semua. Kira2 komponen apa yg rusak ya? Terimakasih atas jawabannya.

Eko Supriyanto said...

feriansyah :
coba cek elconya dulu..

samsul :
biasanya STR atau FET...

Admin said...

Lam kenal mas Eko....
saya punya monitor samsung 551v, troubelnya kadang2 warna biru tidak keluar, setelah saya bongkar saya tekan bagian belakang RGB nya, kemudian monitor warnanya normal kembali....cuma sekarang eror kembali...monitor berwarna kuning....dan warna merah dan biru kadang2 hilang...
saya tunggu bantuannya, tks.

Unknown said...

Mas, maaf nih bru tanya...
Gimana yah cranya membuka casing samsung sync master 750. Soalnya gak ada bautnya.. Hanya sepasang jepitan. Kalo mau gambarnya.. Email ke hariezg@gmail.com thanks.

Unknown said...

floydoank,,,,,said
mas monitor saya samsung syncmaster magic CD173A.warna merah berubah jadi hitam ktanya RGB nya.cara perbaikinya gmn ya mas?

MediaElank210 said...
This comment has been removed by the author.
MediaElank210 said...

Merk samsung magic syncmaster FN17DF
Mas mhon pencerahan dioda brige dh diganti berikut STR 7805 tpi masih aja bunyi tik tik tik blm hdup jg dan indikator blm menyala,,mohon penjelasan trimakasih

Anonymous said...

jadi harus diperiksa satu satu untuk tau dimana letak kerusakannya yya..
solder listrik

Template by : ekohasan.blogspot.com