03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Friday, October 30, 2009

Cara Service Monitor Samsung Syncmaster 551v Menu Keluar Terus

Selamat datang kepada para pengunjung baru di blog ini. Semoga posting materi yang saya tulis dapat membantu anda semua dalam menangani masalah komputer anda. Berikut ini saya akan coba tulis tentang Cara Service Monitor Samsung Syncmaster 551v Menu Keluar Terus. Mau tahu caranya ....?

Monitor samsung Syncmaster 551v adalah monitor yang cukup populer di Indonesia. Monitor ini umurnya sudah cukup tua untuk kondisi sekarang ini (sekitar 8 tahunan ), sehingga banyak sekali kerusakan yang terjadi karena faktor umur ini.

Macam kerusakan Monitor Samsung Sycmaster 551v antara lain sebagai berikut :

1. Monitor Mati Total / Kadang mati kadang nyala / tombol power on susah
Kerusakan ini kebanyakan di timbulkan oleh solderan yang retak pada saklar on/off di PCB monitor. Cara Servicenya : Solder Ulang di bagian saklar on/off nya.

2. Monitor Blank dengan warna putih polos di layar dengan sedikit pelangi di bawah.
Kerusakan ini disebabkan oleh solderan IC vertikal yang retak. Dan kerusakan seperti ini tidak hanya terjadi di monitor Samsung Syncmaster 551v saja, tapi pada monitor merk lain, banyak juga terjadi kasus ini. Ini pernah saya ulas di posting ini.

3. Menu di monitor Samsung Syncmaster 551v keluar / muncul terus ( muncul sendiri ) walaupun tidak di tekan. Kerusakan ini juga sering terjadi, dan ini yang akan saya bahas.

Cara Service Monitor Samsung Syncmaster 551v Menu Keluar Terus :

1. Bongkar monitor dan lepas papan besi dengan papan PCB nya.

2. Lihat blok di dekat IC Program / IC Utama / IC yang paling besar.
IC ini bekerja dengan tegangan 5 volt. Jika tegangannya kurang atau lebih maka kerja IC menjadi tidak normal. Dan hal inilah yang menyebabkan menu monitor samsung ini muncul terus walaupun tidak kita tekan.

3. Cek tegangan 5 volt untuk IC Program ini. Anda dapat cek di pin IC program yang ada tulisannya vcc ( tegangan kerja ).

4. Jika tidak 5 volt (misalkan 4 volt atau 7 volt), maka cari IC 7805 yaitu IC yang berfungsi menurunkan tegangan 12 volt dari power supply menjadi 5 volt untuk tegangan kerja IC Program. Letaknya ada di dekat IC program, bentuknya biasanya kecil seperti gambar di bawah ini.




5. ganti IC 7805 yang cacat / rusak itu dengan yang baru. Anda tidak harus mengganti dengan yang ukuran kecil, ukuran besar juga nggak apa-apa yang penting serinya 7805. Contohnya seperti gambar di bawah ini :




6. Nyalakan monitor dan kalau masih muncul menunya, tekan tombol exit sekitar 2-5 menit sampai menunya hilang.

7. Selesai dan tutup kembali monitor anda.

Selamat mencoba ......


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

28 komentar :

baburinix! said...

mau nanya nih mas eko:
kemarin saya bongkar monitor Lg studiowork, karena bunyinya ctek ctek dan layarnya gelap gt,saya coba mengamati dan mencoba mengecek bagian hot, tr ini masih bagus menurut saya, tapi tegangan di skala av selalu turun naik, begitu terus2an,kira kira bagian apa saja yang harus di periksa.mohn infonya tentang bagian bagian tiap blok.
terimaksih

Eko Supriyanto said...

di delapan artikel terbaru ada tuh..
dilihat dulu ya barangkali sama.
cek :
1. tegangan 5 volt untu vcc IC program
2. kemungkinan flyback rusak juga sering terjadi di LG

Coba cari di postingan saya tentang servis LG, banyak kok dan insyaAllah ada di situ semua ...

Anonymous said...

mas mo tanya kalo mo ganti kapasitor untuk monitor samsung 551v ukuran 400volt 180 mikro bisa kita ganti dengan ukuran 400volt 220 mikro atau yang 150 mikro? soalnya yang 180 mikro dah cari ketoko ga ada...
thanks

Eko Supriyanto said...

@ Anonim : mengganti elco yg penting tegangannya sama jangan sampai dibawahnya, kalau mikronya lebih besar lebih baik, tapi kalo nggak ada yg lebih besar lebih kecil sedikit untuk micronya nggak apa2x. Jadi 400volt 220 mikro lebih bagus tapi kalo mau pake yg 150 mikro juga nggak masalah.

Anonymous said...

mas Eko..saya mohon penjelasan. saya punya monitor SyncMaster 551v. waktu komputer nyala, monitor cuma keluar signal itu lho (gak keluar tampilannya), tetapi setelah dimatikan, terus langsung dihidupkan kembali baru kelihatan tampilan komputer booting. bila kasus seperti itu, yang perlu di cek dan diperbaiki yang mana mas?mohon informasinya...terima kasih :)

doel said...

Mas saya punya monitor samsung 551v mati ternyata sekring putus, ic regulator dp704 kebakar dan power kopler juga kebakar, kemudian saya ganti dengan yang baru tapi buat power kopler gak tahu nilainya kemudian sama toko di kasih yang bentuknya sama dan punya sharp, setelah dinyalakan nyala tapi kenapa gambar goyang2 agak getar gitu gak stabil? apa yang musti di cek? apakah dioda zenernya? soalnya setelah saya cek dioda zener ada yang korslet dan sekarang belum saya ganti , mohon bantuannya terimakasih banyak

Eko Supriyanto said...

@ Anonim : coba solder ulang bagian primer power supplynya.....

@ abdul :
Kalo gambar goyang mungkin elco regulator 150uF/400v di primer power supply, coba ganti aja dulu barangkali itu, ato kalo nggak mungkin juga elco B+ dan Elco regulator setelah FET IRF 630 B+ juga. B+ itu yg tegangannya 55volt

doel said...

maaf mas ini klo berkenan saya ngambil gambar dari http://sadarelektronik.files.wordpress.com/2008/11/3.jpg
kan hampir mirip gambarnya yang mana elco B+ itu solanya saya lagi di kantor monitor ada di rumah klo elco primer dah saya ganti mas tapi te2p gambarnya getar

terima kasih banyak loh mas

Sabeum andi said...

ass.,.,.,.,kang maaf.,.,.monitor Samsung Sync Master 551V saya bermasalah.,.,.
Dari Tampilan Warna Merah tidak Keluar.,.,.,kenapa ya.,.,.?
Mohon bantuannya..,terima kasih

Eko Supriyanto said...

ABDUL : cari elco dibagian sekunder PS yang voltasenya kalo nggak 100v / 160v. itu pasti elco B+.

DON'S net : solder ulang bagian blok RGB yang nempel diujung tabung. solder semua aja kalo bisa, tapi difokuskan di IC videonya, ada 2 IC di blok RGB itu.

adi said...

mas kalau boleh tanya bagaimana caranya men seting warna pada monitor samsung? soalnya setelah ganti crt warnanya jadi dominan merah

joni s said...

mas punya alat+softwarenya untuk adjusment monitor samsung tidak?

Eko Supriyanto said...

ADI : dimenu OSDnya biasanya ada pengaturan warna, kalo belum maksimal berarti harus merubah rangkaian RGBnya terutama resistornya, kalo ini agak sulit harus trial and error.

JONI : untuk adjustment samsung saya nggak punya mas.....

Unknown said...

monitor samsung 17" saya klo dipake pada resolusi 800x600 normal tp pada resolusi 1024x768 getar kira2 rusak dibagian apa mas?thx

Eko Supriyanto said...

Romy :
coba ubah setting refresh ratenya misal 1024x768 70hz / 75Hz / 85Hz.
Kondisi seperti ini yg rusak flybacknya, flyback sudah cacat sehingga untuk frekuensi tertentu gambar goyang....

gedekris said...

Mas...terima kasih ats info beserta ilmu-ilmunya yg telah disampaikan. "Doa Sukses Menyertai". Mas..minta tolong cara test IRF 630 pake AVO meter. yg kedua mohon petunjuk penggantian IRF 630. apa sama IRF 630 A dengan IRF 630 B atau IRF 630 H. dan apa pengganti IRF 630 jika kesulitan akan Komponen tersebut. terima kasih atas bantuannya.

Eko Supriyanto said...

GEDEKRIS :
cara cek MOSFET ada di daftar isi blog ini, IRF itu termasuk jenis MOSFET.
Kalau serinya sama aja yg penting 630, banyak di pasaran.....

m.mulyadi_m said...

kang eko aku py mntor smsung synmaster 793 mati total trus aku selidiki ternyata IC horisontalx (ST E 2310FX E417) rusak permasalahnya IC tersebut carix susah banget mislkan IC tersebut diganti IC yg umum seperti BU4522AX / C3886A atau yg lain menurut kang eko gmna.

Eko Supriyanto said...

m.mulyadi_m :
diganti BU4522AX / C3886A gak papa, itu bukan ic tapi transistor ....

m.mulyadi_m said...

nanya lagi kang, aku pnya monitor merk TRAQ kalau dihidupkan dalam hitungan detik mati Fblek sy lepas mc tetap aja kira2 apanya yang kang

Eko Supriyanto said...

@m.mulyadi_m : Coba cek semua ELCOnya, mungkin ada elco yg rusak, sehingga terjadi tegangan lebih

teknisi newbie said...

Kang Eko, sya pnya monitor samsung 551v. jdi monitor pas di nyalain, blank. pas sya telusuri ternyata ada IC 4 kaki yg dket dengan Fly back sudah retak solderan'y. sya solder ulang tpi ttep blank jga monitor. itu knapa ya Kang. Terima Kasih....

LISA said...

mas eko saya ada monitor LG 505G black, waktu di colokkan listrik indikator power ngeblink terus menerus... solusinya gmn yaa, saya udah ganti kapasitor 10v 1000ufnya kok masih ngeblink

Unknown said...

Mas eko saya punya monitor viewsonic menunya muncul terus. Saya baca artikel diatas ada transistor 2n3904 deket ic program, saya cari dipasaran gak ada apa ada persamaan untuk transistor tersebut??? Diganti dengan transistor lain thanks

Anonymous said...

makasih min sudah share tutorial servis smartphonenya ini...
blower infrared

Kristina Dunn said...

This article's well-researched content and excellent phrasing are admirable. I couldn't put it down after reading it. Your skills and work are inspiring. Thanks. Here's a profile about spacebar clicker you might find useful. The spacebar test is discussed. With this tool, you can measure and improve your spacebar hitting speed.

Micks Jhonson said...

Your Post is very unique and all information is reliable for new readers. Keep it up in future, thanks for sharing such a useful post. The official rice purity test.

Qwik Aid said...

Great Post! You have provided very informative content. Very useful for newbies just like me. It is very impressive. Get instant technical help for how to Change ATT Email Password of your account.

Template by : ekohasan.blogspot.com