03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Thursday, August 5, 2010

Cara Service Monitor Nyala Normal lama-lama Redup dan Gelap

Posting lagi ..., sambil menjawab pertanyaan yang masuk. Bahasan kang EKo kali ini adalah Cara Service Monitor Nyala Normal lama-lama Redup dan Gelap. Kang Eko juga pernah ngalami Monitor Nyala Normal lama-lama Redup dan Gelap, tapi tidak sering. OK mau tau cara servicenya ...?

Indikasi Kerusakan :

Monitor pada waktu dihidupkan awalnya gak masalah, tapi setelah lama-lama hidup terus layarnya jadi redup terus gelap. Masalah ini bisa terjadi pada merk monitor apa saja. kang EKo sering nemui masalah ini di monitor LG 15". Ok langsung menuju ke TKP ....

Cara Service Monitor Nyala Normal lama-lama Redup dan Gelap :

1. Bongkar monitor anda...

2. di BLOK RGB nya cari kapasitor pembuang muatan, masalahnya ada di kapasitor ini.
Kapasitor ini ukurannya 102/103 2KV atau 1nF/2KV or 10nF/2KV.

Ini kapasitor tegangan tinggi karena fungsinya pembuang muatan lebih di screen flyback. Karena kering/bocor, maka tegangan screen berkurang perlahan, dan tegangan screen kurang/kosong akan menyebabkan tabung gelap. Begitu kira2x....







3. Kelihatannya kapasitor ini tidak rusak tapi sebenarnya rusak, GANTI aja langsung...

4. Monitor siap di coba....

Selamat mencoba ....


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

49 komentar :

mr-pud said...

Salam mas,

Sy dah nyoba info yang mas kasi ini, ternyata ada 2 kapasitor yang sy temukan di blok RGB, dengan kode: B103K IKV SHC....yang mana kapasitornya sy ganti??

Heheh..biar gampang sy mau ganti keduany tapi kapasitor yang ketmu dipasaran ketemu kode: 103 2KV sj. Bisa itu dipake penggantinya? soalnya gak sma

Mohon bantuan, trims

mr-pud said...

ehhe..slah kode kapasitor yang ktemu: 103 1,6KV sj

Eko Supriyanto said...

DEPUD:
103 2KV malah lebih bagus mas, ganti aja keduanya, tapi yg sebenarnya diganti cuma satu yaitu yg nyambung ke G2 screen FBT

mr-pud said...

ya mas, msalah bentuk dan warna kapasitornya kan gak harus sma ya?

Eko Supriyanto said...

depud :
Bentuk ngak usah sam yg penting ukurannya

mr-pud said...

Mas Eko, dah diganti kedua kapasitor mylarnya pake yang 103J 1,6KV, udah gak redup2 lagi, tapi kok krang saat boot mau masuk windows ada garis putih tipis vertikel ditengah2 monitor, kenapa tu mas?

Eko Supriyanto said...

depud : kecilkan screen flyback, mungkin gambar terlalu terang ...

Achmad Muzemmil said...

terimakasih mas... infonya sngat membantu... sya coba dlu... kbtulan monitor saya redup...
tpi syang blum punya alat soldier n timahnya...
sukses slalu bwt mas eko... n master2

REZA EFENDI said...

saya ganti Elco 1000 micro 10 V di bagian regulator dgn 1000 u 16 V karna ada yg melembung dan menambah timah pada ic vertikal karna Tampilan monitor menggulung di bagian bawah/kadang di atas yang menggulung (solderan tima ada yg retak)..setelah saya pasang tiba2 monitor jadi redup dan ada suara tik tik tik tik..mohon bantuannya

agus said...

mau nanya mas monitor dgn layar gelap lampu nyala stby.apanya yg rusak? mohon solusinya

Eko Supriyanto said...

REZA EFENDI :
coba cek lagi yg disolder ulang tadi, mungkin ada yg konslet atau cipratan timah yg menyebabkan jalur konslet, karena sebelumnya nggak mati, kalau redup coba putar screen flybacknya.

AGUS :
cek transistor horisontalnya, baca panduan tentang horisontal di blog ini...

The Cyndicate said...

Mas Eko, monitor saya SPC B-700, penggantian kapasitor keramik telah dilakukan, tapi koq tidak ada pengaruh apa-apa, monitor tetap saja lama-lama redup dan gelap. Padahal monitor ini tergolong belum lama dipakai, karna pembelian nya dikota berbeda yg jauh tidak memungkinkan untuk claim garansi.

Unknown said...

kang, gimana kalo kapasitor yang 103/2KV kita ganti dengan yang 103/1KV??
soalnya setelah keliling nyari masih belum bisa ketemu juga yang 103/2KV.
trims.

Eko Supriyanto said...

The Cyndicate :
Coba cek tegangan heater 6-7v dan lihat apakah diujung tabung nyala merah kayak bolam, kalau tidak nyala berarti tegangan heater tidak ada. Baca di <a href="http://ekohasan.blogspot.com/2010/04/panduan-service-monitor-ii-blok-rgb_22.html</a>

<b>Qitmir :</b>
Nggak papa mas, dicoba aja, sebenarnya nggak dipasang juga nggak papa tapi lebih amannya dipasang.....

exorchidz said...

mas kalau warna monitor menjadi gelap diserta dengan munculnya warna dominan ungu, serta terkadang dilayar muncul gangguan semacam kaya gangguan jika ada gelombang panggilan masuk dari handphone apakah juga disebabkan kapasitor ini?

Eko Supriyanto said...

Muhammad :
coba putar screen flybacknya....
dan cek solderan IC vertikalnya ...

100Share 4U said...

Mas Saya Menemukan masalah pada 2 LCD monitir merk BENQ.
Masalahnya yang pertama begitu monitor di nyalakan hidup normal tapi hanya beberapa detik dan lang sung mati.

Dan yang kedua ini tadinya tampilan layar gelap setelah mengganti dua elco yang bocor dan IC C5707 layar normal, jika di matikan melalui tombol tapi arus masih terhubung ke power suplay, yang mati hanya monitornya, lampu penerang monitor masih nyala, kira kira ada kerusakan di bagian mana?

Eko Supriyanto said...

100Share 4U :
kalau yg pertama : coba ce elconya dan pastikan tegangan 12 dan 5v normal. kalau semua normal mungkin rusak di inverternya atau di driver inverternya yg berupa fet gabungan bentuk seperti ic.

kalau yg kedua :
juga sama cek tegangan 5v untuk modul vganya, kalau tidak ada 5v maka gambar tidak akan nyala dan neon nyala.
tapi bisa juga yg rusak bukan modul vga tapi memang layar LCDnya yg sudah rusak dan harus ganti layar.

satria said...
This comment has been removed by the author.
satria said...

Nanya mas eko,
Saya punya monitor CRT lama Packard Bell 17in. kemarin waktu dinyalain screennya makin lama makin buram sampai akhirnya gelap sama sekali. berdasarkan gejala tsb maka saya liat komponen kondensator mylar (kapasitor keramik) di blok video/RGB.

ini foto bagian RGB tsb. pada bagian yang dilingkari dengan warna merah ada komponen yang saya gak tahu. disebelahnya kondensator mylar. pada pcb di komponen tsb terprint Z 952 (apakah Z singkatan dari Zener???). pada badan komponen tertulis 1 KV HD. :
http://www.flickr.com/photos/57773390@N05/5319448966/

ini foto yg lebih jelas setelah kondensator mylar di cabut
http://www.flickr.com/photos/57773390@N05/5319447150/

dan ini
http://www.flickr.com/photos/57773390@N05/5318845419/

komponen tsb terlihat gembung. tolong diberitahu ini komponen apa dan gunanya apa. apakah dalam bentuk sekarang ini (gembung), komponen tsb dalam keadaan rusak?

Thx

Eko Supriyanto said...

SATRIA :
kapasitor itu memang bentuknya gembung seperti itu tapi itu bukan kapasitor yg rusak.

Yg rusak justru yg sebelahnya yg bentuknya pipih yg dilepas. C926 coba ganti.

kalau masih gelap lg : cek tegangan heater (lampu dileher tabung)

Abee said...

" depud : kecilkan screen flyback, mungkin gambar terlalu terang ..."

gmn klo punya saya flayblacknya ga ad VR screennya...??cma ad setingan fokus aj...

terima kasih gan....

Eko Supriyanto said...

ABEE :
berarti harus merubah ukuran R di output pin flyback yang ke jalur G2 screen. besarkan ukuran R nya...

Take-One said...

mas eko...gmn neh monitor saya kebalikan dr kasus mas eko posting..monitor LG IBM 15" pada saat pertama menyala redup, lama kelamaan akan terang sedikit demi sedikit tapi tdk bs maksimal, padahal flyback dah maksimal...

Unknown said...

mas eko,,,,

kapasitor monitor saya tertulis 332 500v. seandainya saya ganti kapasitas ditasnya gmna??
apakah nanti menimbulkan masalah lain???

dan,,,kalo boleh tau,,,ketentuan yang harus dperhatikan dalam penggantian kapasitor itu apa ya??
mohon bantuannya,,,,

terimakasih......

red7art said...

mas eko, saya sudah mengganti mika 102, gambar jdi terang. tpi tetep masih suka tiba2 gelap n mesti dipukul pantatnya baru terang lagi. kira2 knapa ya mas? mkasih

Eko Supriyanto said...

TAKE ONE :
cek tegangan heater / filamen tabung 6.3v, kalo berkurang ganti elconya.
kalo ternyata sudah 6.3 v, dan tetep kabur gambarnya, kemungkinan tabung sudah lemah karena faktor usia dan perlu ganti tabung.

SYAIFU :
kalau elco itu sebagai filter tegangan, lebih tinggi ukurannya lebih bagus.

RED7ART :
solder ulang semua bagian RGB dan jalur G1 / brightnesnya...

JastinBiber said...

Mas, saya menggunakan LCD samsung SyncMaster 740n.. Monitor saya redup dan kemudian mati.. setiap saya matikan dah saya hidupkan lagi, LCD saya hidup cuma selama 1 detik dan kemudian redup dan mati lagi.. begitu seterusnya.. masalahnya dimana ya mas..?

Eko Supriyanto said...

JASTIN BIBER :
ganti elconya mas. baca link berikut :

http://ekohasan.blogspot.com/2010/06/cara-service-lcd-monitor-samsung-732nw.html

Oan's said...

salam kenal mas eko, saya punya monitor LCD Advance yang usianya sekitar 2 tahun. Belakangan ini sering sering muncul warna putih seperti kabut mulai dari pinggir layar dan lama kelamaan akan terus begitu sampai memenuhi semua bidang layar, dan disertai juga dengan monitor yang "lap-lap" (maaf susah sih menjelaskannya). Kalau sudah seperti itu tidak ada yang bisa dilakukan, tapi anehnya kalo saya pukul-pukul maka warna putih seperti kabut itu akan hilang dan layar kembali normal lagi. Mohon pencerahannya kenapa bisa begitu dan bagaimana cara mengatasinya

Eko Supriyanto said...

OAN'S :
solder ulang bagian RGBnya..

Unknown said...

mas lcd monitor saya merk advance, lampu neon nya gak mau nyala,kira2 apanya yang rusak

Aqiq & Raikhan said...

Mas,...kalo lama tidak fokus/buram,..bukan redup. kira2 apanya ya. C 102 uada aku ganti masih saja buram semain lama, atur fokus da mentok. trim atas pencerahannya

ahmad salim said...

kang aku mau tanya aku punya monitor nomal tapi layar gelap padahal dah ku ganti milar pembuang arus masih gak mau nyala juga lapujarnya juga nyala masih tapi masih gak mau nyala juga mass??
tolong beri pencerahan masss...

Eko Supriyanto said...

bibrik :
inverter rusak...

Aqiq & Raikhan :
ganti soket RGBnya

ahmad salim :
putar screen flybacknya

Muharom_Rusdiana said...

Mas, Sya Mw Tanya, Monitor SAMSUNG SAMTRON 17inch, Ada Keterangan No Signal Waktu Dihidupkan Tapi KEtika Saya Sambung KE VGA, Monitor Mati Dengan Bunyi CHEK CHEK ... Lampu indikator Kedip2...
Setelah Saya Lepaskan Kabel DATA monitor, Monitor Kembali Ada Keterangan No SIGNAL. Terimakasih Mohon Penjelasannya ...

taruna said...

bang eko, saya mohon bantuan, saya punya monitor crt ion 15" kalo dipake sekitar 30 menit, gambarnya makin lama makin buram. sudah saya atur fokus di flyback tp nanti buram lagi. mohon pencerahan... trims

budis said...

mas eko, mau nanya nih... monitor saya crt hp7500 pas dinyalakan warnanya agak kekuningan. kemarin sudah dicoba diganti kapasitor pembuang muatan lebih nya. pas pertama dicoba warnanya sudah bagus tapi sekitar 15 menit kemudian berubah kekuningan lagi. kira- kira apanya ya mas... terima kasih...

subek said...

mo nanya nih mas eko, layar monitorku gelap lampu stanbye nyala, tp kalo ditekan atau digoyang2 monitor nya baru nyala,. jd stiap mo nyalain monitor hrs ditekan/digoyang2 dl br nyala, dan sebalik nya

Rizal said...
This comment has been removed by the author.
Rizal said...

Sore, mas kalo monitor saya (Samsung Samatron 50E) malah kebalikan, pertama agak redup lama-lama normal, kira2 apanya, ya? ... thx

Unknown said...

salam kenal mas eko.
mas monitor saya sama persis dengan http://ekohasan.blogspot.com/2010/08/cara-service-monitor-samsung-591sg.html. tampilan monitor ada garis putih horizontal
kan rusaknya IC TDA4864AJ lalu di monitor saya R pengamannya juga ikur terbakar karena sudah ga jelas lagi warnanya tlong sebutkan besar ohm untuk R pengamannya..
agar saya juga bisa beli n ganti tu resistor
terima kasih mas eko

Asydan Net said...

Ijin Copas Bos.. di asydannet.blogspot.com
dg sedikit hasil praktek saya

Asydan Net said...
This comment has been removed by the author.
Asydan Net said...
This comment has been removed by the author.
Asydan Net said...

jin Copas Bos.. di http://asydannet.blogspot.com
dg sedikit hasil praktek saya

DH1K said...

Trima kasih sebelumnya,
kang Eko sy baru belajar nih,sy punya monitor samsung crt,sy mengalami kesulitan wkt mau melepas "alas" dr pcb monitor tsb.sy bingung gmn mau ngecek kompononenya ya?. trims

bendol said...

permisi...saya ada monitor yg mana bila di pakai bermain (browsing/game), monitor seperti melebar sedikit demi sedikit, hingga kadang2 tombol start hilang tertutup, ini juga terjadi tidak hanya di samping kiri kanan tpi juga atas bawah...

ketika saya meminize/restore suatu windows, katakanlah mozilla. monitor seperti berdenyut, seperti monitor melebar kemudian mengecil (atau mungkin bergoyang/tidak fokus), semakin sering saya restore/minimize maka monitor akan melebar seperti yg saya bilang....

makasih dan mohon solusinya

Anonymous said...

thanks min sudah share...
http://cody.id/produk/lcd-separator/mesin-pemisah-lcd-touchscreen-cody-968/

Template by : ekohasan.blogspot.com