03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Thursday, January 13, 2011

Cara Service Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat

Bahasan Kang Eko kali ini adalah tentang printer epson R210 dan R230 yg mengalami kerusakan Lampu Tinta dan lampu Resume berkedip / blink Merah dengan cepat. Kerusakan ini sering terjadi dan semoga dengan artikel ini mempermudah anda sekalian....

Cara Service Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat :

Indikasi awal :
Ketika printer dihidupkan, maka printer akan kelihatan normal dan melakukan kalibrasi dengan gerakan Head ke kanan dan kiri secara teratur. Akan tetapi di akhir proses kalibrasi printer berhenti total dengan lampu indikator tinta dan lampu resume (yg simbolnya kertas) berkedip / blink merah dengan cepat. Printer macet total.

Penyebab :
Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat, disebabkan oleh tertutupnya sensor dibawah head oleh tinta yg luber, dan akhirnya printer akan memproteksi dirinya dengan berhenti total.


Solusi Service Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat:

1. Bongkar Printer Epson R210 / R230.

2. Ambil Headnya dan lihat Head bagian bawahnya, disitu akan anda temukan sensor kecil yg biasanya tertutup / tercelup tinta.



3. Bersihkan sensor R210 / R230 itu.

4. Kalau masalah masih sama yaitu lampu Tinta dan Resume R210 / R230 masih berkedip / blink cepat, berarti anda harus mengganti sensor beserta kabelnya.

5. Selesai dan printer siap dicoba .....

Selamat mencoba .....


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

64 komentar :

digoesnet said...

Bagus banget tipsnya gan.. tepat pula ada Cliet saya seperti itu problemnya..!!!

Helena Liuw said...

Kang Eko,
Printer saya Epson C90 sekarang lampu orangenya menyala terus (Ink-out error untuk semua warna). Printernya pakai modifikasi dengan cartridge yg dilengkapi chip auto-reset (yang tanpa switch). Sudah dilakukan prosedur untuk mereset, namun tetap tidak ada perubahan. Menurut Kang Eko apanya yang salah? Ada saran barangkali?

Terima kasih atas jawabannya.

Eko Supriyanto said...

HELENA LIUW :
sudah coba ganti catridge belum ...?
kalo dah diganti catrid tetep sama berarti masalah ada di boardnya.
saya dah pernah posting, mengatasi catridge epson tidak terdeteksi. coba di search

okrek said...

makasih banyak mas atas sharing nya. semoga blog kang eko semakin jaya.

okrek said...

oh ya mas, kalo printer canon mp258 error code 21 cara ngatasinya gimana ya? soale udah tak reset dari yang mas sharing di forum tetep ngak bisa.

Eko Supriyanto said...

OKREK :
kalo error 21 sy belum tahu ... kalo 22 scannernya yg rusak........

Helena Liuw said...

Sudah dicek fuse yang dimaksud, kondisi OK, sudah coba ganti cartridge tidak ada perubahan. Mungkinkah rumah cartridgenya rusak Kang Eko? Trims atas bantuannya.

Helena Liuw said...

Update:
Rumah cartridge, head, kabel head, cartridge, semuanya diganti hasilnya tidak berubah sama sekali. Tersangka utama tinggal mainboardnya saja.

Eko Supriyanto said...

Helena LIuw :
Kalo semua dah diganti berarti memang Mainboardnya sudah kena di ICnya, kelamaan konsletnya dan fuse tidak bekerja dengan baik, akibatnya ic board yg rusak.

Helena Liuw said...
This comment has been removed by the author.
Helena Liuw said...

Terima kasih Kang Eko atas jawabannya. Terima kasih juga Kang Eko mau dan masih sempat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kami, di walaupun Kang Eko sibuk. Mudah-mudahan blog ini jalan terus. Sampai jumpa di pertanyaan berikutnya, dan jangan bosan-bosan ya Kang..? (~_~)

aLb said...

saya hampir putus asa dengan r230 ku, saat print kertas tertahan dan indikator kertas & Tinta berkedip, indikator power mati. selalu begitu dalam 3 hari ini....
dengan cara Mas Eko semua BEREEESSS.. makasih mas maju terus..

bagus said...

mohon pencerahan,printer saya error keterangan nya "ink pad counter overflaw erro" kira2 knapa ya?mohon

Eko Supriyanto said...

BAGUS :
buth reset mas, cari di blog ini cara resetnya...

Helena Liuw said...

Kang Eko, printer saya Epson R230 sekarang kalau ngeprint selalu muncul garis-garis ngeblok warna biru dengan letak dan ukuran yang acak. Sensor di bawah head sudah saya cek, bersih. Kabel kayaknya tidak masalah, karena printernya belum 1 tahun belinya. Menurut Kang Eko kira-kira apanya ya? Mohon pencerahannya Kang. Terima kasih sebelumnya.

Eko Supriyanto said...

HELENA LIUW :
kemungkinan kabel flexibel headnya kendor atau rusak, coba di kencengin dulu.

Unknown said...

kang. saya punya printer saya r230 kalau di buat ngeprin menggunakan kertas yg tebal lancar, dan kalau nyetak dengan kertas folio selalu macet/paper jam. mohon pencerahan kenapa dengan printer saya

Eko Supriyanto said...

SUPARDI :
mungkin ASF sudah aus karena sering dipake untuk kertas tebal, coba ganti ASFnya ..

Unknown said...

sy punya Printer R230, terkadang suka berkedip lampu indikator kertas dan tinta, sudah saya reset, tp masih begitu. kalaupun mau ngeprint tinta putus-putus

hilal_cairoo said...

Oke Senior., Epson R230 Blinking, lampunya kedip merah 2 secara bersamaan dan lampu lednya mati, udah bisa lagi :)
sangat membantu
trim's solusinya and salam teknisi

Eko Supriyanto said...

taufiq :
lakukan seperti artikel diatas.
kalo hasil putus2x : bersihkan pake head cleaner...

[O].[B].[E].[T] said...

Alhamdulillah setelah mengikuti tips dari kang Eko... dikt demi sedikit saya bisa memperbaiki printer sndiri.....

semoga apa yang udah kang eko share bisa berguna buat kita semua... dan di berikan imbalan baik dunia n akhirat... Amiiin :)

doc IT said...

mas mau numpang nanya nih...
printer epson c90 sy tombol powernya ntu agak susah, sering macet dan lampu indikator power dan tintanya sering bekedip berselingan..
mohon pencerahanya

doc IT said...

mas mau numpang nanya nih...
printer epson c90 sy tombol powernya ntu agak susah, sering macet dan lampu indikator power dan tintanya sering bekedip berselingan..
mohon pencerahanya

Anonymous said...

mohon pnjelasan, saya punya printer R230, pada saat print tinta tidak sedikitpun keluar heat, apakah heat rusak atau hanya buntu, krena sdah sy bersihkan tetap saja tdk ada tinta yg kluar dr heat.. mkasih sebelumnya..

Eko Supriyanto said...

[O].[B].[E].[T] :
aminnn...

DOC IT :
pastikan selang infus tidak nyangkut, coba bersihkan pin catridge nya.

WIRAMADITA :
coba pake cairan cleaner, kalo masih tidak keluar, mungkin head sudah lemah dan perlu diganti

Admin said...

Terimakasih mas atas artikel service printernya, berkat artil mas saya sudah menemukan akar masalah di printer saya. Thanks

Rizal said...

Lampu resume dan lampu tinta nyala bergantian pada printer r230, mohon solusinya. makasih.

Rizal said...

Lampu resume dan lampu tinta nyala bergantian pada printer r230, mohon solusinya. makasih.

mok said...

mas eko, ane punya epson 1390 2 biji. dua2nya muncul general error, lampu paper and ink blinking cepat. trus mati gak mau hidup2 lagi. punya solusinya? dah ngubek2 kemana2 belum nemu solusinya. thanks.

tomsbatara said...

mas eko problem diatas sama nda dgn epson,karena printer sy r290 sama spt diatas selalu nabrak kekanan kalau di on,printer ini pernah rusak diganti tr tt3034 & tt3043,apakah mesti dikalibrasi atau bagaimana ya solusi terbaik,terimakasih..

Jhon_Cool said...

Siang Gan, mohon infonya, R230X saya tidak mau narik kertas saat ngeprin kenapa ya, padahal printernya normal. please infonya terima kasih

Anonymous said...

allo mas Eko.. trims saya terbantu sekali denga semua ulasan di blog mas Eko... saat ini saya punya problem EPSON R230 saya selalu error/nyala lampu tintanya. dikomputer errornya cartridge cannot recognized, kadang cannot deteck. pas dihidupin printer normal, beberapa saat lalu error seperti diatas(cuma lampu led tintanya nyala) anehnya walau diganti cartridge lain tetap nyala. Hal ini terjadi setelah saya ganti TALI/belt R230 yg putus.. please kasih penenerangan..

Unknown said...

mas printer epson stylus poto 1290 saya ngeblink gantian merah hijau..solusinya mas thks

TWINS COMPUTER said...

saya pernah dapat masalah ini dan saya udah atasi dgn menganti sensor PW.(sensor yg kang posting sensor PW namaya)udah saya ganti akan tetapi beberapa hari kemudian dia kembali dgn masalah yg sama. ada solusi gak kang..????

TWINS COMPUTER said...

oya jalan2 y ke blog saya
teknisiepson@blogspot.com
(saya pemula di lingkungan blogger)
terima kasih jg buat kang ekho

Ahmad Jaya said...

Salam kenal Mas Eko, langsung aja ya.. Minta tolong nih... aku punya bbrp Epson R230 dan sejauh ini masalah masih dpt diatasi dgn resetter.. tp kali ini pas mau di print nozle hasilnya kok jadi Inverse (tulisannya jd putih dan area yg gak ada tuliannya jadi berwarna)ini terjadi stlh aku change sensor dan kabelnya yg dekat printhead. Tolong solusinya Mas.. Trm kasih..

rofiismg said...

siang kang Eko saya punya r230 2 buah.. yang 1 normal... yang 1 troble seperti diatas... kedip merah cepat bersamaan..udah saya ganti sensor beserta kabelnya yang di maksud... tapi tetap aja gitu..kira2 apalagi yang harus saya perbaiki..terima kasih

fathul wahhab said...

assalamu'alaikum. sy mnggunakan epson c90, awalnya yg yellow tdk terdeteksi (incompatible) trus sy ganti chip & alhmdulillah printer normal kembali. namun skrang yg error warna cyan. error ini muncul lgi tiap kurang paper, gmana ya mas solusinya masa gara2 krg paper sy hrs beli chip baru :( ?

Unknown said...

mo nanya nih, printer r230 lampu tinta dan lampu power nyala kedua2nya, di sebabkan setelah print head di sedot dikarenakan mampet, solusinya gmana? terima kasih

simba said...

kang eko printer epson R230 sy ke 2 warna merahx g keluar sama sekali padahal warna yg lainx normal, sy coba lepas head dan sy semprot keluarx normal trus sy coba ganti katrid tetep g berubah kira-kira apanya ya kang mohon solusinx. terima kasih

info gratis said...

mas eko,,,, apa kabar,,,ini dari arek ponorogo,,,,
saya mau minta pencerahanya,,, ada printer R230 tapi hasil print out tidak ada tulisanya,,, padahal head tidak buntu setelah saya cek....
mohon pencerahanya buat masalah printer saya ini,,, terimakasih,,, semoga kang eko tambah eksis slalu

Bukti kekuasaan ALLAH said...

met malm mas, epson r230 led resume dan tinta berkedip gak beraturan, kenapa ya? resume lebih cepat kedipnya. please mas ge banyak tugas ne. thanks sebelumnya. lam kenal dari cah suroboyo

Anonymous said...

BILA masih error dengan cara diatas, sekedar sharing boleh coba cara yang pernah saya lakukan dan berhasil
kunjungi blog saya :
http://kanggudrill.wordpress.com/2012/05/02/cara-jitu-perbaiki-error-epson-r230-dua-led-blinking-cepat/

Koh Lee Van Djocdja said...

matur nuwun pakde.... sudah sembuh ....
Sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagui manusia yang lainnya.... matur nuwun...matur nuwun... (serpis sambil membaca postingannya sampe berhasil... hehehehe ,.,.,)

mampir pakde...
www.klithikanyogyakarta.blogspot.com

Unknown said...

TERIMAKASIH KANG....sgt membantu saya

ahmad wahyudi said...

kalau general eror pada waktu kertas udah masuk apanya yang rusak

Rizal said...

Saya br saja mengalami spt tsbt. Gara2 bersihkan print head dg cairan head cleaner, setelah sensornya saya bersihkan spt srn mas eko diatas skrg sdh tokcer lg.

Ato Sujana said...

pas dinyalain loadingnya seakan akan normal pas loadingnya mau brhnti tiba2 led hijaunya mati dan printheadnya juga tdk brgerak, kira2 solusinya gmana? Makasi mas eko.

Unknown said...

punya saya juga kedip" terus kang...
sensornya berapaan ya kalo d ganti

TUKANG KOMPUTER said...

Printer ane Epson r230,IC di dkt soket power dan dekat soket motor bau terbakar, bsakah diganti? dan beli ICnya dimana ?

Unknown said...

kang. .
r230 saya udah d bersihin bawah headnya masih tetep general error kang
gmana ya cara mengatasinya ??
udah saya bongkar-pasang ulang hasilnya tetep sama
mohon bantuannya kang

Unknown said...

mas eko q punya printer r230 lampu resum dan lampu tinta kedip bergantian kejadianya setelah q ganti roll kertas kok malah blink speti itu ya mas? Mohon solusinya mas..

Unknown said...

met sore maz eko , ni gw pux epson 1390 masalahx sma dgn artikel di atas, setelah ak kasih bersih tetep ga' bisa ,... lalu gw dah beli sensor baru skalian kabel fleksibelnya ... stelah gw pasang ... hasilx masih tetep ja maz,... mohon petunjuknya maz ekooooooo.........

Unknown said...

met sore maz eko , ni gw pux epson 1390 masalahx sma dgn artikel di atas, setelah ak kasih bersih tetep ga' bisa ,... lalu gw dah beli sensor baru skalian kabel fleksibelnya ... stelah gw pasang ... hasilx masih tetep ja maz,... mohon petunjuknya maz ekooooooo.........

Dedi Purwoko said...

mau nanya nih mas, printer saya r230 waktu terakhir saya pake ngeprint normal, trus saya diemin skitar 15 menit, pas saya mau pakai lagi malah general error, saya udh cek pw sensor nya bersih ga ada luberan tinta, encoder nya juga saya udh bersihin, tapi general error nya msh blm ilang, mohon pencerahan nya,

Unknown said...

Mom Kang eko,says mau Tanya ne,klo printer Epson R1800 lampu tinta sama meets ru ngeblingking itu knapa,and apa'ya ya ? Mhon bantuan'ya ya Kang? Hatur nuhun seblm'ya..

Unknown said...

Kang mau tanya. Kalo kasusnya saya begini, Epson R230 punya teman saya hanya lampu tintanya (merah) saja yang blinking cepat dan lampu power normal. Kemungkinan cartridge/head/sensor head ya? Tapi yang anehnya, kebetulan saya juga punya R230. Saya pindahkan tuh 1 blok mainboard+wadah & headprintnya ke printer saya. Kok normal ya?
Tiap dipasang diwadah aslinya, errornya sama. Termasuk mesin saya (board+wadah & headprint)dipindah diwadah itu, jadi error. Dipasang lagi di printer saya normal lagi.
Kira-kira bagian apa lagi yang error ya kang? Sampe pusing, baru kali ini nih saya nemuin error yang aneh begini.

Unknown said...

halo gan..printer saya epson t60 masalahnya lampu resume sama lampu delete ny aitu nyala duaduanya kedap kedip secara bersamaan, mohon bantuan ny guys..

thanks

Eddie71 said...

kang eko mau nanya nih,printer sya epson C87 plus,saat printer di perintah mencetak (ngeprint)lampu tinta dan lampu kertas lansung blingking kang eko itu masalahnya di apanya ya kang ...

Unknown said...

mohon pencerahan kang eko. saya punya printer r230 ketika saya nyalakan lampu tinta nyala terus. ini terjadi setelah saya bersihkan headnya.

Unknown said...

Kang Eko, sya punya printer R230x setelah sya head cleanning (maintenance) tiba-tiba blinking yah, Led Tinta dan Led Kertas bergantian berkedip, tapi Led Power mati.!! Tidak ada reaksi dari print ketika di nyalakan langsung blinking.! Sensornya sudah sya cuci menggunakan alkohol tapi hasilnya masih sama, makasih kang..

Unknown said...

sebaik nya kalau anda kesulitan membuka head nya lebih baik ambil kawat dan membengkokan lalu ujung yg di bengkokin anda balut dengan kain halus dan basahi dgn pembersih kaca,lakukan secara perlahan dan hati hati, laku kan sampai bener benar bersih dan tak terlihat lagi ada tinta di kain. semoga bermanfaat.

Anonymous said...

makasih min sudah share, terbantu sekali...
pinset

Template by : ekohasan.blogspot.com