03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Thursday, November 18, 2010

Cara Menganalisa dan Service Laptop

Memperbaiki laptop adalah menganalisa gejala masalah secara akurat. Sebagai contoh, beberapa orang akan terburu-buru dan segera membeli baterai baru ketika ber asumsi rusak. Bisa saja hanya masalah kabel atau konektor yang buruk pada kabel listrik, padahal bisa diperbaiki dengan sedikit solder atau isolasi. Mari kita simak bersama....

Demikian pula, apabila layar LCD mati, bisa menjadi kegagalan mainboard atau adaptor video, inverter buruk atau lampu lcd neon terbakar. LCD yang perlu diganti, biasanya terjadi karena retak fisik di kaca atau blok dari pixel mati. Jika CD atau DVD drive tidak bekerja lagi, pastikan Anda sudah mencoba pilihan mencoba kit pembersih sebelum mengganti drive, dan selalu mengecek koneksi sebelum membuang drive yang lama. Adalagi yang akan mengidentifikasi diri mereka sebagai kerusakan adalah hard drive semakin keras atau dari waktu ke waktu hidup baterai semakin berkurang.

Permasalahan Power /Power failure


Proses pemecahan masalah selalu dimulai dengan mengidentifikasi apa yang berfungsi. Jika masalah berhubungan dengan power, ( baterai adalah salah satu penyebab laptop tidak mau menyala) langkah pertama adalah memastikan power terkontribusi ke laptop.. Ini berarti memeriksa bahwa LED pada transformator baterai menyala, dan jika tidak (atau tidak memiliki LED), pastikan ac adapter dicolokkan ke stopkontak listrik yang baik.. Anda dapat memeriksa bahwa dengan mencabut ac adapter dan hanya mencolokkan lampu atau dapat memeriksana dengan alat penguji arus.

Pertanyaan berikutnya adalah apakah tidak ada status lampu LED kecil di lampu laptop dengan daya terpasang masuk .Bahkan model tertua biasanya memiliki status kekuatan cahaya yang baik.. Jika Anda memiliki status daya positif dan notebook juga tidak akan menyala, cek berikutnya adalah baterai. Beberapa model notebook tidak akan beroperasi tanpa baterai terpasang baik, cari tahu di internet apakah model laptop Anda akan beroperasi dengan baterai mati atau hilang. . Jika daya baterai sudah tidak menjadi masalah dan laptop tetap tidak menyala dengan kekuatan status baik , itu bisa terjadi masalah dengan power regulator, atau lebih besar kemungkinan peraturan tenaga listrik (ic power component)atau mainboard. Mengatasi masalah regulasi atau motherboard memerlukan peralatan pengujian atau papan luang untuk swap, dan berada di luar ruang lingkup artikel ini. (kita akan bahas bahagian ini lebih terperinci di lain sesi)

Ada sedikit perbedaan yang sangat antara troubleshooting Laptop Dell, Toshiba Satellite, Sony Vaio, IBM Thinkpad, HP Pavilion (dan Compaq) atau bahkan Powerbook Apple atau iBook. . Desain dasar dari semua laptop yang sama, walaupun satu model menggunakan CPU Intel, yang lainnya AMD ada pula PowerPC dan Transmeta rendah. Seorang teknisi troubleshooting laptop Toshiba mungkin lebih suka memulai dengan baterai, seperti yang terkenal lemah, seperti masalah HP dan notebook Compaq sering dimulai dengan RAM. Namun, tidak semua model dapat ditandai mempunyai kelemahan pada permasalahan yang sama. bukan mengikuti proses logis dari eliminasi. Hanya karena satu model dari Dell cenderung bercak biru pada layar ketika usia tertentu bahwa notebook Dell terus memproksi dengan masalah yang sama.

IBM dan Sony dan Apple laptop umumnya dipandang sebagai kualitas yang lebih tinggi daripada merek populer lainnya, tetapi mereka semua mengalami permasalahan serupa karena terlalu panas, keausan, dan sesekali menjalankan komponen yang buruk. Baterai adalah subset khusus masalah daya yang banyak terjadi . The NiCd baterai yang lebih tua secara khusus rentan terhadap masalah. Jika tidak sempurna dalam pengisian, sel baterai mulai mencatat level sebelumnya sebagai sebagai level maksimum yang baru, dan beberapa sel-sel individual bahkan mungkin sebaliknya . Ni-MH (Nickel Metal Hidrida Baterai) yang menggantikan NiCd (Nickel Cadmium) untuk model standar yang agak lebih baik, tetapi mereka tidak bisa melawan buruknya sirkuit kontrol pengisian atau buruknya pengendalian software .. Semua baterai laptop, apa pun bentuk, terdiri dari sejumlah sel tegangan rendah dihubungkan secara parallel atau seri untuk mencapai tegangan operasi yang dibutuhkan.
Beberapa notebook yang lebih tua mengharuskan Anda mengsiklus baterai terus-menerus, hanya bekerja pada listrik AC selama yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai .

Banyak model-model baru harus diisi penuh baterainya sekitar seminggu sekali, tapi selain tidak kuatir meninggalkannya terpasang dalam waktu yang lama, dan desain terbaru tidak peduli apa yang Anda lakukan selama laptop benar-benar mendapatkan pengisian pada baterai untuk persentase waktu yang wajar. Jika Anda berpikir baterai Anda berjalan turun terlalu cepat, pastikan Anda telah mengaktifkan mode penghematan daya agresif dalam perangkat lunak (biasanya diakses melalui Control Panel atau ikon produsen) yang redup layar, memperlambat CPU, dan membiarkan hard drive spin down saat tidak digunakan. Juga, perlu diingat bahwa tingkat estimasi ketahanan sisa baterai yang menyebabkan alarm pada layar dapat diatur oleh pengguna, dan jika pengaturan default Anda sangat konservatif (antara 10% dan 20%), Anda mungkin ingin bereksperimen dengan yang lebih rendah level (antara 3% dan 5%) yang masih akan memberikan Anda waktu untuk menyimpan pekerjaan Anda dan mematikan sebelum masuk ke laptop hibernasi.

Video Failure

Hal pertama untuk memeriksa dalam permasalahan video , seperti yang dijelaskan di atas. Jika Anda selalu bisa mendengar kipas laptop Anda ketika Anda menghidupkan laptop dan sekarang Anda tidak dapat mendengarkannya itu bukan masalah vga , itu masalah power atau mainboard..

Langkah pemecahan masalah berikutnya adalah untuk menghubungkan monitor eksternal dengan konektor VGA standar, apakah CRT atau LCD. Jika notebook anda tetap tidak menyala ke monitor eksternal, itu sangat mungkin bahwa salah satu motherboard component atau adaptor video internal (jika itu bukan bagian dari mainboard) telah rusak. Kemungkinan kerusakan motherboard component pada analisa diatas adalah p.a Vga…p.a.procesor…ic epromer…mboard chips..power modul…power ic component:jika lead tidak menyala sama sekali.

Jika monitor eksternal bekerja dengan baik,beberapa permasalahan terjadi pada subsistem video laptop, yang biasanya terkandung sepenuhnya pada layar / perakitan tutup(flif). Atau salah satu bundel kabel/lcd cable (sinyal video atau power) yang beroperasi melalui engsel untuk subsistem video telah gagal,kecuali permasalahan jelas pada Tabung Lcd,(layar retak, memudar di sudut, gambar samar, piksel buruk).Untuk penggantian LCD Anda tetap harus membuka bagian utama laptop untuk memeriksa koneksi. Masalah yang paling mudah untuk mengidentifikasi perasalahan dengan jelas adalah(kerusakan fisik) LCD retak, Mengganti LCD adalah hampir sama pada kebanyakan notebook.

Jika kecerahan layar Anda tampaknya menyala atau kadang-kadang terang dan kadang-kadang hampir memudar (membayang)atau sepenuhnya gelap, (jangan tertipu oleh modus penghemat daya), maka Anda mungkin memiliki permasalahan backlight atau inverter.. Antara dua, inverter beberapa kali lebih mungkin untuk bermasalah, berfungsi sebagai ballast padat di lampu neon modern. Lampu latar sendiri adalah CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) dengan waktu yang akan sangat lama untuk rusak/putus, sementara seluruh generasi inverter sama pada beberapa model laptop, Anda dapat dengan mudah menemukan sparepart pengganti ,baik yang original ataupun yang compatible.(metoda penggantian inverter kita bahas di lain sesi).

Permasalahan Fan(cooler system)

Permasalahan umum yang sering dihadapi adalah masalah panas, bagaimanapun juga panas adfalah musuh utama dari laptop, hampir 75 % trouble yg dihadapi adalah disebabkan panas yang berlebih. Apalagi di dalam casing laptop hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen. Permasalahan kebanyakan dari cooler system adalah tersumbatnya lobang pembuangan panas pada heatsink(tertutup debu) yang menyebabkan panas yang seharusnya dikeluarkan kembali memantul kedalam laptop,sehingga temperature didalam ruangan yang sangat sempit bertambah panas.Hal ini dapat menyebabkan over heating pada VGA chip,Procesor chip dan component motherboard yang lain.

Permasalahan kepada kipas(fan)ditandai dengan suara laptop yang berisik, menandakan fan bearing sudah aus atau fan mati ,yang dapat membahayakan motherboard component.Sebaiknya Anda tidak menunggu sampai adanya kerusakan akibat panas (over heat) untuk menggantikan kipas angin.

Port dan Konektor Power


Laptop kadang-kadang terganggu oleh permasalahan internal dari konektor fisik, seperti modem atau port jaringan tampaknya terlepas dalam kasus ini, sehingga sulit untuk mendapatkan koneksi yang baik, atau solder konektor power terhubung dengan masa(induksi).. Satu-satunya cara untuk memperbaiki masalah ini adalah untuk membuka casing laptop, menentukan apa yang telah rusak, dan melakukan yang terbaik untuk mengembalikannya ke kondisi asli, bukan hanya mengkludgingnya .

Masalah dengan kludging apa pun di notebook mempunyai toleransi yang begitu ketat yang kludge Anda mungkin gagal setelah Anda memasang casingnya kembali. Ketika melakukan solder pada papan laptop, gunakan ujung besi halus dan tidak terlalu panas jangan ambil resiko dengan panas solder yang tinggi.hal ini dapat merusak sircuit pada PCB(Papan circuit board) Gunakan pengisap solder yang layak untuk cepat membersihkan sisa sisa timah solder . dan jika Anda merasa mengerjakannya terlalu lama.sebaiknya berhenti sejenak,dan biarkan semua dingin sebelum mencoba lagi. 



sumber : udiware.wordpress.com


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

52 komentar :

mangandri said...

mas klo ganti odd acer aspire 3000 gimna ya minta bantuannnya dong

Eko Supriyanto said...

DUNIA :
tinggal dibuka aja sekrup yg mengunci ODD, trus ODD ditarik...

akbar_com said...

oh ya mas kemarin sy dapat servican netbook SMK MUGEN karya rakitan anak bangsa yg diberikan kpd guru2..... kl mslah driver alhamdulillah pake Devidinfo beres semua... yg jadi soal layar sperti melebar bagian bawah shg start+tasbar g kelihatan... tp jika pake monitor TABUNG biasa normal2 sj. q googling katanya yg merakit sendiri SMK luar jawa kl jumpai gitu suruh buka dan kabel flexibel yg menujuj ke LCD ada yg konslet/bengkok sruh nglurusin sj terus soal beres... bener g mas???

Bagus Hertian Blogger said...

Mas kok tombol Fn di keypad netbook ku aktif terus

Eko Supriyanto said...

AKBAR COM:
saya malah belum tau mas, dicoba aja ikuti petunjuknya...

BAGUS HERTIAN BLOGGER :
biasanya karena kotor dan lembab sehingga konslet dan akhirnya on terus. u/ membersihkan susah dan ribet, karena harus bongkar keyboard per bagiannya. Biasanya kalo memang urgen saya suruh ganti keyboardnya...

Gun2r said...

Kang mo nanya laptop saya HP Compaq QC 40...keypad semua normal kecuali untuk mouse yg ada dekat keypad (sentuh pake tangan) tidak bisa dgunakan sama sekali awalnya karena kena air. kira2 kerusakannya apa ni kang eko apa perlu ganti satu set ato gmana ...atas perhatian dan bantuan kang eko saya ucapkan terima kasih..maju terus

Eko Supriyanto said...

GUN2R :
biasanya harus ganti 1 set tapi coba bongkar dan bersihkan dan keringkan dulu.

CIPTO OFFICIAL said...

kang aku punya leptop axioo kalo saya hidupkan lampu indikator power hanya berkedip.tapi kalo di bantu cas sebentar dan di hidupkan langsung hidup dan bisa saya gunakan kira-kira 2 jam.seperti ini apakah leptopnya ato batrey nya? dan apa solusinya.trims

Eko Supriyanto said...

electronic:
yg rusak boardnya mas, kalo laptop harus cek satu persatu jalurnya. kalo ini bisa karena bagian powernya atau chipsetnya...

Aflah said...

mas laptop acer aspire 4720z koq gak bisa masuk ke layar desktop, loding widows terus gak masuk ke desktope. solusinya gimana mas? trmsksh

Aflah said...

padahal baru saja aku instal windowsnya, tapi kadang jadi dan sering gak jadi, loding terus.

Lalulalang said...

Mo nanya Pak, sy punya laptop hp compaq cq 45, sebelumnya idup normal belakngan kita harus menekan sisi lcd atas agar normal tampilannya… kalo tdk ditekan tidak bisa buat ngetik dll…akhirnya sy bongkar sendiri cek lcd , konektor, flexible….sy pasang ulang tutup semua dgn agak rumit…begitu sy idupin …ga munculgbr di lcd tapi lampu power ditekan idup. ada kedip2 yang ada di keyboard yg ada di 4 tempat kiri kanan , atas bawah ..berupa ada titik 4 ato 5 yg sebelahnya ada gbr monitor dekat mouse pad…….sy bingung apanya yg salah…mohon pencerahannya pak..atas bantuan dan perhatiannya sy ucapkan terima kasih

Admin said...

boz, lw pnya gw msalah.a gini...
lapto tuch hidup tapi layar.a terpotong...
jadi taskbar.a g kliatan...
dah di set di pengaturan properties desktop tpi g mw jga...
gmana donk ?

Anonymous said...

Kang Eko netbook ku AO722 ngak mau nyala, ketika tombol power dipecet let power nyala 5-10 detik mati lagi begitu trus. Sudah cek charger, batre, memori, hdd semua baik,mhon infonya makasih, gue Rudi pendatang baru.

jayusgokil said...

mas mohon bantuanya ni?? laptop saya axioo beberapa hari ini waktu di cas ko tidak mau, chanzer normal di indikator nya jg normal,,, tp % nya tidak naik padahal di cas semalaman,,dari 7% ga naik2, sakin jengkelnya saya matikan & saya copot batrainya,, bsk nya saya pasang lg ko % berubah menjadi 13%,, pdahal blm saya cas,, apa laptop saya mengalami hibernasi/batrai na yg rusak,,, minta solusinya mas????

rifa7 said...

bang ... ni aku punya laptop compaq cq 41 . ga mw tampil ... fan nya bisa putar , tapi ga bs msuk bios , pkok cuma bisa putar fan nya , trus led num lock dan caps lock nya kedip kedip bersamaan ,,, apanya bang ,,, plis help me ,, hehehe

peace for all

rifa7 said...

boleh kasih saran di fb ( rmrifaiwd@gmail.com )

terimakasih

lanang said...

kang bisa minta pencerahannya... laptop saya dell latitude d610... biasanya kl normal saat adaptornya di colok lampu led nya nyala sebentar trus langsung mati... tapi kali ini saat adaptornya di colokin lampu led nya g mati seperti biasanya alias hidup terus... dan g bisa masuk ke biosnya serta g bisa ngecarger.... saat saya lihat di mobo nya kelihatan baek2 sj... trus saya coba menghidupkn mnggunakan batrai ,, di daerah vga chipsetnya terasa panas sekali... apa itu artinya vga chipsetnya yang kena,,,,
mohon bantuannya pencerahannya kang....

ghufron said...

akbar_com@ sudah ketemu belum solusinya mas akbar?, kalo belum datang aja ke SMKN 1 Badegan Ponorogo

Unknown said...

Mas saya mau tanya kenapa laptop saya tidak dapat menayala
kondisinya :Indikator power dan wifi hidup, kipas menyala, namun no display
bisa di jelaskan kenapa masalahnya??

trims mas...

berbagi ilmu said...

terimakasih, pakk !! ^_^

bhass.28 said...

Oiyya bos,klw acer odd ma hdd ngga bisa kedetek,kira2 apax yah ??pdhl hdd ma odd sy tes di unit lain masih bagus.. Mohon pencerahan master

mizar said...

permisi kang eko,
mau tanya, led indikator power pada laptop jika d charger muncul kedap-kedip hijau, jika tidak ditekan menyala led hijau nya, padahal kondisi lptop tidak saya hidupkan, trouble nya menurut kang eko dimana ya?
laptop saya axioo mnc neon intel celeron, kondisi tanpa harddisk dan baterai,
terima kasih...

Andi the oct's said...

mas eko,
saya tertarik untuk belajar reparasi laptop karena saya juga hobby mas
selain itu ada keinginan untuk membuka jasa servis
mungkin mas eko bisa merekomendasikan tempat kursus yang jos gandos
trims mas
salam sukses
-andi-

Anonymous said...

TOKO ABADI SENTRAL COMPUTER SURABAYA
DAFTAR HARGA PRINTER CANON SEMUA TIPE,discon 50%
Jl Kusuma Bangsa 116-118 Hi-Tech Mall l C/81 SURABAYA
Cara pesan HUB: 0856-5607-9085
CANON SELPHY CP810 - White Rp 1.188.000
CANON imageCLASS MF5980dw Rp 8.500.000
CANON imageCLASS MF4420w Rp 2.595.000
CANON imageCLASS MF4450 Rp 3.670.000
CANON imageCLASS MF4550d Rp 4.200.000
CANON imageCLASS MF8010Cn Rp 6.750.000
CANON imageCLASS MF8080Cw Rp 8.500.000
CANON imageCLASS MF9280Cdn Rp 25.000.000
CANON LBP-6000 Rp 1.280.000
CANON PIXMA E500 Rp 1.049.000
CANON PIXMA iX6560 Rp 3.300.000

CARA TRANSAKSI:
Kami Hanya Melayani Yang Serius.
Kami melayani pembeli di seluruh indonesia.
Pembeli Diwajibkan Melakukan Pembayaran Harga Barang Yang Sesuai Dengan Barang Pesanannya.
Pengiriman barang melalui: JNE, TIKI, dan POS Express
Harga barang kami sudah termasuk ongkos kirim.
Barang yang rusak atau cacat pada saat pengiriman, akan kami gantikan kembali dengan barang yang sama.

KEUNTUNGAN BERBELANJA DI TOKO KAMI:
Barang berkualitas dan harga relatif lebih murah.
Dapat dikirim ke seluruh Indonesia.
Ongkos kirim gratis.
Keamanan dijamin 100% karena setiap pengiriman barang disertai dengan asuransi Dan Nomor resi
Proses cepat dan sederhana.
Produk terbaru dan uptdate.
Semua produk yang ditawarkan merupakan produk Asli, Baru & Tersegel.
Original & bergaransi Resmi.



Unknown said...

munanya charger apa yang sama dengn sony vaio..

Unknown said...

Misi mas saya punya laptop pocket sony vaio vgn-p33gk.kalau pake carger windows berjalan lancar tp kalau carger adaptor dilepas langsung hank. Kalau pake batrai aja g bisa masuk windows. Cuman bisa safemode n masuk bios lancar..

Unknown said...

Kira2 apanya yg bermasalah ea. Thanks sebelumnya

Unknown said...

siang gan mau tnya
laptop saya acer travelmate p234
akhir" ini layar laptop saya suka kedap kedip ?
pertama kejadian pasa lagi dengerin musik tiba" kedap kedip
kan saya jdi takut saya matiin, pas di hidupiin dia muncul sedia kala
tapi kadang" bisa kayak gitu lagi
tanyain ke teman laptop saya aman-aman aja gada masalh
tpi layar nya kadang suka kedap kedip
itu kenapa dok dan gimana solusi nya ?

PRADANAWIDHARMA said...

Alhamdulillah.. Terima kash Banyak atas sharing ilmunya Pak Eko.. benar2 bermanfaat bagi saya..
sukses dengan Blog nya Pak.

Unknown said...

mas eko salam kenal ya,

gudang informasi said...

mas laptop tosiba saya bunyi keyboardnya,, gimana ya cara mematikannya??

Tabloid Mingguan Nusa Elak said...

mantap gan.. Izin Copas sebagai reverensi

Unknown said...

mas kalo boleh tanya saya punya laptop acer kalo dinyalah pertama normal lama kelama-kelamaan tampilan terang -redup sampai akhirnya hilang(hitam) ,tpi laptop nya tetep nyala,lo di colokan lcd external normal-normal aja,kerusakan nya seperti papan inverter ,tpi masalah nya ini memakai led ? kira' rusak nya dimana tu mas saya mohon perncerahan nya,terimakasi

feri tralala said...

mas mohon pencerahannya, notbook saya asuss x101h ketika saya carger batre tetap terpasang layar nya kedap kedip tp kalu saya cabut batrenya dan langsung saya hidup kan layarnya gak kedap kedip mas...??

A.M miftah said...

Salam kenal ms eko
terimakasih sangat membantu sekali postingnya

Unknown said...

Bos ane mw nanya bos. Gni bos ane pnya laptop axio mlc bos.. belakangan ini leptop ane brmasalah mati total bos. Anr cuba pke cas lampu indikator carger hdup bos. Pas di tekan power lmpu indikator kedip kedip trus mati bos. Kira2 masalhany apa ya bos. Mohon bantuanya bos. Tanks

Unknown said...

Laptop ane HP 520, baterainya udah ngedrop, jadi harus sambil di charger kalo dinyalain,

biasanya pas ditekan tombol power bisa nyala (lancar)
tapi sekarang pas ane tekan tombol power, lampu led kedip" doang ( tidak ada tanda" booting)

ane coba copot baterainya, trus dinyalain sambil dicharger, laptop gak bisa nyala juga.

itu kira" kenapa ya gan ?

Unknown said...

Coba cek ramnya gan mungkin masalah di ramnya

Unknown said...

Mas klo laptop acer gk bisa hidup tp kadang mau uga hidup klo di copot baterainya dan di pasang lage. Pernah juga saya coba menghidupkannya tanpa baterai dengan mencolokkan adaptornya tapi gak bisa hidup uga. Kira-kira kerusakannya Apa yg mas?
Mohon bantuannya!!

Anonymous said...

Kasus punya aku juga spt itu
Pas ram ny digoyang dikit bisa nyala spt sedia kala

Semenjak itu apapun proyek aplikasi ataupun tugas" ketikan jadi harus sering di backup soalny stress kl mndadak takutnya malah semua file hilang hahaha

Anonymous said...

Kasus punya aku juga spt itu
Pas ram ny digoyang dikit bisa nyala spt sedia kala

Semenjak itu apapun proyek aplikasi ataupun tugas" ketikan jadi harus sering di backup soalny stress kl mndadak takutnya malah semua file hilang hahaha

Anonymous said...

Kasus punya aku juga spt itu
Pas ram ny digoyang dikit bisa nyala spt sedia kala

Semenjak itu apapun proyek aplikasi ataupun tugas" ketikan jadi harus sering di backup soalny stress kl mndadak takutnya malah semua file hilang hahaha

matcha said...

Mas notebook nya jenis acer yang batrenya di tanam. Itu pas saya pencet power ga mau respon. Malahan bunyi di bagian powernya. Terima kasih

bahtiar@gmail.com said...

Apakah ada yg jual modul power jack acer aspire 5580 series . . . ?

Unknown said...

Asalamualaikum bang...gimana ya kalau komputern led poqernya nyala tapi kipasnya cuman putar sejenak...udah coba ganti ram ttp aja sama ..terus tes hadisk baru ttp aja itu gimana caranya bang.?

Unknown said...

Mas laptop saya SMK Relion. Masalahnya setiap mau di klik account nya kenapa kok gk mau login terus mati nyala mati nyala berulang begitu terus. Mohon wejangan nya mas

KOKO ROMO TORO said...

Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
http://selltiket.com
Booking di SELL TIKET aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!
dijamin lebih murah!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di http://agenselltiket.com

Info lebih lanjut hubungi:
No handphone : 085363402103
PIN : 5C0C4F38

Anna said...

Kang Eko, laptop saya toshiba A505 lcd nya 16.5 inch. Belakangan ini lcdnya sering mati, tapi jika diubah sudut bukanya pada posisi tertentu bisa nyala lagi. Sekarang buka layarnya mesti rebah ke belakang lumayan jauh baru bisa nyala. Kadang kalo mati coba saya tekan layarnya ke bawah bisa nyala lagi. Mohon pencerahannya Kang. Maturnuwun sebelumnya.

Unknown said...

Kang sy mau nanya..laptop lenovo T60 sy udh di colokin ke listrik tapi pas sy tekan tombol mau nyalain ko malah ga hidup" knp ya kang..krn bekas semalem anak sy pake mungkin terlalu panas ..apa solusi nya trima kasih kang

Unknown said...

Kang sy mau nanya..laptop lenovo T60 sy udh di colokin ke listrik tapi pas sy tekan tombol mau nyalain ko malah ga hidup" knp ya kang..krn bekas semalem anak sy pake mungkin terlalu panas ..apa solusi nya trima kasih kang

Anonymous said...

makasih min sudah share ini..
solder uap

Template by : ekohasan.blogspot.com