23 November 2014, Selamat Datang di Blog Kang Eko, Ready IC Counter MG2570, IC TOP258PN, Driverpack 2014 edisi Oktober 2014. Terima Kasih Atas Kunjungannya

Thursday, March 18, 2010

MENGENAL & MENGUKUR KOMPONEN ELEKTRONIKA KAPASITOR

2. KAPASITOR

Nama lainnya adalah kondensator. Adalah komponen yang terdiri dari 2 pelat logam yang dipisahkan dengan isolator. Isolator ini menunjukkan nama dari kapasitor tersebut. Ukuran kapasitor adalah Farad.

1 Farad (F) = 1.000.000 mikro Farad (F)
1 mikro Farad (F) = 1.000 nano Farad (nF)
1 nano Farad (nF) = 1.000 piko Farad (pF)

Sifat kapasitor adalah dapat menerima arus listrik dan menyimpannya dalam waktu yang relatif.

Adapun jenis – jenis kapasitor berdasarkan isolatornya adalah sebagai berikut :

a. Kondensator Elektrolit / ELCO (kondensator yang memiliki polaritas, kaki + dan kaki -)
b. Kondensator Keramik
c. Kondensator Mylar
d. Kondensator Mika
e. Kondensator Kertas

Penggunaan kapasitor dalam rangkaian :
• Sebagai perata arus
• Sebagai penyimpan arus listrik



Simbol Kondensator dalam Rangkaian adalah "C" dan simbol gambarnya adalah :


Cara Membaca Elco

Misalnya dibadan ELCO tertera tulisan 10uF/16v berarti ELCO tersebut memiliki ukuran 10 mikro farad dan tegangan kerjanya maksimal 16v. Jika tegangan yang diberikan lebih besar dari tegangan kerja maka ELCO akan rusak. Sisi ELCO yang terdapat tanda panah menunjukkan kaki disisi tersebut adalah kaki negatif.

Cara Membaca Kapasitor Keramik / Mika / Mylar

Misalnya di badan kapasitor tersebut tertera tulisan 103 artinya :
• Angka I : melambangkan angka
• Angka II : melambangkan angka
• Angka III : melambangkan jumlah nol & ukurannya dalam piko Farad.
Jadi nilai kapasitor tersebut adalah 10.000 pF = 10 nF = 0,01uF.

Mengukur Elco Dengan Multitester

Sebenarnya cara yg saya sampaikan ini kurang pas untuk cek elco, dan cara yg tepat mengukur elco adalah dengan CAPACITANCE METER, dan dia akan menunjukkan kapasitas yg sebenarnya yg dimiliki elco itu. Tapi cara ini juga lumayan cukup membantu, berikut caranya :

1. Putar batas ukur pada Ohmmeter X1 / X10 untuk elco yang ukurannya besar dan X100 / X1K untuk elco yang ukurannya kecil.
2. Hubungkan probe ke masing-masing kaki ELCO (bolak balik sama saja)
3. Lihat penunjukan jarum pada papan skala.

Kesimpulan Hasil Pengukuran

• Jarum menunjuk angka & kembali ke tempat semula : elco baik
• Jarum menunjuk angka & tidak kembali ke tempat semula : elco bocor
• Jarum tidak bergerak sama sekali : elco putus
• Jarum menunjuk angka nol : elco short


Mengukur Kapasitor Non Polar Dengan Multitester

Sebenarnya cara ini juga kurang pas untuk cek kapasitor, dan cara yg tepat mengukur elco adalah dengan CAPACITANCE METER, dan dia akan menunjukkan kapasitas yg sebenarnya yg dimiliki elco itu. Tapi cara ini juga lumayan cukup membantu, berikut caranya :

1. Putar batas ukur pada Ohmmeter X1K / X10K
2. Hubungkan probe ke masing-masing kaki kapasitor (bolak balik sama saja)
3. Lihat penunjukan jarum pada papan skala.



Kesimpulan Hasil Pengukuran

• Jarum menunjuk angka kemudian & ke tempat semula : kapasitor baik
• Jarum menunjuk angka tdk kembali ke tempat semula : kapasitor bocor
• Jarum tidak bergerak : kapasitor putus
• Jarum menunjuk angka nol : kapasitor short



UpDate  :
Cara Gampang Melacak ELCO rusak silahkan baca di http://ekohasan.blogspot.com/2011/07/cara-melacak-elco-rusak-dengan-esr.html

BERSAMBUNG KE PENGENALAN DIODA .............



-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

17 komentar :

f4h1402198815l4m said...

Menurut pengetahuan saya, kapasitor keramik itu piko farad, sedangankan untuk kapasitor mylar nano farad. Mohon pencerahannya ya kalau memang saya yang salah

Eko Supriyanto said...

f4h1402198815l4m :
makasih atas koreksiya .....

Tommy said...

Kang, bila kita mau mengukur kapasitor di mainboard, apa perlu di lepas dulu dari mainboard ato langsung diukur aja????
oya kang, untuk hasil pengukuran Jarum menunjuk angka & kembali ke tempat semula : elco baik, apakah jarum kembali ke tempat semula itu bergerak perlahan2??

1 lagi kang,hehe untuk mainboard yang rusak, pengecekan selain di kapasitor, kemudian bagian apa lagi yang sering mengalamni kerusakan??
terima kasih kang...

Eko Supriyanto said...

TOMMY :
untuk cek ELCO, harus dilepas...

menegenai kecepatan gerak jarum tergantung ukuran elconya, semakin besar uF nya semakin lama....

Mainboard sering rusak di regulatornya juga (MOSFET) warna hitam bentuk kayak transistor.

Tommy said...

MOSFET perlu dilepas dari mainboard juga kang buat pengecekan??

terima kasih kang..

Eko Supriyanto said...

TOMMY :
sebaiknya dilepas saja...

ndaryani said...

Maaf, setahu saya, capasitor selain elco dan tantalum, klau di ukur lalu menunjukan resistansi itu berarti justru bocor? Kan bahannya terbuat dari dua keramik yang di sekat tanpa ada hubungan. Mohon koreksinya...

Eko Supriyanto said...

NDARYANI :
makasih koreksinya.
memang kalau menunjukkan resistansi dan gak kembali lagi ke tempat parkir semula berarti kapasitor bocor, tapi kalau kembali ke tempat semula berarti kapasitor OK.
tapi sebenarnya ini bukan cara yg benar untuk ceknya, tapi minimal bisa untuk cek sementara.

sebenarnya ada alat khusus cek kapasitor / elco.

w4hida's blog said...

kang eko,, aku punya mainbord dell dayanya drop misal elco dengan ukuan 1800 uf/6,3v drop tinggal 2v. elco dah tak coba ganti tapi tetep, mohon solusinya, sukron

Eko Supriyanto said...

w4hida's blog :
maaf untuk mainboard saya belum punya referensi lain selain elco dan regulator FET di dekat processor yang bentuknya kayak transistor

w4hida's blog said...

bagaimana cara mengukur regulator FET dan indikasinya?? biasanya kalo FET nya yang matitu efek yang kelihatan pada Mobo tu pa?? terimakasih. maaf ni klo bnyak nanya.

Eko Supriyanto said...

w4hida's blog :
cara ukur fet / mosfet ada diblog ini.
kalo fet konslet, biasanya board matot...

ferynov said...

info yang berguna saat darurat, elko sendiri memiliki resistansi, tergantung pada besar uF dan voltase.

cara cepat lihat kapasitor asli

Eko Supriyanto said...

ferynov :
makasih sudah mampir,

Yoriko said...

makasih banyak mas!!!
membantu banget.....

main2 juga ya mas... diblog saya yg sederhana...

www.rajaistana.blogspot.com

randi arianto said...

ukuran maksimal elco yang kecil berap

ivan verys said...

Thanks udah share sob , bermanfaat infonya !!


bisnistiket.co.id

Template by : ekohasan.blogspot.com