03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Wednesday, December 2, 2009

Cara Servis Komputer Hang / Macet Jilid II

Kali ini adalah Cara Servis Komputer Hang / Macet jilid II. Tulisan ini melanjutkan tulisan saya sebelumnya dimana kerusakan cirinya sama tapi penyebabnya berbeda. Mau tahu caranya ?

Baik langsung saja menuju ke pokok masalah.

Deskripsi kerusakan komputer :
Pada saat komputer dinyalakan pertama kali lancar, tapi beberapa menit kemudian sekitar 30 menitan komputer menjadi lambat dan kemudian komputer menjadi hang atau macet total, nggak bisa diapa-apain. Kemudian kalo komputer dimatikan dan didiamkan agak lama komputer bisa nyala lagi dan hang lagi. Kadang komputer nggak hanya hang tapi langsung mati total.

Langkah perbaikan :
1. Buka tutup casing komputer.

2. Ciri kerusakan diatas yaitu komputer hang setelah nyala beberapa menit mengindikasikan bahwa ada komponen komputer yang mengalami panas yang berlebihan.
Panas berlebih (overheat) ini penyebabnya adalah :
- Matinya / macetnya kipas / fan pendingin processor (Fan Heatsink Mati / Macet)
- Fan Pendingin Processor masih berputar tapi RPMnya sudah berkurang (Fan berputar lebih lambat)
- VGA rusak juga bisa menyebabkan Hang.
- Power Supply Drop juga bisa menyebabkan hang.

3. Berikutnya saya coba cek satu-satu penyebab kerusakan di atas tadi, ternyata semua kelihatan normal-normal aja. Akhirnya saya coba install ulang windowsnya, install belum selesai komputer sudah hang. Apanya ya ....?

4. Akhirnya saya curiga pada power supplynya, saya ganti power supplynya dan ternyata Komputer menjadi normal kembali.

Ternyata power supply drop, inilah penyebab hang karena komputer tidak mendapatkan supply power yang cukup untuk bekerja / beroperasi.

Power supply drop itu masih nyala dan fan masih muter tapi arus sudah berkurang sehingga dikatakan ngedrop. Kalo ngedropnya lebih parah biasanya komputer ketika dinyalakan, nyala tapi tidak tampil di monitor.

Demikian pengalaman saya tentang komputer hang, jadi jangan buru2x memformat dan menginsatll ulang windowsnya, karena nggak semua hang disebabkan oleh windows rusak.

Selamat mencoba


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

27 komentar :

Acol said...

kenapa yah komputer dah nyala tapi monitor ma keyboard g mau nyala ??? tolongin dong.......

Kang EKo said...

coba lepas RAM nya dan nyalakan, kalau ada bunyi tiit, tiit, tiit, ...dst berarti board processor normal tapi kalau nggak ada berarti rusak boardnya. coba juga bersihkan slot VGA nya.......dan slot RAM yg tadi dilepas ....

Iswadi Faridin said...

Kenapa PC ku waktu pertama dihidupin tidak bisa buka file video, kalo kita buka, Pc jadi hang tidak bisa diapa apain, tapi setelah kita tekan tombol reset pc kembali stabil dan tidak ada masalah apapun lagi,.Mohon dibantu solusinya?

Iswadi Faridin said...

Spec Computer saya:
Computer Type
ACPI Multiprocessor PC
Operating System
Microsoft Windows XP Professional
OS Service Pack
[ TRIAL VERSION ]
Internet Explorer
6.0.2900.2180 (IE 6.0 SP2)
DirectX
4.09.00.0904 (DirectX 9.0c)
Computer Name
IPDA
User Name
Faiz
Logon Domain
[ TRIAL VERSION ]
Date / Time
2010-03-18 / 07:42
Motherboard:
CPU Type
DualCore Intel Core 2 Duo E7300, 2400 MHz (9 x 267)
Motherboard Name
Gigabyte GA-G31M-ES2L v1 (2 PCI, 1 PCI-E x1, 1 PCI-E x16, 2 DDR2 DIMM, Audio, Video, Gigabit LAN)
Motherboard Chipset
Intel Bearlake G31
System Memory
[ TRIAL VERSION ]
DIMM1: Kingston 2G-UDIMM
2 GB DDR2-667 DDR2 SDRAM (5-5-5-15 @ 333 MHz) (4-4-4-12 @ 266 MHz) (3-3-3-9 @ 200 MHz)
BIOS Type
Award Modular (08/20/08)
Communication Port
Communications Port (COM1)
Communication Port
Printer Port (LPT1)
Display:
Video Adapter
NVIDIA GeForce 8600 GT (256 MB)
3D Accelerator
nVIDIA GeForce 8600 GT
Monitor
Acer AL1917W [19" LCD] (L870C0094020)
Multimedia:
Audio Adapter
Realtek ALC883 @ Intel 82801GB ICH7 - High Definition Audio Controller [A-1]
Storage:
IDE Controller
Intel(R) 82801GB/GR/GH (ICH7 Family) Serial ATA Storage Controller - 27C0
Storage Controller
VAX347S SCSI Controller
Disk Drive
ST3160815AS (160 GB, 7200 RPM, SATA-II)
Optical Drive
SCSIVAX DVD/CD-ROM SCSI CdRom Device
Optical Drive
TSSTcorp CDDVDW SH-S223F (DVD+R9:16x, DVD-R9:12x, DVD+RW:22x/8x, DVD-RW:22x/6x, DVD-RAM:12x, DVD-ROM:16x, CD:48x/32x/48x DVD+RW/DVD-RW/DVD-RAM)
SMART Hard Disks Status
OK

Eko Supriyanto said...

Iswadi Faridin:

1. coba install ulang driver VGAnya...

2. Kalo masih sama, COba install ulang windowsnya ....

Iswadi Faridin said...

sudah saya format ulang baik untuk windows dan driver vganya, tapi masih muncul masalah yang sama,.apakah bisa dimungkinkan kesalahan pada hardwarenya?

Eko Supriyanto said...

Iswadi Faridin :
coba ganti VGAnya mas, kemugnkinan besar di VGA nya....

Iswadi Faridin said...

Terima kasih Mas Eko, akan saya ganti vganya,..insyaAllah nanti akan saya kasih kabar lagi.

Iswadi Faridin said...

Alhamdulillah, setelah VGA diganti masalah dikomputer tidak ada lagi,..Trimakasih Buat Mas eko yang telah membantu saya...moga Blognya makin rame

DadangPro said...

Mas mau tanya nih.... Komputer saya k-lo saya pakai edit audio atau bekerja dengan software audio sering restart sendiri. itu ada masalah di apanya yah mas..... Apa ada kesalahan hardware atau soundcard di onboardnya gk kuat yah.....

Soalnya k-lo dipakai yang laen selain editing audio gpp termasuk memutar musik.

terimakasih.....

Eko Supriyanto said...

Dha2nk_4all :

coba update driver soundcardnya, kalo masih sama, terpaksa harus install ulang dan cari driver yg terbaru....

DadangPro said...

OK mas akan saya coba update drivernya... terimakasih sarannya.....

kECut_lUph_sENgak said...

mas eko,,,saya mau tanyak...
saya punyak 3 cpu...
untuk cpu yang pertama..tu normal mas,,,
tapi ketika saya coba cpu yang ke-2 dan 3,,monitornya g mau nyala...
padahal saya makai hardisknya cpu yang ke-1...
kendalanya di bagian apa mas...

Eko Supriyanto said...

kECut_lUph_sENgak :
kalau ga nyalanya dari awal komputer dinyalakan, ada kemungkinan di VGA, RAM ataupun di Mainboardnya....

Kalau tidak nyalanya pas mau login ke windows, berrati ketinggian resolusinya.

Kalau ketinggian resolusi, pas nyalakan cpu tekan tombol F8 trus pilih "enable VGA mode"

kECut_lUph_sENgak said...

saya pakai vga onboard mas,sudah saya coba pakai vga card tapi tetep g mau nyala.

tiap kali saya restart manual,selalau muncul bunyi beep yang berbeda.
dan terkadang monitor mau nyala,tapi setelah itu berhenti pada tampilan dos (yang menampilkan besar memory dan primari master dan slave).

kalau kayak gitu,kendalanya di mana mas....

Eko Supriyanto said...

kECut_lUph_sENgak :
coba ganti power suplynya, mungkin sudah lemah. Banyak kasus karena faktor ini....

kECut_lUph_sENgak said...

oke mas akan saya coba ganti PS nya...
makasih atas sarannya...
nanti kalo maseh g bisa,,saya mohon bimbingannya ya mass...

REZA EFENDI said...

Bang Eko PC saya saat dinyalakan power supply nyala dan fan PS nyala,fan prosesor nyala,lampu indikator di motherboard juga nyala.tidak ada bunyi beep dan di monitor tidak tampil apapun no signal. mohon bantuannya..

Eko Supriyanto said...

REZA EFENDI :
coba lepas RAmnya dan nyalakan lagi, ada bunyi beep ga?
kalau ada berarti ram kotor / rusak.
kalau ga ada berarti board kotor / rusak.

atau bisa juga karena Power Suply lemah....

REZA EFENDI said...
This comment has been removed by the author.
REZA EFENDI said...

ram sudah saya lepas,board juga saya bersihkan dan motherboar nyala tapitidak ada bunyi beep dan tidak tampil di layar monitor....untuk memperbaiki board yang rusak caranya gimana bang Eko

Eko Supriyanto said...

REZA EFENDI :
berarti yg masalah boardnya,
perhatikan ada elco yg melembung ga?
kalau ada ganti..

terakhir coba cuci boardnya

kECut_lUph_sENgak said...

bang eko,kejadian yang saya alami hampir sama dengan REZA EFENDI...
gimana caranya mengganti elko yang nggembung,,,
dan nyuci mainbordnya menggunakan apa...

Eko Supriyanto said...

kECut_lUph_sENgak :
cara ganti elco : ganti dg yg sejenis atau lebih besar...

cara cuci board dengan sikat / kuas dan sabun sunlight.... lepas batery CMOSnya...

REZA EFENDI said...

kal elco yang melembung tidak ada bang.. saya coba dulu yang terakhir. okey thanks bang eko atas bantuannya...

izhanekoeriki said...

Maaf bang eko ada pengalaman untuk perbaikan mainboard ga? Klo misal ada dan bang eko berkenan tolong di share yah...
Masalahnya saya ada beberapa di rumah, sayangkan klo ga diperbaiki...
Trimaksaih sebelumnya...

شركة ركن الاوائل للخدمات المنزلية said...

خطة تنظيف المنزل اليومية أولاً وقبل كل شيء: ابدأ في تنظيف جميع الأشياء التي يتم استخدامها بشكل متكرر ومنتظم ، مثل مقابض الأبواب وحوامل المصابيح والأسطح والطاولات ومقاعد الحمام والمفاتيح والأشياء الشخصية المستخدمة بشكل متكرر داخل المنزل وخارجه ، و امسحيهم بالماء النظيف. مطهر قوي مثل الكلور المخفف بالماء.
شركة ركن الاوائل للخدمات المنزلية

Template by : ekohasan.blogspot.com