03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Saturday, November 28, 2009

Cara Servis Monitor LG 505G mati bunyi tik tik tik

Monitor LG 505G sering sekali mengalami mati total dengan bunyi tik tik tik .... Bunyi ini sebenarnya menandakan bahwa bagian power supply primer tidak mengalami masalah, hanya saja kerjanya terblokir oleh rangkaian sekunder Power supply yang mengalami masalah.

Cara Servis Monitor LG 505G mati bunyi tik tik tik :

1. Buka tutup monitor.

2. Cari trafo Power supply yang paling besar sendiri.

3. Cari jalur sekunder trafo yang outputnya 5 volt.

tegangan 5 volt ini digunakan untuk menggerakkan IC Utama dari LG 505G ini. Kalau tegangan ini berubah sedikit saja pasti monitor akan mati dan berbunyi tik tik tik .... karena IC bekerja tidak sempurna sehingga rangkain power saving akan tidak normal. Berubahnya tegangan 5 volt ini disebabkan oleh Elco filter / regulator yang kering / aus. Hanya saja biasanya kerusakan tidak terlihat secara fisik sehingga terkadang menyulitkan untuk mengetahui letak kerusakan.
Anda tidak usah bingung, lepas saja elco untuk regulator 5 volt ini dan ganti dengan yang baru.

4. Nyalakan monitor. dan OK

5. Berhasil

Selamat mencoba.


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

27 komentar :

pakde karyo said...

Tipsnya bikin penasaran bos, kelihatannya sih gampang tapi prakteknya sulit nggak ?

Eko Supriyanto said...

Kalo kerusakannya sama persis seperti itu gampang pak de, tapi kalo lain masalah ya mungkin harus cari2x dulu penyebab kerusakannya ....

Anonymous said...

wah om yg plng sulit dari monitor sparepartnya yg ga ada dipasaran.paling2 solusinya kanibalan. maaf numpang lewat

Eko Supriyanto said...

Betul itu kang, biasanya saya juga kanibalkan dengan yang lain

Ken Karo said...

Salam kenal mas Eko...
1. saya punya LG studioworks 700s NGEBLANK (power nyala),ada bunyi disekitar horizontalnya, tp gak tau komponen apa yg bunyi (takut ke setrum,soalnya dekat Flyback)

2. Monitor GTC 14", kalo diyalakan tampilan melebar trus ngeblank sampe sekarang.kira2 komponen apa yang rusak ya mas???

Mohon pencerahaannya... Terima kasih

Eko Supriyanto said...

Ken Aro :
1. LG bunyinya kayak gmn ya? tp coba cek tr horisontalnya dulu, cari cara ceknya di daftar isi. kalo tr horisontalnya normal dan ada bunyi aneh di deketnya berarti kemungkinan besar rusak flybacknya, karena LG memang sering banget.

2. GTC 14" kalau yg analog, biasanya masalah ada di power supplynya di bagian primer, ganti semua elco yg kecil yg ada di primer power suply.

johan said...

saya punya masalah monitor 15" merk ASVANCE type P25-5, yaitu kalau di ON bunyi tek tek tek...dan Led power tidak nyalah, setelah saya cari ternyata penyebabnya komponen IRF630 rusak, setelah saya ganti bunyinya hilang dan Led power nyala,tapi hanya tahan beberapa detik (sekitar 15 detik)IRF630 rusak lagi dan sangat panas ketika saya sentuh aluminium pendinginnya.

Mohon bantuannya Mas Eko
Terima kasih.

johan said...

Maff merk nya buKan ASVANCE, TAPI ADVANCE

Eko Supriyanto said...

JOHAN :

kalo FET diganti mati lagi, yg rusak ELCO 22uF/250V setelah FET, cek juga dioda setelah FET, kalo dioda rusak FET jg mati.
Untuk elco walaupun ga kelihatan rusak ganti aja, karena kaki didalam biasanya sudah korosi / karaten...

johan said...

setelah saya ganti cspasitor 22uF/250V dan juga saya periksa tidak ada dioda yang rusak, ternyata IRF630 tetap jebol lagi.
Kemudian iseng2 saya coba hidupkan tanpa IRF630,ternyata bisa hidup tapi sise horisontalnya tidak bisa full screen (ada jarak 2Cm dikiri kanan layar) , dan brigtness nya sebelum masuk windows normal tapi setelah masuk windows tidak berfungsi ( nyetel terang gelapnya harus melalui Flay back), sedangkan fungsi2 lainnya tetap normal.
Gimana ya solusinya Mas Eko.
Trimah Kasih

Eko Supriyanto said...

JOHAN :
kalo tetep jebol, cek dioda zener dibawah FET, R disekitarnya, kemarin sy sampe ganti hampir semua yg ada di sekitar FET....

[aip].[web].[id] said...

kalo untuk Advance, elco nomer berapa tuh mas tepatnya?

Eko Supriyanto said...

[aip].[web].[id] :
kalau advance bukan elco 5 v nya karena memang gak ada yg 5v, biasanya yg rusak :

1. FET IRF 630 dan elco setelahnya yg ukuran 200v.
2. tr horisontal.
3. flyback rusak..

PEDAGANGSEPATU said...

saya ada monitor new vision, beli kondisi baru, tiba2 tidak bisa dinyalakan dan terdengar bunyi kltek kletek berulang ulang, pemakaian 3 th, itu juga hanya digunakan ngetik saja berkisar 3-4 jam/hari, saya gunakan biasanya pas weekend saja yakni sabtu dan minggu.
kira2 dengan analisa kerusakan menganti elco seperti pada diatas, berapa biaya pengantian elconya, mudahkan membeli komponen ini dan apakah orang awam seperti saya bisa memperbaiki sendiri ?
terima kasih mas, mhn pencerahannya

Eko Supriyanto said...

DENITEASHOP :
kalau sekedar ganti elco, bisa dikerjakan oleh siapa saja, tapi tetap harus hati2x dan teliti...
elco murah paling sekitar 2rb

Yudha Chandra said...

(Yudha)
Kang monitor ane sama masalahnya, cma beda tipe,(LG Flattron T730SH), dilihat di Fisik Ada Elko yg melembung.. dah ane ganti,dua duanya (1000Mkro/10Volt)... tapi masih tetap sama (masih mati dengan bunyi tik tik tik ... mohon pencerahan

Paid to click said...

Mas Eko help me karena fungsing nyariin FET Regulator LG 505 G dgn type no. P9NK65ZFP KIRA2 persamaannya apakah ada? atau diganti dgn no berapa?, thanks Mas Eko semoga sukses slalu, merdekaaa

Eko Supriyanto said...

Yudha Chandra :
cek IRF 630nya cek jg transistor horisontalnya..

Paid to click :
kalo itu FET di jalur B+ , ganti aja dengan IRF 630

andesit said...
This comment has been removed by the author.
andesit said...

assalamu'alaika ya ikhwan...
mau numpang tanya kang eko..
monitor saya samsung..kerusakan monitor tidak mau nyala, lampu indikator hanya sebentar lalu mati.
saya ganti elco pada power supply 13v dan 6,3v lalu sempat nyala tetapi monitor gelap tapi sekitar 5 menit kemudian ada elco (3,3v/100u) yang meletus. saya ganti elco tersebut tapi kemudian monitor matot dan keluar suara tik..tik...saya sudah ganti ic 7805 dan elco di seputar power supply.
dioda 46v terasa hangat tapi normal.
tegangan 13v dan 46v jika diukur avo maka turun naik seirama dengan suara tik-tik-tik tadi. tegangan 6,3v normal tapi tegangan lainya (75v,-12,+12) tidak ada. keretakan solderan sudah saya perbaiki.
jika dioda tegangan 46v dilepas, suara tik-tik hilang tapi monitor matot.
mohon solusinya kang eko...
jazakumulloh khairan katsiro...

andesit said...

sebagai tambahan kang, jika dilepas beban dari tegangan 46v maka indikator nyala dan tidak bunyi tik..tik... tapi layar mati. TR horisontal bagus, kemudian irf634 ada yang mati lalu saya ganti, tapi kemudian bagian mosfet sss6n90a yang mati (panas sekali walau dinyalakan cuma 10 detik). tegangan pada TR horisontal tidak ada. mohon solusinya karena saya cek komponen di sekitar mosfet tersebut semuanya normal. (flyback sudah ditest dan normal)

Anonymous said...

pak eko dan pak johan .saya mau bertanya tentang monitor advance.untuk resistor R813 dan c806 nilainya berapa ya? cos punya saya kemarin terbakar so gelang warna hangus.untuk R814/0.27 kemarin jg putus trs cari di toko rata2 gak punya gimana solusinya.mohon pencerahanya.terima kasih.

Unknown said...

mas eko, saya punya LG 500G mati & berbunyi tik tik tik, stlh saya test ternyata TR horisontalnya C5855 mati trus saya nyari2 ditoko tidak ada trus sama tokonya dikasi BU2520DX ato berapa lupa aq (blm tak bongkar lg). nah.. setelah tak ganti itu nyala tp cuma 10 menit trus mati lg. kira2 apanya lg yg rusak?

mudah said...

mas eko saya punya monitor spc lampu indikator menyala tapi kok layar blank . mohon pencerahannya...

all about s.yadi said...

pak eko bisa di foto ga letak elco yang harus diganti..
saya pernah ngalamin monitor rumah bunyi tik..tik...tik...(buyi hujan di atas Genting)....

Saifuddin Zuhri said...

om, kalau elco 1000uf/10v diganti dengan 1000uf/6,3v apakah ada efeknya om? kira-kira eveknya sampai dimana?

Unknown said...

regulator 5volt itu ada gak yang jual ?? kata setiap service komputer katanya suku cadang monitor 505G ini susah carinya,maknya setiap tukang service bilang gak mau nerima monitor saya :(

Template by : ekohasan.blogspot.com