03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Monday, November 23, 2009

Cara Recovery Data dengan Get Data Back

Kehilangan data...? Jangan khawatir, saya akan coba memberikan solusi bagi anda yang kehilangan data. Data hilang dapat disebabkan oleh korsleting listrik, penghapusan permanen dengan Shift+Delete, dan format ulang harddisk. Data ini sebenarnya tidak hilang secara permanen karena data masih tersimpan di sector harddisk tapi tidak kelihatan. Dan data ini masih bisa di kembalikan dengan menggunakan program salah satunya adalah Get Data Back. Yang penting harddisk masih dalam kondisi hidup normal.

Get Data Back sendiri ada 2 jenis :
1. Get Data Back for FAT32 : yaitu untuk mengembalikan data di partisi FAT32
2. Get Data Back for NTFS : yaitu untuk mengembalikan data di partisi FAT32

Jadi sebelum anda mulai proses, pastikan dulu jenis partisi apa yang akan anda recovery datanya, FAT32 ataukah NTFS.

Langsung aja, Cara Recovery Data dengan Get Data Back :
Kebetulan kali ini saya menggunakan Get Data Back 2.31 for NTFS untuk mengembalikan data hilang di Harddisk dengan partisi NTFS

Persiapan alat :
1. Program Get Data Back harus yang full version,
kalau tidak full anda hanya akan bisa melihat data anda tapi tidak bisa mengembalikan ( mengcopy ) data anda kembali. Anda bisa download program ini di 4shared.com, rapidlibrary.com, dll, sangat banyak sekali dapat anda temukan.

2. Komputer dengan windows XP yang normal.

3. Harddisk atau Flash disk untuk tempat penyimpan hasil recovery dengan kapasitas sesuai dengan data yang akan anda recover / kembalikan.

Panduan Cara Recovery Data dengan Get Data Back :

1. Install program Get Data Back di komputer normal. Ingat harus yang full.

2. Pasang Harddisk yang akan direcovery sebagai hardisk kedua (secondary) di komputer normal tadi.

3. Jalankan program Get Data Back 2.31 for NTFS,

4. Pastikan pilihan Logical Drives terpilih, terus Next.


5. Pilih partisi / keseluruhan hardisk yang akan di recover. Dalam contoh ini saya memilih partisi I pada hardisk I.(yang di blok hijau)kemudian NEXT.


6. Pilih sesuai kebutuhan anda. "Search Entire Drive" akan melakukan scan ke seluruh permukaan Harddisk. Opsi "Search Partial Drive" hanya akan melakukan scan ke bagian yang kita pilih saja. Saya pilih "Search Partial Drive", Next.


7. Kemudian program Get Data Back akan melakuan scanning data. Proses ini akan memakan waktu cukup lama, tergantung dari kecepatan CPU dan besarnya kapasitas harddisk yang direcovery.


8. Setelah proses scanning selesai maka akan tampil seperti gambar dibawah ini. Di situ biasanya ada banyak pilihan, kebetulan yang dicontoh ini ada 2 pilihan. Semua pilihan itu berisi data yang anda recovery. Anda dapat memilih satu satu secara bergantian dengan menekan menu BACK. Untuk pertama kali pilih yang paling atas. Kemudian pilih NEXT.


9. Get Data Back akan mengembalikan Data Anda.


10. Setelah proses, maka akan tampil directory data yang siap anda recovery. Pilih Data yang akan anda recovery. Jika sudah Anda temukan, klik kanan pada folder kemudian pilih Copy dan Simpan di media sekunder yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.


"Jangan menyimpan file hasil recovery ini ke dalam drive/partisi yang sedang Anda recovery saat ini. Hal ini bisa mengakibatkan hilangnya data yang lebih besar."


11. Selesai

Program Get Data Back ini sudah sering saya gunakan, dan hasilnya cukup memuaskan, walaupun terkadang ada beberapa file yang rusak yang tidak terselamatkan. File yang rusak ini disebabkan oleh tertumpuknya file lama dengan file baru atau bahkan karena memang harddisk telah mengalami kerusakan fisik di piringan tempat menyimpan data. Tapi minimal masih banyak file yang dapat terselamatkan.

Semoga bermanfaat.


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

54 komentar :

Anonymous said...

Mas, saya bisa minta dikirimin software "Get Data back 3.21 Fro NTFS" via email mas, saya punya hard disk tidak bisa baca,saya coba cek dengan Get Databack 4.00",pesan errornya: "I/O Error : Unknown Error(23)reading sector 0 on HD129:"

Mohon bantuannya mas...
Terimakasih atas bantuannya

Taufik
dian_mng@yahoo.com

Anonymous said...

mas , klo sya mau cri picture dan ktemu . . . trs udh sya copy . .
tp kog gk keluar gmbar gmna mas ?(semua pic gk mau keluar gmbarnya)
makasih mas

Eko Supriyanto said...

ANonim : memang kadang hasil recovery tidak sesuai dengan apa yg kita harapkan, berarti file anda sudah rusak ......

Deni Setyawan said...

Bro, di Halaman Welcome ada option:

- I Don't know, use default settings
- Perform a Quick scan (sudden partition loss, FDisk).
- Systematic file system damage, e.g. Format or FDisk.
- Sustained file system damage, e.g. a new iperating system was installed.
- I want to recover deleted files.

Mana yang musti dipilih?

(Secara tidak sengaja aku menginstall Windows XP di drive D dimana data dari tahun 2003 ada.)

Devaxs.blogspot.com said...

mas...

kok file recovey ny gag bisa di copy ya????
dy muncul pesan " copying is available only in the licensed version "..
kira kira itu kenapa ya mas????

mohon bantuan ny..

Eko Supriyanto said...

devaxs : get data backnya belum di register mas coba cek di help=>register, harusnya di register dulu cari cracknya / serial numbernya di internet banyak.

angga said...

mas saya minta alamat untuk download get data backnya dong

k e-mail
hai_angga@yahoo.com

HeryPw said...

To Angga, tolong download di 4share.com disitu search saja pakai getdataback 231 ntfs nanti ketemu link yang formatnya rar besarnya 2.755 KB, semuanya sudah full version.

To Deny, pilih saja option 3, karena kasusnya diinstall OS baru, berarti pernah diformat partisi di D, karena beda option beda hasil.

Untuk Mas Eko, salam kenal dan aku selalu mengikuti posting2 terbaru karena banyak ilmu yang kudapat.

Eko Supriyanto said...

HeryPw :

Makasih dah ikut share ilmunya, dan salam kenal juga dan makasih atas kunjungannya ....

denisa said...

mas ... mnta tlong dong....
awalnya saya mau merestore windows yg ada di drive C; ga taunya malah drive D yang hilang. sekarang yg ada cuma drive C, partisi D hilang jadi satu dg C. sudah pake GetDataBack dan Hiren' Boot CD data ketemu tapi tidak bisa dibaca. tlongong ....donk yg bisa bagi ilmunya . . . . denisadomoto@yahoo.co.id

Eko Supriyanto said...

DENISA:
software rcovery yg paling ampuh kelihatannya get data back, dicoba lagi aja mas, mungkin salah pilih jenis partisinya, Kalau NTFS ya pakai yg versi NTFS, kalau FAT ya yg versi FAT....

Unknown said...

assalamualikum mas eko maaf saya juga permasalahannya mirip dengan mas topik di atas saat saya menginstal step pertama ada tulisan.........pesan errornya: "I/O Error : Unknown Error(23)reading sector 0 on HD129:" do you want to continue.......

Mohon bantuannya mas...
Terimakasih atas bantuannya...klo bisa emailin donk mas program GNBnya ke email saya cvay_sunda@yahoo.com
makasih sebelumnya mas
wassalam

Eko Supriyanto said...

C-VAY-NET :
download di 4share.com disitu search saja pakai getdataback 231 ntfs nanti ketemu link yang formatnya rar besarnya 2.755 KB, semuanya sudah full version.

kalau kasus I/O error berarti harddisk tidak terdeteksi atau ada bad sector.

coba di bersihkan dulu bad sectornya dengan HDD REGENERATOR...

Setyo Aji said...

wah punya link'y ga??
aku pingin punya software'y gan...

Eko Supriyanto said...

Choerul Setyo :
cari di www.4shared.com banyak...

oka said...

bos,,ana mau tanya nih..
harddisk ana ...dibagi 2
yg satu drive E,,, yg satu lagi drive F
yg drive E ana klik ,..bisa terbaca normal..
yg drive F ana klik ,, tidak bisa tampil... yg tampil hanya ..."The disk in drive F is not formatted. Do you want to format it now?"
ana tidak berani format,,karena takut data yg ada di drive F terhapus..
Kira2 pakai software apa,, yg bisa kembaliin supaya drive F bisa terbaca seperti sediakala (normal) lagi.
Sebelumnya trims ya ...atas bantuannya....

Eko Supriyanto said...

OKA :
pakai get data back bisa mas....

novi said...

mas saya mau tanya klo data yg hilang keapus bukan di komp master'a kira2 bisa di recovery g ? komp'a d share soal'a mas ?

Eko Supriyanto said...

NOVI :
kemungkinan bisa.
di coba aja...

Unknown said...

Mas Sy pernah gunain GDB, datanya kembali tp tdk bs dibuka, pesennya formatnya beda, solusinya gmn ya, soalnya datanya penting bngt, mohon bantuannya. klo tdk keberatan software GDB tlng kirim ke alamat email sy guntursl@yahoo.com / goentoer_ak@yahoo.com

Eko Supriyanto said...

goentoer:
kalau sudah kayak gitu mungkin data sudah pernah ketumpukan dengan data baru. dan saya belum punya solusinya mas. GDB banyak di 4share ..

Unknown said...

mas hardis saya tidak bisa booting Boot failed enter and gak detek bios uda ku ganti kabel sma aja gitu..aku bawa ke servis gransi katnya bisa di pebaiki tapi dta pasti hilang giman apa bisa data sya di kembalikan pake Gt dta back sebelum sya taruh ke servis Trims GPL mas jipank04jrs@gmail.com

darto ok said...

Mas hardis yang untuk data saya copot dari CPU dan saya ganti pake hardis baru. terus pas saya mau ganti lagi dengan hardis data yang lama, hardisnya ga kebaca sedangkan banyak data yang penting. tapi kalo di bios kebaca n kalo hardis data dipasang tanpa hardis sistem mita format. tolong dong solusinya.....

Eko Supriyanto said...

My Hoby :
kalo gak kedetek tidak bisa dengan get data back..

darto :
pake get data back bisa...

vangibran said...

gan ane kok gagal copy terus, padahal DL di 4shared udah yg full, kenapa ya :bingung

Unknown said...

Di STEP 2 yang minta file system kok gak ada file yang bisa dipilih ya gan? Ane mo ngerecover file MMC...STEP 1 berjalan dg baik...STEP 2 pas giliran milih File System mlah gak muncul file/folder yang mau dipilih sebelum ke STEP 3. Mohon petunjuk gan....

Eko Supriyanto said...

@Vangibran :
Gagal copy setelah file ditemukan itu karena get data backnya belum teregistrasi...

@YudiE :
MMC nya mungkin sudah tidak terdeteksi lagi. syarat menggunakan get data back, perangkat harus bisa dideteksi oleh system driver windows. coba ganti card readernya..

achmadfatoni said...

aslamualiakum kang, saya kemain rekover data dari hardis tapi kok banyak yang bisa di selamatkan
itu g mana kang ........ dan berapa persen data yg bisa d selamatkan

Eko Supriyanto said...

@achmadfatoni : Waalaikum salam, berapa persen data yg selamat tergantung dari sebab dan kondisi harddisk itu sendiri. kalau cuma keformat biasanya bisa 99% balik lagi. Tapi kalau penanganannya salah atau gak langsung pakai get data back, biasanya banyak file yg jadi rusak.

kocormengudara said...

gan hardisk ane kemarin aku ghost dan trnyata ad data penting d dalamnya,gmna caranya ngembali’in data lama? di mana posi2 hardisk udah aku ghost dengan data baru.
secara gk lagsung data pada partisi hardisk yg lama hilang di ganti dengan data partisi hardisk yg baru,apakah dalam keadaan tersebut data yg lama bisa di kmbalikan gan?

mohon solusinya y gan

javas said...

makasih

cacing tanah said...

Makasih mas, data skripsi saya yang tiba2 hilang bisa kembali

tekom_pusrehab said...

ijin copas bang....
buat referensi

Unknown said...

Mas Eko, downloadnya lewat mana ya ...?
Kok tidak add link untuk downloadnya ?
Ini programnnya free atau berbayar dan yang under dos ada tidak ?

Kunjungi balik ya mas...!

Unknown said...

Mas Eko, downloadnya lewat mana ya ...?
Kok tidak add link untuk downloadnya ?
Ini programnnya free atau berbayar dan yang under dos ada tidak ?

Kunjungi balik ya mas...!

di www.adsenseamin.blogspot.com

sebuahperjalanan said...

Bos, Hdd mati, katanya mainboardnya ena...bisa bantu gak? pengaru ke datanya gak?

momi Q-el said...

Waduh mas, saya salah langkah tadi pake getdataback tapi file recover disave di hdd itu lagi, walhasil filenya banyak yang rusak (lebih banyak yang rusaknya daripada yang terselamatkan), ada solusi? please help me...

Unknown said...

nice info mas...
ijin kopas..

Belajar 3d modeling & Program cnc
http://www.programcnc.co.cc/
situs berbagi info dan cara
http://www.ce-cara.blogspot.com/

Irma said...

bisa ngembaliin file word yg ketimpa/kereplace, ga?
thanks.

POSITIVE RANDOM said...

Mas.. Gimana cara registernya? Apakah mesti online sekalipun kita sudah punya lisensi cracknya? Mohon dibantuu.. Tks

tips and trick said...

mas Eko salam kenal, saya dapet recovery software bagus, bisa di coba ada easeus recovery atau yg under dos namanya spinrite top dah, lebih detail dari pada get data back, kalo yg spinrite bisa baca file yg ada di bad secrot tapi makan cukup banyak waktu

Unknown said...

salam. mas di bawah tulisan anda ada tulisan yang begitu menggiurkan. apakah kang eko merekomendasikannya ....! mohon pencerahan sebelum saya mencoba

ini tulisanya
Income Rp 38 Juta / bulan
Bisnis internet syariah masa dpn. bisa dpt Rp.2 jt / hari, peluang sukses.
www.suksesbonus.com/onli..
250-300Rb/hr dg SPSR
Ga muluk2 dpt puluhan juta, di sini real 250-300Rb/hari tapi hasil nyata.
carague.com
Income Rp 38 Juta / bulan
Bisnis internet syariah masa dpn. bisa dpt Rp.2 jt / hari, peluang sukses.
www.suksesbonus.com/onli..
ibu kerja onlene di rumah
ibu bisa dapat penghasilan dari puluhan ribu rupiah sampai jutaan di rumah
www.dini-shanti.com/?id=..

ADR said...

mantap bang eko
makin oke aja blognya, traffic-nya juga bagus

klinik data
jasa recovery data hardisk di bekasi
http://www.klinikdata.com/p/blog-page_7230.html

Pandu Group said...

masih sama, pake cara ini datanya gak bisa kembali. ada alternatif lainnya?

Unknown said...

data saya dicopy gak mau mas, minta licensenya
kalau ada keygen atau crack tolong kirim disini mas
datanya penting banget

taufiqn33@gmail.com

Unknown said...

data saya dicopy gak mau mas, minta licensenya
kalau ada keygen atau crack tolong kirim disini mas
datanya penting banget

taufiqn33@gmail.com

Unknown said...

Kalau buat mmc yang tidak terbaca di hp maupun pc bisa pakai cara ini mas?

Unknown said...

sudah saya ambil datanya tapi kok data saya tidak mau dibuka ya mbak
seperti file rusak gitu

aditya said...

mas, saya mau tanya kalau android saya gak kebaca di getdataback knp ya? padahal di explorer kebaca.. mohon pencerahannya yaaa..

Balarada said...

lengkap! thanks ya mas

Abi said...

Bang ini bisa ngembaliin file yang menjadi losers ke normal gak?

Mahmut said...

Do you want to reset your iPhone? Click: hard reset iphone 8

alumnistemsa89 said...

minta link get data backnya dong mas 4 shareku hilang accountnya

Confidus Solutions said...

Business website development
Website development is an essential part of any business as the majority of customers (around 80%) are now found through various online channels and sources. In other words, not having a website only makes sense for small businesses in small communities that don't have more than a few dozen customers. Even so, such companies could use their websites to start a quick development process that would help them push their limits, and so a corporate website is more or less a must for any business.

http://www.confiduss.com/en/services/corporate/online/web-development/

Template by : ekohasan.blogspot.com