03 JUNI 2023, Terima Jasa Reset Canon OnLine G2000, G1000, G3000, G4000, MG4720, iP7270, MG3570, MG3670, E610, MX397, MX457, MX497, MX537. Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L3210, L3110, L1110, L385, L380, L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Sedia IC Counter Canon dan Epson yg gagal RESET

Wednesday, October 20, 2010

Cara Service LCD Acer AL1517 Power Nyala Tapi Layar Gelap

Alhamdulillah, akhirnya posting lagi. Bahasan kang Eko kali ini adalah tentang Cara Service LCD Acer AL1517 Power Nyala Tapi Layar Gelap. Kasus ini sangat sering terjadi, tidak hanya terjadi pada LCD merk ini, tapi merk lain pun kasusnya sama. Mau tau cara servicenya ...?


Indikasi Kerusakan :

Ketika LCD dinyalakan, led power nyala, dan kadang nyalanya kedip-kedip, tapi layar tidak ada gambar sama sekali alias gelap.

Cara Service LCD Acer AL1517 Power Nyala Tapi Layar Gelap :

1. Buka ke lima sekrup LCD dibagian belakang. Sekrup yg 1 letaknya di tengah bawah, ketutup sama penutup kaki. Songkel penutup kakinya baru kelihatan sekrupnya.

2. Cari modul Power Suplynya, karena masalahnya ada di sini.


3. Cek apakah ada Elco yg melembung, kalau ada segera ganti. Kalau tidak ada elco yg sesuai cari yg ukurannya lebih besar, misal 870uF/10v bisa diganti dengan 1000uF/16v, malah lebih bagus.

4. Elco yg melembung menyebabkan tegangan turun yg tadinya 12v jadi dibawahnya, dn yg tadinya 5v jadi dibawahnya juga. Dan inilah penyebab LCD tidak mau ngangkat INVERTER nya (kalau monitor CRT = Flybacknya), karena tegangan kerja turun.


5. kalau sudah di ganti bisa langsung di coba...

6. Kalau masih belum nyala, cek fuse / sekring setelah tegangan 12v dari Trafo Power suply, biasanya putus.


7. OK, selamat mencoba....

Semoga sukses .....



-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

88 komentar :

Unknown said...

sip...matur nuwun...bang infonya

Mr. Zoesr said...

ok mas terima kasih

adi firmansah said...

lam knl mas eko supriyanto aq mau nanya aq kan punya com layar aq lcd merk advance waktu aq mau nyalain power lcd / monitor aq nyala sih nyalah dalam keadaan normal tp habis berapa menit mati sendiri atau hitam tp keadaan power msh standby waktu aq nyalain lg mati lg tp power dlm keadaan standby lg terus kyk gt terus mas eko tolong kasih solusi gmn caranya mas

Eko Supriyanto said...

ADI FIRMANSYAH :
coba cek elconya dulu....

Unknown said...

waduh mas!!!!!!! tak ganti elco 16v malah jeblug lcd"q!!!!

Unknown said...

apa elconya terbalik ya mas!!

Eko Supriyanto said...

ARIF MAULANA :
mungkin kebalik pasangnya, kalo kebalik memang elco bisa "njebluk"... dan keluar asap banyak... disertai ledakan....

Unknown said...

Salam sukses mas eko. Apakah pnyelesaian kasus ini jg berlaku pd monitor CRT ya mas? Soalnya monitor CRT sy persis ky gt kasusnya.yang td nya ga muncul warna biru alias cm hijau dan merah,skrg mlh gmbr ga ada sm skali alias padam tapi power standby.mohon pencerahannya.trmksh..

Eko Supriyanto said...

IMAPUTRA :
coba solder ulang blok RGBnya.... terutama ICnya...

Unknown said...

view sonic persis sperti itu ellco dah di ganti tegangan msh kurang .......... kira2 ap y ya?

Eko Supriyanto said...

MAMAN :
cek dioda zenernya mas, kalau masih susah nyari kerusakannya, saran saya beli UNIVERSAL POWER SUPLY, di toko elektronik banyak. keluarannya 12v, 8v, dan 5v.

buds4fun said...

mas mau nanya..kasusnya sama tapi tipe nya acer x163w 16"..saya harus ganti elco yg mananya..disini ada 680uf/25v,680uf/10v,220uf/25v dan 220uf/10 volt...ganti nya ama yg brapa ya mas???mohon bantuannya mas hatur nuhun.. (h1cell@yahoo.co.id)

Eko Supriyanto said...

Buds4fun :
cari elco yg melembung, ganti wlaupun melembungnya cuma sedikit...
ganti dengan yg ukuran yg sama atau lebih besar lebih bagus.....

buds4fun said...

udah mas d ganti..tapi tetep.waktu di nyalakan nyala dulu bentar langsung mati lagi.. kali d matikan powernya trus d nyalakan lagi .nyala bentar dan mati lagi deh..gmn yah????thank's

Eko Supriyanto said...

Buds4fun :
berarti ada 3 kemungkinan kerusakan:
1. driver inverter (mosfet bentuk ic / transistor untuk menggerakkan trafo).
2. inverter trafonya rusak (fungsinya untuk menyalakan neon).

3. neon mati salah satu...

suffy said...

salam. mas eko monitor lcd saya tiba2 gak karuan warnanya mas, yang tadinya warna putih jadi merah, kuningpun jadi merah, pokoknya banyak merahnya mas. kira2 rusak apanya mas? (viewsonic VA1918wm) mohon pencerahannya mas, TQ.

Eko Supriyanto said...

SUFFY :
cek kabel VGAnya dulu, kalo OK berarti masalah ada di layar LCDnya yg sudah rusak. Kalo layar LCD susah diperbaiki, biasanya harus ganti.

suffy said...

Alhamdulillah, trima kasih banget mas. memang betul mas yg rusak kabel VGAnya, LCDnya gak ada masalah. sekali lagi makasih banget mas.

Eko Supriyanto said...

ramdhani :
yg rusak tombolnya mas.... ganti aja tombolnya pasti OK...

Eko Supriyanto said...

RAMDHANI :
kemungkinan besar masih sama.... tombolnya...

sobat said...

mas kalo saya punya acer kalo di hidupi pertama kali bagus tapi setelah setengah jam lcd nya blank putih,kalo dimatiin bentar normal lagi dan setelah setengah jam pakai ngeblank putih lagi,,,apa ya mas kira2 masalah

Eko Supriyanto said...

SOBAT :
kalo menurut sy, LCD nya yg rusak, tapi coba cek dulu elco untuk tegangan 5v yg mensuplay modul VGA.... kalo perlu coba ganti elconya dulu sebelum LCDnya...

ajiz said...

Salam Kang Eko...
LCD Acer AL 1716 ku mati total gara2 petir, sdh sy buka dan tidak ada elco atau pun komponen lain yg secara kasat mata rusak, knpa ya kang...? mhn pencerahannya, TQ

Unknown said...

monitor saya acer al1516. lampu power monitor tetep nyala tetapi gambar tidak keluar. Elco saya cek juga tidak ada yang melembung. mohon solusinya secepatnya

Eko Supriyanto said...

AJIZ :
kalo kena petir mungkin kena juga IC programnya di modul VGAnya... atau di rangkaian inverternya...

BEST BUY AMAZON SHOP :
mungkin rangkaian inverter rusak cek 12v yang ke rangkaian inverter untuk neon ada nggak...?

ajiz said...

Makasih Kang Eko a/ pencerahannya..
setelah sy ganti IC program di modul VGA-nya, LCD-sy normal kembali...

Unknown said...

Mas eko...saya pengguna samsung sync master 743NX
kalo pertama dinyalain LCD nya biasa ajaa..setelah 15 menit LCD nya redup2 kelap-kelip...tapi kalo di liat-liat,,tampilan windows masih ada...kayak yang lampunya mati mas
terus setelah 30 menit dari redup2 itu, monitornya normal lagi
setiap lama ngg dinyalakan (lebih dari 6 jam mungkin) pasti akan mengulangi hal yang sama
mohon pencerahannya

Eko Supriyanto said...

vyncore :
sudah coba ganti elco untuk 12v nya...?

Unknown said...

mas eko, luar biasa..!
salut buat mas eko + materi blog ini!

..saya mengalami kasus yang sama, 2 monitor samsung syncMaster 743nx (produksi april 2008) kemarin, berbarengan di hari yang sama; mengalami kejadian serupa. indikator power kelap-kelip, tidak mau menyala. saya coba input dari cpu yang berbeda, ..dan tidak ada hasil (tragisnya, yang satu malah mati total stelah coba input dari cpu yang lain)

pertanyaan saya (karena saya awam soal reparasi monitor lcd)

1. kira², berapa biaya reparasi untuk dua monitor tersebut? -kasus sama, kondisi beda: indikator yang satu masih kelap-kelip, sementara yang satunya lagi indikatornya tidak menyala. (fyi: garansi 2 monitor tersebut sudah habis)

2. apakah bisa -dengan mudah dan aman- dibawa ke tempat reparasi monitor terdekat, ataukah harus ke dealer/service resmi samsung?

3. apakah ada pengaruh dari anjlok'nya tegangan listrik di rumah? (kejadiannya mungkin berbarengan dengan pemadaman listrik dari PLN)

4. apakah monitor lcd mudah terpengaruh oleh naik/turun'nya tegangan listrik? (seberapa penting kebutuhan stabilizer untuk penggunaan LCD monitor?)

5. satu lagi mas eko.. (hehehe.. maafkan nih, banyak tanya.. 'abis, spertinya mas eko sungguh luarbiasa maknyus di bidang ini.. hehe..)

..saya punya satu monitor acer AL1714 yang sudah lama tidak terpakai (kejadiannya karena listrik di rumah tersambar petir..)
..saat ini kondisinya mati total dan tidak bisa digunakan. saya masih penasaran ingin coba dinyalakan lagi, karena usia monitor saat itu baru terpakai sekitar 4 bulan, sungguh sayang kalau akhirnya mati begitu saja..

saya kesulitan mendapatkan adaptor pengganti (19volt - 2.6A), sudah berusaha hunting kemana-mana, tapi tidak berhasil dapat penggantinya. bahkan dealer resmi dan servis acer juga tidak punya adaptor sejenis..

pertanyaan saya: apakah bisa digantikan dengan membuat rakitan adaptor baru? andaikan sudah diganti tapi tidak menyala, adakah kemungkinan jenis kerusakan elco seperti yang mas eko bahas di atas? (monitor acer ini mati seketika; saat listrik rumah saya tersambar petir)

mas eko yang terhormat, sekali lagi terimakasih..
..amin! (cuma bisa angkat topi buat mas eko, dan doa saya buat mas eko supaya sukses always!)

Eko Supriyanto said...

OOMLEO :
1. biaya service tergantung kerusakan, kerusakan standart biasanya 50-75rb.
2. tempat service gak semua bisa LCD monitor, tapi coba aja pak, kalo berani buka aja sendiri trus ganti elconya, biasanya cuma itu aja yg rusak...
3. yg jelas listrik memang berpengaruh banget..
4. pake stabilizer lebih bagus..
5. kalo acer kena petir, kemungkinan kena modul VGA nya, tapi belum pasti juga. kalo modul VGA berarti susah pak, harus kanibal.
adaptor 19v, setau saya banyak yg pake 19v pak. kalo ampere cari yg minimal 2,6. diatasnya malah lebih bagus. kalo konektor nggak sama, ambil aja konektor lama, sambung di adaptor yg baru

Unknown said...

wah, mas eko! terimakasih banyakk!!
(Allah yang bakal ngebales semua kebaikan kang mas eko! ..sekali lagi, terima kasih, dan sukses always buat mas eko!!)

Agung Adhi said...

Mas eko salam kenal...
Ada yg ingin saya tanyakan seputar Monitor LCD Acer 16" model X163W. 1 moniter sy tiba2 mati.Sblmnya pas pertama dinyalain power CPU, LCD msh nyala,tp selang 10 menit mati, dan ternyata lampu indikator Power di LCD gk nyala. Sy coba ganti make Monitor lain di PC trsbt bisa nyala, tetapi Monitor yg mati td sy cb di PC lain ttp gk nyala (lampu Power mati).
Kerusakannya apa dan Solusinya gmn mas Eko?
Trimakasih sblmnya...

Eko Supriyanto said...

Agung Adhi :
coba cek dulu elconya, biasanya cuma elconya aja.

Triyono said...

mas eko salam kenal...kalo aq punya lcd acer al1516,kondisi tombol power nyala kedap kedip...muncul logo terus mati lagi...hidup lgi..tapi yang muncul cuma logo aja...sudah saya ganti modul power supply nya tapi tetap begitu..kira2 apa nya ya mas...ada kemungkinan yang rusak modul vga nya ga ya?trus biasnya kalo modul vga itu yang rusak apanya ...terima sebelumnya

Eko Supriyanto said...

Ayrasafa Maharani :
mungkin neonnya mati sebelah, coba cek dulu.

Unknown said...

salam kenal mas eko...
mau numpang nanya nich, aq pnya lcd monitor advance + tv, tp klu dinyalakan ngeblank warna putih trus ada garis-garisnya, kira-kira apanya yha..??? mohon pencerahannya

Eko Supriyanto said...

Fery :
latar LCDnya yg rusak, perlu ganti karena tidak bisa diperbaiki

Jamil said...

mas...
thanx berat loh
ilmunya sangat bermanfaat, semoga dapat limpahan pahala, amin
ijin copy ya, utk bahan belajar..

Eko Supriyanto said...

JAMIL :
COPY DIIJINKAN...

galaxy said...

Kalau Neon nya yang mati ada yang jual engga mas, apa harus dkanibal, punya saya Lcd Axioo 17" indikator hidup, tapi gelap tdk ada gambar, elco² nya jg sudah di ganti. Trims

batarasimanjuntak.blogspot.com said...

Salam kenal bung eko... ane punya monitor CRT merek LG 15 Inc studioworks type 563N, pertanyaannya lampu power nyala tapi ada semacam bunyi tek-tek-tek dan monitor tersebut ngeblank, atas bantuan dan pencerahannnya saya ucapin, terima kasih

Jsalendu said...

Mas Eko saya punya LCD AOC 17 udah 3th+ tidak ada masalah. tapi baru2 ini setiap mo dinyalain cuma bertahan 10 detik trus mati dengan lampu ijo/normal (kalo stanby/orange), setiap saya cabut kabel vga atau cabut power atau tekan tombol on/off nyala lagi tapi 10detik kemudian pasti mati. saya udah coba ganti cpu tetap sama. masalahnya apa ya? thx b4

Eko Supriyanto said...

GALAXY :
neon jarang rusak, mungkin inverter yg buat nyalain neon. kalo emang neonnya, harus dikanibal.

Batara Simanjuntak :
coba ganti elco u/ tegangan 5v dekat trafo power suply. cek juga transistor horisontal dan FET irf630/634, biasanya rusak.

Jsalendu :
ganti elconya...

Anonymous said...

Mas Eko, saya punya monitor lcd DELL, dia itu kalo dihidupkan langsung ngeblank putih gitu, itu yang rusak apanya ya? apa lcd-nya?
Thanks.

X-tion said...

salam knl Mas, saya mau tanya klu modul power supply LCD acer AL1716 ada yg jual apa tdk?
soalnya modul pwr supply pecah terbelah jd 3 bagian.
mohon petunjuknya.

X-tion said...

salam knl mas Eko.
saya mau tanya,klu modul power supply acer AL1716 ada dijual apa tidak? klu ada mesti pesan dulu ato gimana?
soalnya modul pwr supply saya pecah jd 3 bagian.
junior mohon petunjuk dr senior.

hombink said...

dear mas eko..salam kenal.

saya punya lcd acer 1716 lampu kedap kedip dan namun lcd-nya menyala hanya flikcer sekali lalu mati. lampu tetap hidup.

saya sudah ganti elco yg hamil, dan cek sikringnya tidak putus.

mohon pencerahannya ya mas. thank's

mas.ananta said...

selamat malam mas eko..

saya ananta, saya punya laptop axioo, problemnya sepertinya pada LCD panel, kondisi fisik dari luar tidak apa apa, laptop bisa dihidupkan, tapi lcd tetap saja hitam tak mau keluar gambar... saya blm mencoba pake lcd external, kira kira apa ya mas???

hombink said...

@mas.ananta
sepertinya inverter lcdnya rusak, coba di ganti.

mas.ananta said...

@hombink:
inverter lcd itu PCB yg menempel pada blakang panel lcd itu kan?? kalo cari sparepartnya sendiri apa harus pesan ketoko komputer dulu??? kira2 harganya berapa?? soalnya pada pcb belakang panel tsb tidak ada elco / solid kapasitornya.

hombink said...

@mas.ananta
kalo laptop inverternya pcb kecil sebesar jari tangan, biasanya ada di bawah lcd. toko komputer mah gak ada.
cari aja yg second, paling sekitar 100-150rb cari aja di tempat servisan laptop biasanya mereka punya stok namun mereka biasanya ngasih harga 250rb, tawar aja.

jangan lupa bawa contohnya.

mas.ananta said...

@hombink

terimakasih mas infonya... maturnuwun... nnti saya coba bongkar nyari inverternya...

fiqihf said...

mas,.lcd acer al1716w saya ghosting...jadi gambar yg lama hilangnya lama,terkesan menumpuk gitu...jadinya semacam blur juga..

kira2 rusak apanya ya,.kucek kondisi fisik elco baik2 saja,.g tau cara cek elco soalnya (g punya esr meter). pernah saya bawa keservisan katanya lcd nya yg rusak..
kira2 abis berapa ya mas sparepart lcd nya....?

halim said...

Ketika LCD acer al1517 dinyalakan, led power nyala, dan berbunyi nyitt, tapi di layar ada gambar seperti pelangi apa ya penyebabnya ?

Teguh Prasetyo said...

gmn buka lcd Acer AL1912

tonik said...

ass. kang eko saya mau tanya. saya punya monitor lcd LG 1753S mati. setelah d cek kapasitor baik2 aj. kira2 kalau ngecek vga nya gmn caranya kang? kalau bagian vganya yang rusak ada ga beli lagi d toko? makasih atas infonya.

MR.demen tolol said...

mas EKO saya mau tanya resistor yg berwarna biru di modul power pada lcd saya kelihatannya gosong, kira2 resistor apa yg cocok dan berapa ukurannya sebagai penganti resistor yg gosong? thanks sebelumnya

newloading said...

Mas Eko salam kenal...

mau tanya nih mas, saya punya laptop motherboard-nya mati kira2 cara servisnya gimana?
trus kalo LCD nya masih normal kira2 bisa dipakai untuk komputer desktop tidak?

terima kasih sebelumnya.

Hijrah said...

Lam kenal ya mas Eko.
aq mau minta solusi tentang LCD acer aspire 4540 qu. tadinya normal tapi ketika lagi asik2 main game dngn teman ekh tiba2 laptop aq mati.. tapi anehnya suara dari game masih ada dan lampu powernya masih nyala. kata tman aq hanya lampu LCD saja yang mati bukan laptopku. ku cari di google ktanya kemungkinan inverternya yg rusak. anehnya jika aq tekan keras dengan jari pada tombol keyboard bagian huruf qwerty ekh bisa nyala. tapi jika di lepas mati lagi. aq makin bingung. tolong solusix

ridoi said...

selamat sore kang Eko,

salam kenal saya ridoi,
oke langsung saja, saya ada problem pada monitor LCD Dell dengan kondisi menyala tp selang 10/15 menit kemudian mati kelap kelip pada layar monitornya. trus kalau saya goyang atau tekan kabel power yg ke monitor, monitor kembali normal. tp hanya sebetar saya. setelah 10/12 menit kemudian mati/kelap kelip kembali layar monitornya. pada saat kelap kelip pada layar, tombol on/off tidak dapt berfungsi. tp anehnya disaat yg lain monitor ini dapat menyala dengan normal sampai pagi/24jam.

tolong untuk pencerahannya kang, apakah ada masalah di powersupplaynya.

thanks - ridoi

Raden Andi Setiawan said...

Mas eko, saya punya masalah dengan monitor LCD Acer G205H, gitu dihidupkan hidup sebentar langsung mati hidup lg mati lagi dan ga hidup2.tapi lampu power nyala.(kalau dimatiin dan dihidupkan lagi tetap sama)saya udah ganti semua elconya tapi tetap sama.mohon bantuannya!!

inverter yang mana y mas?tolong ditunjukin.

Ic/mosfet inverter yang mana?tolong ditunjukin

thanks

mangandri said...

maaf mas saya punya notebook axioo adaftornys hilang mu ganti sama adaptor universal takut soalnya amperenya lebih gede skitar 4,5A tp yg di unit notebooknya cuma 3,5A gimana mas boleh nggak?

si pemalu yang baik hati said...

mas saya ada masalah dengan LCd saya merk sanyo.. padahal baru tapi tidak bisa nyala sama sekali.
udah di bongkar elco nya masih baru ngga kembung(baik baik saja)..
apalagi yang harus saya cek ?????...
mohon bantuannya, terima kasih

Ahmad Darwin said...

mas gimana cara memperbaiki kalau lcd nya mati total
mohon penjelasannya

Ahmad Darwin said...

gimana cara memperbaiki lcd kompoter yang mati total mohon infonya terimakasih,

happy heri said...

mas Eko perlu bantuan ni.dah pusing 1 bulan...bagaimana caranya pakai universal power suply tuk ganti modul power suply lcd monitor acer al1716?
karena ada 1 ic transistor yg hangus terbakar dan gk tahu typenya lagi, tolong ajarin dong mas... dah 1 bulan komputer saya gk punya monitor niii.

Unknown said...

knapa ya monitor crt q kedip2 kdang jg blank jd gelap pas aq pasang tv tuner lwat pc,tp kl ga lwat pc baik2 aja?

pc : 2.40 mghz pnt 4
ram : 512 mb
hdd : 40 gb
vga card : 32 mb

tolong ya mas master,dikasih solusinya thx bgt....

Unknown said...

Salam kenal , saya menggunakan LCD Samsung Syncmaster B1630. Ketika PC dihidupkan :

1. di layar tampak agar LCD di atur
resolusi 1336 X 768 60 Hz, padahal
setingan sudah menunjukan 1360 X
768 60 Hz (yang mendekati angka
tersebut).
2. Setelah beberapa menit auto
adjusment bekerja dengan
sendirinya tanpa diperintakan
mengatur resolusi dengan
sendirinya dan beberapa menit
kemudian tampak power LCD
mati nyala(kedap-kedip)selama
beberapa detik sebanyak 3 kali.

Kenapa dengan LCD samsung saya, bagaimana solusinya, berapa biaya service yang harus dikeluarkan, dan apakah dapat diperbaiki sendir, jika dapat diperbaiki sendiri bagaimana caranya serta jika harus mengganti spare part dimana saya mendapatkan spre part tersebut ? Terima kasih sebelumnya Master.

spycom said...

LAM KENAL, GIMANA CARA MENGATASI LCD MEREK SN . SETELAH DIPAKAI BEBERAPA SAAT LAYAR LANG BIRU SEMUA TIDAK ADA GAMBAR

Unknown said...

halo bang Eko..mohon info ..LCD LG Flatron L1942SE ..ada 1 komponen sebelum fuse kode di board nya TH pecah..itu fungsinya apa ya? kira2 knp bs pcah & penggantinya tipe brp? trimakasih bantuannya...

doeng said...

halo mas Eko ... saya udah praktekin neh ke lCD 14 " Advance masalahnya sama dengan LCD Acer yg di atas ... Layar gelap ( lampu led mati).. saya udah ganti elco yg melembung tapi tetep gelap neh lampu lednya ga nyala ... tolong pencerahannya mas Eko. Kata tukang service sih lampu lednya dah kena ... zzzzzz... padahal halo di lcd hp jg jarang kena tuh kalo lampu led paling kabel flexinya aja yg error

Unknown said...

mas eko, mohon bantuannya saya punya monitor LG LCD 17in..problemnya adalah Monitor hidup ada logo LGnya tp tampilan layar sama powernya kedap-kedip kira-kira apanya ya yang rusak.....thanks

satria_santri said...

lam knl, lcd acer al1712 hidup tp gelap. Bila di tekan auto nyala normal tp cuma beberapa detik aja. Elco ga ada yg melembung, kabel k vga dah aku ganti. Gmn dan mhn solusinya. Makasih

Unknown said...

kang numpang nanya. saya punya LCD monitor ADVANCE LM1670 kalau dihidupkan rester keluar kalau ditancapin kabel VGA gambar/layar Lap-lap (kedap-kedap)mohon solusinya kang. terima kasih

ekan said...

Sukses selalu kang, maaf mau nanya kang saya punya LCD Acer AL 1516W maslah : tampilan kabur gak jelas agak keputih putihan tapi masih keliatan gambarnya... apa penyebabnya kang

Faisal said...

Mas eko, tolong dong fuse pada lcd merk hp bentuknya gmn ya ?

Evon Shades said...

Pa mao tanya , monitor LCD Lenovo saya kenapa hanya lampu indikator nya saja yg hidup saya check ga ada elco yang melembung , terima kasih

Unknown said...

Thanks admin...

Harley said...

Salam kenal mas Eko...

Saya memiliki LCD LG 17 inch yang saya beli pada akhir tahun 2007..

Sampai tiba pada satu masa mungkin LCD saya ini sudah tidak bisa digunakan lagi pada akhir tahun 2014 kemarin ( LCD saya mati total ).

Tapi saya masih penasaran dengan kondisi LCD ini, usut punya usut ketemulah saya dengan blog mas Eko ini.

Seperti yang sudah mas Eko jelaskan diatas, saya ikuti semua langkah-langkahnya dan ternyata betul pas LCD sudah saya bongkar didapati ada beberapa ELCO yang mengembung.

Saya ganti elconya.. alhamdulillah LCD nya bisa nyala lagi...

Termakasih banyak buat mas Eko..

semoga makin sukses.

Unknown said...

laptop sya msih bisa jlan dan msuk ke dekstop hanya sja layarnya putih hampir gak kelihatan, kta orang-orang itu tinggal goyangin lcd nya tpi sya goyangin gak jdi,, itu gimana sousinya? mohon bantuannya

Unknown said...

cek bagian inverternya gan,biasanya ada ic atau transistor yg jebol(rusak)

Unknown said...

coba ganti kabel vga

Unknown said...

kerusakan elco bukan hanya melendung,tpi juga bisa bocor atau kosong.coba ganti semua elco

Unknown said...

cek bagian power,cek dioda,fuse,& ic power

Unknown said...

cek bagian inverter

hamba Allah said...

Assalamualaikum,saya ada monitor acer AL1717 yang rusak, ciri ciri kerusakannya lampu indikator mati, layar gelap dan macam ada bunyi memdesis didalamnya,bagaimana cara memperbaikinya??!!!!

The Eagle said...

Assalamualaikum, monitor Acer P166HQL no signal, problem pada VGA modul, mungkin ada yang tahu dimana belinya? typenya: (T)GQBCB BA 11000 BSRZYQN S/N:2077523M0584 V0.04, PCB NO:715G4734-M02-000-004I. Sebelumnya saya sampaikan terimakasih.

Didik. 085311607477

Handrichai said...

Mas eko permisi...
Mau nanya mas elco mana yg lbh sering rusak mas?ni yg nampak agak ngelembung yg 16v nya,apakah bgn ini yg lbh swring rusak

Template by : ekohasan.blogspot.com