25 November 2016, INFO TERBARU: TOP258PN Ready, Terima Jasa Reset Online Jarak Jauh Epson L120, L1300, L1800, L310, L220, L360, L365, L130, L550, L350, L555 dll. Driverpack 17.3.1 edisi Januari 2016 (3 DVD), IC EPSON L120, L220, L310, L360, L1300. Resistor untuk Kasus P10/B200 MP258, IP2770, MP237, MP287, Dioda Schotky untuk Kasus EPSON Mati Total,IC Counter Canon yg tidak bisa di RESET, MG2570, MG2470, E400, ip2770, mp258, mp287, mp237, dll

Tuesday, June 7, 2011

Cara Service Komputer yang Sering Restart

Bahasan Kang Eko kali ini adalah tentang Cara Service Komputer yang Sering Restart. Mungkin anda pernah atau sering menghadapi sering restartnya komputer yang anda gunakan. Berikut ini Kang Eko akan menjelaskan penyebab dan solusi untuk komputer yang sering restart.

Penyebab Komputer sering restart antara lain :

1. Komputer sering restart karena Processor overheating (terlalu panas).

Cara cek processor yang overheating (terlalu panas) :
* Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS
* Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
* Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.

Penyebab Processor yang overheating (terlalu panas):

* Putaran kipas / fan pendingin Processor yang sudah menurun (putaran pelan).
* Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat penyimpanan komputer berdebu.
* Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Pendinginnya.
* Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.

Cara Service Komputer yang Sering Restart akibat overheating / kepanasan :
* Bersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor secara berkala dengan kuas kecil atau gunakan blower jika ada.
* Lapisi ulang processor dengan thermal paste, sebelumnya buang / kerik thermal paste kering yang nempel di processor / pendinginnya.
* Tempatkan komputer di ruangan yang tidak terlalu panas (lebih baik ber-AC), gunakan kipas tambahanan jika perlu
* Gunakan program monitoring temperatur, misalnya CPUID Hardware Monitor untuk mengetahui secara dini kondisi overheat pada Processor. Program ini dapat Anda download di sini. Screenshootnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


2. Komputer sering restart karena Power Supply yang kekurangan daya.
Kurangnya daya Power Supply dapat menyebabkan komputer sering restart.
Penyebab power suply kurang daya adalah menurunnya putaran kipas atau matinya Kipas power supply, sehingga terjadi overheat pada komponen Power Supply itu sendiri. Apabila anda merasa curiga dengan performa Power Supply yang terpasang sebaiknya ganti dulu bagian power Supply ini dengan Power Supply yang terbukti berfungsi baik. Semakin besar daya / watt power suply semakin bagus.

3. Komputer sering restart karena VGA Card rusak

Komputer sering restart sendiri juga bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas pada bagian pendinginnya, selain itu tampilan gambar pada layar monitorpun menjadi rusak. Untuk itu apabila komputer Anda sering restart ada baiknya juga untuk mengecek komponen tersebut.

4. Komputer sering restart karena Hardisk bad sector
Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab komputer menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau komputer ga bisa booting dan me-restart terus. Untuk mencegah kerusakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown. Untuk cek kondisi harddisk silahkan klik di sini.


5. Komputer sering restart karena RAM rusak

RAM yang rusak juga bisa menyebabkan komputer sering restart, hal ini pernah saya alami beberapa waktu yang lalu. Saat itu komputer selalu restart ketika dinyalakan meskipun saya telah memastikan tidak ada masalah dengan hardware yang lain, komputer tetap tidak bisa booting dan selalu restart meskipun masuk ke windows safe mode. Saya kemudian mengganti RAM yang terpasang, dan akhirnya komputer bisa berjalan normal kembali. Untuk cara cek RAM yang rusak klik di sini.


Demikian cara service komputer yang sering restart.
Semoga bermanfaat.

sumber : www.catatanteknisi.com


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

16 komentar :

NAdia said...

Shipppppp... Pertamax, Thank Bosss

Ganteng said...

Thanks infonya.
Kalau ngatasin komputer sering hang total alias hanya bisa diatasi dg menekan tombol reset gimana?.

Eko Supriyanto said...

NAdia :
makasih sudah mampir.


GANTENG :
cek poin 1 - 5 mas, tapi kemungkinan poin no 1...

andi wahyuddin said...

Point 6 : Komputernya kena virus.. he..he.

Budiman said...

Alhamdulillah...
Blog ini begitu banyak memberikan manfaat bagi kita semua.. semoga menjadi ladang bagi pahala bagi yang membuatnya...

maaf, saya mohon bantuan.. salah satu cpu di kantor saya mengalami gangguan.. PC itu awalnya lagi dipakai sama salah satu karyawan, tiba spt mati(off), ketika saya cek ternyata power cpu hidup, lampu pwr monitor hidup, satu2 jalan saya coba shutdown paksa, namun tidak bisa (saya pikir disinilah masalahnya) setelah saya coba tekan tombol power kuat2 dan dlm waktu yang lama, cpu tdk juga bisa off.. lalu terpaksa cabut kabel power langsung dari cpu.. saya coba hidupkan lagi dengan monitor yang bagus, ternyata tetap sama, bahkan ketika kabel power dipasang ke cpu, CPu langsung on, harusnya kan, hidup dulu sebentar lalu mati, kemudian setelah di tekan pwr baru hidup cpu nya...
speksifikasi :
dual core
mem 1 gb
hdd 320
merk Lenovo...

mohon bantuan untuk mengatasi masalahnya ini

terima kasih

Eko Supriyanto said...

@ Andi :
betul mas, makasih sudah nambahin.

@ Budiman :
Amiinnn.
coba bersihkan pin RAMnya dengan penghapus pensil pak. pastikan juga power suplynya tidak drop, caranya cek dengan power suply yg OK.

Jay said...

kalau komputer saya karena didiamkan terlalu lama, padahal power optionnya beda dengan kenyataan. dan juga kalau pertama dihidupkan monitor tidak terlacak, baru setelah terlacak merestart sendiri dan mulai seperti biasa

Eko Supriyanto said...

@ Jay : Bersihkan boardnya dari kotoran dan debu, cek kipas prosesornya, bersihkan RAMnya dan VGAnya kalau ada.

Rian said...

gmna si klo ngatasin mortherboard yg rusak..

M. Shyhab Azzouhry said...

aSSALAMU'ALAIKUM KANG EKO.........
SAYA DAH NGGAK KUAT OTAKNYA NICH... JADI MAU TANYA MA AKANG.. CPU BUIL UP AMD HP KALO DI NYALAKAN CUMA ADA LOGO HPNYA Z KANG... PADAHAL DAH SAYA CABUTIN SEMUA. KAYAK HDD, CD ROM, SAMPAI CASSINGNYA KANG... TAPI TETEP Z YANG MUNCUL CUMA LOGO MBNYA Z. NGGAK MAU MASUK BIOS SAMA SEKALI. SAYA COBA GANTI KEYBOARD PS2 SAMPAI USB. TETEP KEYNYA NGGAK MAU FUNGSI. TOLONG KANG SOLUSI YANG TEPAT... DAH GANTI POWER SUPPLY JUGA SAMAPI GANTI RAM TETAP KAYAK GITU... SAYA MOHOOON BGT KANG... TERIMA KASIH SEBELUMNYA.

raja listrik said...

pertamax.
rajalistrik.com

ahmad tamam said...

trimakasih mas brow,sukses trud

softwere mudah said...

mohon maaf mau tanya...

ini kenapa ya pc saya.. waktu kabel power saya tancapkan kog langsung berputar kipasnya padahal belum ditekan on nya,..trus tidak keluar tampilanya!! mungkin bapak bisa membantu terimakasih

Lili Agustanto said...

assalamu alaykum..
saya mau tanya masbro, CPU saya mengalami masalah, saat dinyalakan 2 detik kemudian langsung terdengar bunyi "beep" 2 kali berturut turut. tolong dibantu yaa.. thanks.

Rama Rahmawan said...

Makasih banyak informasinya.
Sangat bermanfaat sekali. :)

Via : Bandung IT

Angel Leny said...

Artikel ini sangat bermanfaat, karena saya lagi cari Cara Service Komputer , terimakasih

Template by : ekohasan.blogspot.com