****** Driverpack 2013 sudah Ready ****** Sudah Ready Resetter EPson L110, L210, L300, L350, L355... Kang Eko menerima Jasa Servis Laptop (hang, matot, VGA rusak, no display, dll), servis komputer, printer, LCD monitor. Puri Delta Asri 1 Blok L No.4, Campurejo, Boja, Kendal. 085327720280-085740018404

Saturday, May 28, 2011

Cara Service Keyboard Laptop / Notebook

Bahasan kali ini adalah tentang Cara Service Keyboard Laptop / Notebook. Artikel ini Kang Eko dapatkan dari Mamau's blog yang berasal dari Bali. Kebetulan laptop yang rusak keyboardnya kali ini bermerk HP Compaq. Mari kita simak bersama.

Sebelum ke pembahasan Cara Service Keyboard Laptop / Notebook, kita bahas dulu beberapa penyebab rusaknya keyboard laptop / notebook, yaitu :
1. keyboard terkena air
2. akibat debu
3. akibat lembabnya ruangan.

Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop / notebook adalah salah satu tombol keyboard ada yang tidak berfungsi atau malahan keyboard laptop / notebook yang rusak itu bergerak sendiri seperti ada yang menekannya.

Hal tersebut terjadi dikarenakan menempelnya kedua lapisan karbon pada flexyble keyboard (akibat jamur atau kotor) sehingga tombol keyboard dapat menekan sendiri atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

Ciri-ciri keyboard rusak adalah terdengar bunyi beep berulang-ulang pada saat laptop dinyalakan.

Berikut ini Cara Service Keyboard Laptop / Notebook :
1. Siapkan cutter kecil yang masih baru (tajam)
2. Tentukan tombol keyboard yang kira-kira bermasalah. Dalam kasus ini tombol tab yang rusak.
3. Ambil tombol keyboard yang rusak tersebut dengan mencongkelnya, dan ambil karet yg ada di bawahnya.
4. Dibawah karet ada 2 lapisan karbon yg berbentuk lingkaran. Robek sepertiga lingkaran dari lapisan karbon tersebut.






5. Bersihkan diantara kedua lapisan karbon tersebut dengan cutter itu, dengan cara menggesek-geseknya, tapi jangan terlalu keras, sekedar hanya menghilangkan kotoran diantara kedua lapisan karbon tersebut. Kalau terlalu keras dikhawatirkan lapisan karbon ikut hilang.
6. Keyboard siap dicoba, dan jika sudah OK, anda dapat memasang kembali karet dan tombol keyboardnya.

Semoga bermanfaat.

sumber : http://mamaus.wordpress.com


-

Posting lain yang mungkin ingin anda baca :

27 komentar :

Mengenal Kesultanan Tidore said...

Asslm..
Salam kenal bang eko.. Aq mau nanya.
"kalau tombol keybord (t.enter,delete,dll bagaian kanan) (sony vaio) sebagian tidak berfungsi apa masalahnya"
Thank's.. Bang...

dden said...

mas eko saya punya laptop acer aspire 4732z keyboard Spasinya seperti tidak rata dalam posisinya, seperti pada keyboard PC yang suka bunyi kecrek,, gimana cara mengatasinya ? dan untuk arah/cara mencongkelnya gimana ? takutnya malah rusak socket/dudukan keyboardnya !

I Made Purnama Yasa said...

mantap tutornya

Eko Supriyanto said...

@ Mengenal Kesultanan Tidore : kemungkinan ada jalur keyboard yg putus atau hanya kotor saja jg bisa.

@ DDEN : langsung dicongkel aja tapi pelan2x dan hati2x. Mungkin ada yg sesuatu di bawah tombol spasi tsb

@ I Made : Makasih atas kunjungannya

ADIJAYA KOMPUTER said...

Hebat Kang. smoga akang dan keluarga mendapat rezeki yg berlimpah dan kesehatan.

rhiendy said...

bsa reg sound driver untuk semua jnis pc ngga'???? mcih newbie n sngat ksulitan skali mncrinya mncari d'mbah google

Rahasia Teknisi said...

Numpang jualan kang..

EBook Rahasia Teknisi Laptop (chip level).saya jual terbatas kang cm 10biji

linknya dsini http://buku.tokobagus.com/komputer-internet/jual-buku-teknik-servis-laptop-chip-level-5567722.html?adstype=1

nuwun kang eko..

Toko Online Esto Jaya said...

makasih tipsnya gan.
http://estojaya.blogspot.com/2011/07/mata.html

nuzil tutriyadi said...

klw di sobek lapisan karbonx tu ada resiko jangka panjangnx gak bos ??

Dimas Tri Wardoyo said...

gan lha nempelin tuw karet pake lem apa dibiarin??

materitutorial said...

ada kerusakan laptop merk hp dan toshiba dengan amd processor, lampu indikator menyala, tapi layar blank. tempat sevice center cm merehot processor. tolong donk artikel merehot processor?????????

mta_jirapan said...

Bos, kalau yang rusak atau gak bisa satu jalur gimana?

SERVIS PRINTER BERGARANSI said...

bang saya ada laptop toshiba M200 kalau kita hidupkan waktu booting pas ada gambar windows langsung pecah terus berhenti gak mau jalan lagi. kira-kira apa masalah nya. thanks sebelum nya

ARIEZ MORENG said...

thankz boz tipsnya.....
sukses..

dias said...

mas, saya memakai laptop acer 4738z, keyboard saya bermsalah gara2 ketumpahan air, keyboard sudah saya bersihkan, dan saya pasang kmbali, ttapi ada beberapa tombol yg gak bisa di gunakan, saya coba ganti pakai keyboard tipe 4736Z, tetep aja ada bbrapa tombol yg gak mau, tapi kalo keyboard 4736Z tu dipakai ke laptop lain, jalan normal, kira2 aa yg rusak dari laptop saya??masa sampai MBnya kena juga??padahal air gak samapai masuk ke bagian dalam laptop saya mas, mohon penjelasannya

Doddy Prayudi said...

jangan lupa berkunjung ke blogQ ya http://s7-doddy.blogspot.com/

Fikri Muhammad Iqbal said...

saya mau nanya nih, kalau misal laptop kita keyboardnya lup lep, jadi kadang jalan kadang engga tapi tiba tiba gitu, saya coba cek di notepad dengan mencet terus tombol "a" ,, panjang, tapi nantinya brenti, beberapa detik kemudian jalan lagi.. itu gmna ya ?

Christian_Kala' Lembang said...

excusme.. saya mau tanya bagaima caranya jika keybor brubah hurufnya, jika kita mnulis di word misalnya ,saya ketik M tetapi yang muncul 1 atau semua huruf menjadi angka . terma kasih .

Robby Aji said...

Bang kok laptop saya begini, masa saya tekan P yang muncul dilayar tanda * itu kenapa?

fatkul wahab said...

gan mau nanya dicongkel keyboardnya tpi bisa nempel lagi nggak tombolnya...

fatkul wahab said...

gan mau nanya dicongkel keyboardnya tpi bisa nempel lagi nggak tombolnya...

Samiyo Dindin said...

saya pakai cara itu malah tombol mati total gan mungkin karena kurang teliti baca langkah kali ya. hehehe

mampir ya kalau sempat di http://bongkardong.blogspot.com

Anjas said...

TOKO ABADI SENTRAL COMPUTER SURABAYA
DAFTAR HARGA PRINTER CANON SEMUA TIPE,discon 50%
Jl Kusuma Bangsa 116-118 Hi-Tech Mall l C/81 SURABAYA
Cara pesan HUB: 0856-5607-9085
CANON SELPHY CP810 - White Rp 1.188.000
CANON imageCLASS MF5980dw Rp 8.500.000
CANON imageCLASS MF4420w Rp 2.595.000
CANON imageCLASS MF4450 Rp 3.670.000
CANON imageCLASS MF4550d Rp 4.200.000
CANON imageCLASS MF8010Cn Rp 6.750.000
CANON imageCLASS MF8080Cw Rp 8.500.000
CANON imageCLASS MF9280Cdn Rp 25.000.000
CANON LBP-6000 Rp 1.280.000
CANON PIXMA E500 Rp 1.049.000
CANON PIXMA iX6560 Rp 3.300.000

CARA TRANSAKSI:
Kami Hanya Melayani Yang Serius.
Kami melayani pembeli di seluruh indonesia.
Pembeli Diwajibkan Melakukan Pembayaran Harga Barang Yang Sesuai Dengan Barang Pesanannya.
Pengiriman barang melalui: JNE, TIKI, dan POS Express
Harga barang kami sudah termasuk ongkos kirim.
Barang yang rusak atau cacat pada saat pengiriman, akan kami gantikan kembali dengan barang yang sama.

KEUNTUNGAN BERBELANJA DI TOKO KAMI:
Barang berkualitas dan harga relatif lebih murah.
Dapat dikirim ke seluruh Indonesia.
Ongkos kirim gratis.
Keamanan dijamin 100% karena setiap pengiriman barang disertai dengan asuransi Dan Nomor resi
Proses cepat dan sederhana.
Produk terbaru dan uptdate.
Semua produk yang ditawarkan merupakan produk Asli, Baru & Tersegel.
Original & bergaransi Resmi.



wiwit nurani said...

tombol netbuk saya semuanya tidak berfungsi.

wiwit nurani said...

tombol netbuk saya semuanya tidak berfungsi.

Restu Setiawan said...
This comment has been removed by the author.
Restu Setiawan said...

alhamdulillah notbook saya sudah bisa keyboard nya...terimakasih bang..barakkallah...smoga ilmu nya bermanfaat buat orang bnyak...amin

Template by : ekohasan.blogspot.com